Cara Ganti Password Wifi Biznet dengan Mudah dan Aman

Wifi merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan kita untuk mengakses internet tanpa kabel. Wifi sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, bermain game, streaming, dan lain-lain. Namun, wifi juga memiliki risiko keamanan yang perlu kita perhatikan. Salah satunya adalah kemungkinan wifi kita dibobol oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Jika wifi kita dibobol, maka koneksi internet kita bisa menjadi lemot, kuota internet bisa habis lebih cepat, dan data pribadi kita bisa dicuri atau disalahgunakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti password wifi secara berkala agar wifi kita tetap aman dan terlindungi.

Salah satu penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) di Indonesia adalah Biznet. Biznet menawarkan paket internet Biznet Home dengan berbagai pilihan kecepatan dan harga yang kompetitif. Jika Anda adalah salah satu pelanggan Biznet Home, maka Anda perlu tahu cara ganti password wifi Biznet dengan mudah dan cepat.

Cara ganti password wifi Biznet sebenarnya tidak sulit, asalkan Anda tahu langkah-langkahnya dengan benar. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara ganti password wifi Biznet melalui laptop dan HP dengan detail dan lengkap. Simak ulasan berikut ini!

Daftar Isi

Cara Ganti Password Wifi Biznet Melalui Laptop

Cara ganti password wifi Biznet melalui laptop bisa dilakukan dengan menggunakan kabel LAN atau wifi yang sudah tersambung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Sambungkan laptop Anda ke modem Biznet dengan menggunakan kabel LAN atau wifi.
  2. Buka browser di laptop Anda dan ketik alamat IP 192.168.1.1 atau 192.168.100.1 pada kolom pencarian, lalu tekan Enter.
  3. Anda akan masuk ke halaman login router Biznet. Masukkan username dan password default yang biasanya tertera di bagian bawah modem Biznet. Umumnya, username dan password default adalah telecomadmin dan telecomadmin. Jika tidak bisa, coba gunakan admin dan admin.
  4. Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman utama router Biznet. Pilih menu WLAN dan klik Basic.
  5. Pada bagian SSID Name, Anda bisa mengganti nama wifi Anda sesuai keinginan.
  6. Pada bagian WPA PreSharedKey, Anda bisa mengganti password wifi Anda dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan password yang kuat dan sulit ditebak, misalnya dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
  7. Setelah selesai mengganti nama dan password wifi, klik Save untuk menyimpan perubahan.
  8. Logout dari halaman router Biznet dan sambungkan kembali laptop Anda ke wifi dengan nama dan password baru.
BACA JUGA:  Cara Berhenti Paket Smartfren Unlimited Bulanan Reguler

Cara Ganti Password Wifi Biznet Melalui HP

Cara ganti password wifi Biznet melalui HP juga hampir sama dengan cara melalui laptop. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa HP Anda sudah terhubung ke wifi Biznet sebelum mengganti passwordnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser di HP Anda dan ketik alamat IP 192.168.1.1 atau 192.168.100.1 pada kolom pencarian, lalu tekan Enter.
  2. Anda akan masuk ke halaman login router Biznet. Masukkan username dan password default yang biasanya tertera di bagian bawah modem Biznet. Umumnya, username dan password default adalah telecomadmin dan telecomadmin. Jika tidak bisa, coba gunakan admin dan admin.
  3. Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman utama router Biznet. Pilih menu WLAN dan klik Basic.
  4. Pada bagian SSID Name, Anda bisa mengganti nama wifi Anda sesuai keinginan.
  5. Pada bagian WPA PreSharedKey, Anda bisa mengganti password wifi Anda dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan password yang kuat dan sulit ditebak, misalnya dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
  6. Setelah selesai mengganti nama dan password wifi, klik Save untuk menyimpan perubahan.
  7. Logout dari halaman router Biznet dan sambungkan kembali HP Anda ke wifi dengan nama dan password baru.

Tips Mengamankan Wifi Biznet

Selain mengganti password wifi secara berkala, ada beberapa tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan wifi Biznet Anda dari pembobolan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  • Ubah username dan password default router Biznet Anda dengan yang baru dan unik. Jangan gunakan username dan password yang mudah ditebak, seperti admin, 123456, atau tanggal lahir Anda.
  • Nonaktifkan fitur WPS (Wi-Fi Protected Setup) pada router Biznet Anda. Fitur ini memungkinkan perangkat lain untuk terhubung ke wifi Anda tanpa memasukkan password, hanya dengan menekan tombol WPS pada router. Namun, fitur ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab untuk membobol wifi Anda.
  • Batasi jumlah perangkat yang bisa terhubung ke wifi Biznet Anda dengan menggunakan fitur MAC Filtering. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menentukan alamat MAC (Media Access Control) yang bisa terhubung ke wifi Anda. Alamat MAC adalah kode unik yang dimiliki oleh setiap perangkat yang bisa terhubung ke internet. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memblokir perangkat yang tidak diinginkan dari wifi Anda.
  • Sembunyikan nama wifi Biznet Anda dengan menggunakan fitur SSID Hiding. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyembunyikan nama wifi Anda dari daftar jaringan yang tersedia. Dengan begitu, orang lain tidak akan tahu bahwa ada wifi Biznet di sekitar Anda. Namun, Anda tetap bisa terhubung ke wifi Anda dengan memasukkan nama dan password wifi secara manual.
BACA JUGA:  Daftar Harga Printer di Bawah 1 Juta Terlengkap

Kesimpulan

Demikianlah cara ganti password wifi Biznet dengan mudah dan cepat melalui laptop dan HP. Dengan mengganti password wifi secara berkala, Anda bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan koneksi internet Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa tips mengamankan wifi Biznet yang sudah kami jelaskan di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengganti password wifi Biznet. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close