Tutorial Membuat Template Label Undangan di Word 2007

Jika anda akan menikah pastinya akan mengundang sanak saudara dan teman jauh anda.  Pastinya yang akan anda undang tersebut sangatlah banyak, dan setiap di undangan terdapat nama dan alamat si penerima.  Alangkah capeknya jika anda harus menulis secara manual dengan tangan pada label undangan.  Jaman semakin maju dan canggih anda dapat mempergunakan teknologi yang anda untuk membantu anda.

Membuat tulisan label di undangan sangatlah mudah.  Anda dapat mempergunakan Microsoft Excel dan Word untuk mencetak tulisan ke dalam label undangan.  Namun berdasrkan pengalaman saya yang pernah mencoba keduanya membuat label dengan word sangatlah mudah dan cepat.

Contoh Label Undanganku
Contoh Label Undanganku

Pada kesempatan ini saya ajarkan ke pada anda:

Cara Membuat Label Undangan dengan Ms. Word

1.  Pada kesempatan ini saya mempergunakan Microsoft Word 2007

2.  Buat dokumen baru di Word.  Lalu pilih menu “Maillings>> Labels
Label Undangan di Word 013.  Setelah itu akan muncul kotak menu “Envelopes and Labels“, pili menu Labels lalu Options.
Label Undangan di Word 024. Setelah itu akan muncul Label Options, pilih “New Label” karena kita akan membuat file baru.

BACA JUGA:  Membuat Format Layout Majalah Koran di Microsoft Word

Label Undangan di Word 03

5. Beri file nama label anda, nah untuk settingan ukurannya kebetulan ukuran label bermacam-macam dan saya memakai label kode 103 yaitu (32x64mm) jadi settingannya seperti di bawah ini:
Label Undangan di Word 04Jika kertas label anda berbeda dengan punya saya maka anda harus mengukurnya secara manual dengan menggunakan penggaris.  Jika sudah OK.

6. Nah settingan label kita sudah jadi, lalu OK
Label Undangan di Word 057.  Nah untuk menampilkan hasil Label buatan kita ke dokumen Word silahkan tekan “New Document”
Label Undangan di Word 068. Nah maka akan muncul dokumen baru word dengan menampilkan desain label yang sudah anda buat tadi.  lalu kita ubah ukuran kertasnya sesuai dengan ukuran kertas Label aslinya.  Caranya pilih menu “Page Layout>Icon kecil di bawah”
Label Undangan di Word 07Jika ukuran kertas label anda berbeda dengan punya settingan saya di atas silahkan anda ukur secara manual dengan penggaris kertas label aslinya.
Label Undangan di Word 08Jika sudah OK

BACA JUGA:  Tutorial Membuat Cover Buku di Microsoft Word 2007/2010

9.  Taaaarrrraaaaaaaaaaa……..Nah  jadilah sudah template untuk label undangan yang kita buat.
Label Undangan di Word 09Sangat mudah sekali bukan cara membuat label undangan dengan menggunakan Microsoft Word.  Nah untuk cara pengisian baik nama dan alamat saya bahas di artikel selanjutnya.  Anda dapat membacanya di tulisan saya yang berjudul Memasukkan Nama dan Alamat di Label Undangan di Word Secara Otomatis, selamat mencoba.

43 comments

  1. mas suwon geh mas blog e sampean emang bermangfaat bagi sesama makasih banyak yo mas,. smoga dapat balasan dari yang diAtas amin

      1. mas kusnendar aku dari Lahat, Sumatera Selatan… aku mau buka usaha percetakan tapi aku masih awam……. aku lihat mas ini sepertinya sangat ahli dalam bidang IT,,, mohon bantuannya mas bimbing aku…. aku bayar jasa mas. klau mas bisa hub. 085273593332
        :malu:

  2. mas, kalo pas diprint tapi alamat di baris ke 4 gak kecetak gimana ?? masalahnya apa yaa mas ??

  3. Mas.. sy udh nyoba berkali2 sesuai langkah2 diatas, tp setelah selesai tampil di Ms.word nya, koq baris ke 4 masuk halaman 2 di Word sii… jd 1lembar label isi12, itu jd 2halaman..
    itu gimana ya? Makasii :swt3:

  4. mas, ukuran margin di ms.word saya berupa satuan ‘mm’, bukan ‘cm’. gimana cara merubah ke satuan ‘cm’nya? sblumnya makasih….

    1. itu gampang sekali merubahnya bu, untuk cara merubahnya sudah saya
      tulis di blog sya tetapi lainan judul. ketik aja di kolom search blog
      saya “satuan”

  5. mas, kalau misalnya aku save, trus di close
    ko jadi ilang ya kotak-kotaknya??
    mohon bantuannya terima kasih

    1. gak hilang. mungkin pengaturan wordnya. Munculin Text Boundaries, caranya File -> Options-> Advanced -> Pada Show document content beri ceklis pada Show Text Boundaries

  6. Hatur nuhun kang nendar,kebetulan saya lagi butuh bgt,soalnya lg mau nyebar undangan nih

  7. sebelumnya makasih ilmunya mas…
    tapi kok saya coba jadinya kepotong ya..baris keempatnya jadi dihalaman berikutnya..gimana ya caranya biar gak kepotong..
    apakah ada versi yang sudah jadi biar bisa langsung download untuk yg 103 ini?
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.