Cara Mengatasi Laptop Black Screen

Laptop black screen adalah kondisi di mana layar laptop tidak menampilkan apa-apa, hanya hitam gelap. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika Anda sedang bekerja atau belajar dengan laptop. Apa yang menyebabkan laptop black screen? Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi

Penyebab Laptop Black Screen

Laptop black screen bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari sisi hardware maupun software. Berikut adalah beberapa penyebab umum laptop black screen:

  • Kerusakan pada layar laptop. Layar laptop bisa rusak karena faktor usia, pemakaian yang tidak hati-hati, atau terkena benda keras atau cair. Kerusakan ini bisa berupa retak, pecah, konslet, atau mati total. Jika layar laptop rusak, maka Anda tidak akan bisa melihat apa-apa di layar, kecuali jika Anda menghubungkan laptop dengan monitor eksternal.
  • Kerusakan pada kabel atau konektor layar laptop. Kabel atau konektor layar laptop adalah komponen yang menghubungkan layar laptop dengan motherboard. Jika kabel atau konektor ini rusak, putus, atau longgar, maka sinyal dari motherboard tidak akan sampai ke layar laptop, sehingga layar laptop tidak akan menampilkan apa-apa.
  • Kerusakan pada kartu grafis atau GPU. Kartu grafis atau GPU adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengolah data grafis dan menampilkannya di layar. Jika kartu grafis atau GPU rusak, maka data grafis tidak akan diproses dengan baik, sehingga layar laptop tidak akan menampilkan apa-apa atau menampilkan gambar yang aneh.
  • Driver kartu grafis atau GPU yang bermasalah. Driver adalah perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi. Driver kartu grafis atau GPU adalah driver yang mengatur fungsi dan kinerja kartu grafis atau GPU. Jika driver ini tidak diperbarui, tidak kompatibel, atau korup, maka kartu grafis atau GPU tidak akan bekerja dengan baik, sehingga layar laptop tidak akan menampilkan apa-apa atau menampilkan gambar yang aneh.
  • Resolusi layar yang tidak sesuai. Resolusi layar adalah ukuran gambar yang ditampilkan di layar, yang diukur dalam satuan piksel. Resolusi layar yang tidak sesuai adalah resolusi layar yang lebih tinggi atau lebih rendah dari resolusi asli layar laptop. Jika resolusi layar tidak sesuai, maka layar laptop tidak akan menampilkan gambar dengan baik, sehingga layar laptop bisa menjadi hitam, putih, atau berwarna-warni.
  • Fitur Filter Keys yang aktif. Fitur Filter Keys adalah fitur yang berfungsi untuk menyaring pengetikan yang berulang atau tidak sengaja saat mengetik, terutama saat mengisi password atau kode rahasia. Fitur ini bisa membantu pengguna yang memiliki masalah motorik atau kesulitan mengetik dengan cepat dan akurat. Namun, fitur ini juga bisa menyebabkan masalah laptop black screen, terutama jika fitur ini diaktifkan secara tidak sengaja.
  • Overheating atau panas berlebih. Overheating atau panas berlebih adalah kondisi di mana suhu laptop melebihi batas normal, sehingga menyebabkan laptop menjadi panas, lambat, atau mati mendadak. Overheating atau panas berlebih bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti suhu ruangan yang tinggi, ventilasi yang buruk, atau debu yang menumpuk. Overheating atau panas berlebih juga bisa disebabkan oleh faktor internal, seperti kipas pendingin yang rusak, pasta termal yang kering, atau penggunaan aplikasi yang berat. Jika laptop mengalami overheating atau panas berlebih, maka komponen-komponen di dalamnya bisa rusak, termasuk layar laptop, sehingga menyebabkan laptop black screen.
  • Software yang tidak kompatibel atau bermasalah. Software yang tidak kompatibel atau bermasalah adalah software yang tidak cocok dengan sistem operasi, hardware, atau software lain yang ada di laptop. Software yang tidak kompatibel atau bermasalah bisa menyebabkan laptop menjadi lambat, macet, atau eror, sehingga menyebabkan laptop black screen. Contoh software yang tidak kompatibel atau bermasalah adalah virus, malware, bug, atau aplikasi yang tidak resmi.

