Cara Mengecek Kiriman POS Sudah Sampai atau Belum

Apakah Anda sering mengirim atau menerima kiriman melalui POS Indonesia? Jika ya, tentu Anda ingin tahu apakah kiriman Anda sudah sampai di tujuan atau belum. Namun, bagaimana cara mengeceknya? Apakah Anda harus menghubungi kantor pos setiap saat atau menunggu konfirmasi dari penerima?

Tenang saja, Anda tidak perlu repot-repot melakukan hal itu. POS Indonesia menyediakan layanan pelacakan kiriman secara online yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi kiriman Anda di situs web atau aplikasi POS Indonesia dan Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang status dan lokasi kiriman Anda. Berikut adalah langkah-langkah cara mengecek kiriman POS secara online.

Daftar Isi

Cara Mengecek Kiriman POS Melalui Situs Web

Salah satu cara mengecek kiriman POS adalah melalui situs web resmi POS Indonesia, yaitu www.posindonesia.co.id. Situs web ini dapat diakses melalui komputer, laptop, atau smartphone Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs web POS Indonesia di www.posindonesia.co.id.
  2. Pada halaman utama, klik menu Lacak Kiriman yang berada di bagian atas.
  3. Masukkan nomor resi kiriman Anda di kolom yang tersedia. Nomor resi biasanya terdiri dari 13 digit angka dan huruf yang tertera pada struk pengiriman. Anda dapat memasukkan lebih dari satu nomor resi dengan memisahkannya dengan koma.
  4. Klik tombol Lacak untuk melihat hasilnya.
  5. Anda akan melihat informasi detail tentang kiriman Anda, seperti jenis layanan, tanggal pengiriman, tujuan, berat, status, dan lokasi terakhir kiriman Anda. Anda juga dapat melihat riwayat pergerakan kiriman Anda dari kantor pos asal hingga kantor pos tujuan.
  6. Jika Anda ingin mencetak atau menyimpan informasi tersebut, Anda dapat klik tombol Cetak atau Unduh yang berada di bagian bawah.
BACA JUGA:  Menambah Font di Microsoft Word di Windows 7 100% Work

Tampilan situs web POS Indonesia untuk melacak kiriman

Cara Mengecek Kiriman POS Melalui Aplikasi

Selain melalui situs web, Anda juga dapat mengecek kiriman POS melalui aplikasi resmi POS Indonesia yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store. Aplikasi ini dapat digunakan di smartphone atau tablet Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi POS Indonesia di perangkat Anda.
  2. Pada halaman utama, klik menu Lacak Kiriman yang berada di bagian bawah.
  3. Masukkan nomor resi kiriman Anda di kolom yang tersedia. Anda juga dapat memindai kode QR atau barcode yang terdapat pada struk pengiriman dengan menekan tombol Scan yang berada di sebelah kanan kolom.
  4. Klik tombol Lacak untuk melihat hasilnya.
  5. Anda akan melihat informasi detail tentang kiriman Anda, seperti jenis layanan, tanggal pengiriman, tujuan, berat, status, dan lokasi terakhir kiriman Anda. Anda juga dapat melihat riwayat pergerakan kiriman Anda dari kantor pos asal hingga kantor pos tujuan.
  6. Jika Anda ingin berbagi atau menyimpan informasi tersebut, Anda dapat klik tombol Bagikan atau Simpan yang berada di bagian atas.

Tampilan aplikasi POS Indonesia untuk melacak kiriman

Tips Mengecek Kiriman POS

Agar Anda dapat mengecek kiriman POS dengan mudah dan akurat, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Simpan nomor resi kiriman Anda dengan baik. Nomor resi ini merupakan kunci untuk melacak kiriman Anda. Jika Anda kehilangan nomor resi, Anda dapat menghubungi kantor pos asal atau tujuan untuk meminta bantuan.
  • Cek kiriman Anda secara berkala. Anda dapat mengecek kiriman Anda setiap hari atau setiap beberapa hari sekali untuk mengetahui perkembangan kiriman Anda. Jika Anda menemukan adanya keterlambatan atau masalah lainnya, Anda dapat menghubungi kantor pos terdekat atau layanan pelanggan POS Indonesia di nomor 161.
  • Gunakan layanan notifikasi. POS Indonesia menyediakan layanan notifikasi melalui SMS atau email yang dapat memberitahu Anda tentang status kiriman Anda secara otomatis. Anda dapat mendaftar layanan ini saat mengirim kiriman Anda atau melalui situs web atau aplikasi POS Indonesia.
BACA JUGA:  Resolusi Pixel yang Cocok Untuk Dicetak Pada Setiap Ukuran Foto

Kesimpulan

Mengecek kiriman POS sudah sampai atau belum dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui situs web atau aplikasi POS Indonesia. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi kiriman Anda dan Anda akan mendapatkan informasi lengkap tentang status dan lokasi kiriman Anda. Dengan demikian, Anda dapat memantau kiriman Anda dengan nyaman dan aman.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara mengecek kiriman POS sudah sampai atau belum. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan membantu Anda dalam mengirim atau menerima kiriman melalui POS Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.