Solusi Laptop Black Screen

Setelah mengetahui penyebab laptop black screen, kita bisa mencoba beberapa solusi berikut ini sesuai dengan kondisi dan penyebab masalahnya.

1. Restart Laptop

Solusi pertama yang bisa dicoba adalah melakukan restart laptop. Restart laptop bisa membantu mengatasi masalah laptop black screen yang disebabkan oleh software, seperti driver yang bermasalah, aplikasi yang mengganggu, atau bug pada sistem operasi. Restart laptop juga bisa membersihkan cache dan memori yang mungkin menyebabkan laptop tidak responsif atau layar tidak menampilkan apa-apa.

BACA JUGA:  Cara Atasi "Could not complete the Video Frames to Layers" di Photoshop

Cara melakukan restart laptop adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu pilih opsi Power.
  • Pilih Restart dan tunggu hingga laptop menyala kembali.
  • Coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

2. Masuk ke Safe Mode

Jika setelah di restart masih black screen, maka mungkin harus melakukan cara lain seperti masuk ke Safe Mode. Safe Mode adalah mode di mana sistem operasi hanya menjalankan fungsi-fungsi dasar dan tidak memuat driver, aplikasi, atau layanan yang tidak penting. Cara ini biasanya akan berhasil jika laptop memiliki permasalahan pada software maupun hardware yang mengganggu proses booting.

Cara masuk ke Safe Mode adalah sebagai berikut:

  • Nyalakan laptop dan tekan tombol F8 secara berulang-ulang hingga muncul menu Advanced Boot Options.
  • Pilih Safe Mode dengan menggunakan tombol panah dan tekan Enter.
  • Tunggu hingga laptop masuk ke Safe Mode.
  • Cari dan hapus software yang mencurigakan atau bermasalah, seperti virus, malware, atau aplikasi yang tidak resmi.
  • Restart laptop dan coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

3. Perbarui Driver Kartu Grafis atau GPU

Driver kartu grafis atau GPU adalah driver yang mengatur fungsi dan kinerja kartu grafis atau GPU. Jika driver ini tidak diperbarui atau tidak kompatibel dengan sistem operasi, maka kartu grafis atau GPU tidak akan bekerja dengan baik, sehingga layar laptop tidak akan menampilkan apa-apa atau menampilkan gambar yang aneh.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba memperbarui driver kartu grafis atau GPU dengan cara berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu ketik Device Manager dan pilih hasilnya.
  • Cari dan klik submenu Display adapters, lalu klik kanan pada driver kartu grafis atau GPU yang ada dan pilih Update driver.
  • Pilih opsi Search automatically for updated driver software dan tunggu hingga proses selesai.
  • Jika ada driver baru yang tersedia, ikuti instruksi yang muncul untuk menginstalnya.
  • Jika tidak ada driver baru yang tersedia, pilih opsi Browse my computer for driver software dan cari driver kartu grafis atau GPU yang sesuai dengan model dan merek laptop Anda dari situs resmi produsennya.
  • Setelah driver kartu grafis atau GPU berhasil diperbarui, restart laptop dan coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

4. Hapus dan Instal Ulang Driver Kartu Grafis atau GPU

Jika memperbarui driver kartu grafis atau GPU tidak berhasil mengatasi masalah laptop black screen, kita bisa mencoba menghapus dan menginstal ulang driver kartu grafis atau GPU. Cara ini bisa membantu mengatasi masalah driver kartu grafis atau GPU yang rusak, korup, atau tidak cocok dengan sistem operasi.

Cara menghapus dan menginstal ulang driver kartu grafis atau GPU adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu ketik Device Manager dan pilih hasilnya.
  • Cari dan klik submenu Display adapters, lalu klik kanan pada driver kartu grafis atau GPU yang ada dan pilih Uninstall device.
  • Centang opsi Delete the driver software for this device dan klik Uninstall.
  • Setelah driver kartu grafis atau GPU berhasil dihapus, restart laptop Anda.
  • Setelah laptop menyala kembali, driver kartu grafis atau GPU akan terinstal secara otomatis oleh sistem operasi.
  • Jika driver kartu grafis atau GPU tidak terinstal secara otomatis, ulangi langkah-langkah untuk memperbarui driver kartu grafis atau GPU seperti di atas.
  • Coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

5. Sesuaikan Resolusi Layar

Resolusi layar adalah ukuran gambar yang ditampilkan di layar, yang diukur dalam satuan piksel. Resolusi layar yang tidak sesuai adalah resolusi layar yang lebih tinggi atau lebih rendah dari resolusi asli layar laptop. Jika resolusi layar tidak sesuai, maka layar laptop tidak akan menampilkan gambar dengan baik, sehingga layar laptop bisa menjadi hitam, putih, atau berwarna-warni.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba menyesuaikan resolusi layar dengan cara berikut:

  • Klik kanan pada area kosong di desktop, lalu pilih Display settings.
  • Di bawah menu Display resolution, pilih resolusi layar yang sesuai dengan resolusi asli layar laptop Anda. Anda bisa melihat resolusi asli layar laptop Anda di buku panduan atau situs resmi produsennya.
  • Klik Apply dan tunggu hingga layar laptop menyesuaikan resolusi layar yang baru.
  • Coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.
BACA JUGA:  Cara Menyimpan Gambar dari Internet yang Benar Agar Kualitas Bagus

6. Nonaktifkan Fitur Filter Keys

Fitur Filter Keys adalah fitur yang berfungsi untuk menyaring pengetikan yang berulang atau tidak sengaja saat mengetik, terutama saat mengisi password atau kode rahasia. Fitur ini bisa membantu pengguna yang memiliki masalah motorik atau kesulitan mengetik dengan cepat dan akurat. Namun, fitur ini juga bisa menyebabkan masalah laptop black screen, terutama jika fitur ini diaktifkan secara tidak sengaja.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba menonaktifkan fitur Filter Keys dengan cara berikut:

  • Klik logo Windows di pojok kiri bawah layar, lalu pilih Settings.
  • Pilih Ease of Access, lalu pilih Keyboard di menu sebelah kiri.
  • Cari dan nonaktifkan opsi Filter Keys dengan menggeser tombolnya ke posisi Off.
  • Coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

7. Dinginkan Laptop

Overheating atau panas berlebih adalah kondisi di mana suhu laptop melebihi batas normal, sehingga menyebabkan laptop menjadi panas, lambat, atau mati mendadak. Overheating atau panas berlebih bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti suhu ruangan yang tinggi, ventilasi yang buruk, atau debu yang menumpuk. Overheating atau panas berlebih juga bisa disebabkan oleh faktor internal, seperti kipas pendingin yang rusak, pasta termal yang kering, atau penggunaan aplikasi yang berat. Jika laptop mengalami overheating atau panas berlebih, maka komponen-komponen di dalamnya bisa rusak, termasuk layar laptop, sehingga menyebabkan laptop black screen.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mencoba mendinginkan laptop dengan cara berikut:

  • Matikan laptop dan lepaskan baterai, charger, dan perangkat lain yang terhubung dengan laptop.
  • Angkat laptop dan letakkan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik, seperti di dekat jendela atau kipas angin.
  • Biarkan laptop mendingin selama beberapa menit hingga suhunya turun ke level normal.
  • Bersihkan lubang-lubang ventilasi laptop dari debu atau kotoran yang mungkin menyumbat aliran udara.
  • Ganti pasta termal laptop jika sudah kering atau mengeras.
  • Gunakan cooling pad atau alas pendingin saat menggunakan laptop, terutama saat menjalankan aplikasi yang berat atau bermain game.
  • Nyalakan laptop dan coba gunakan laptop dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

8. Bawa Laptop ke Tempat Servis

Jika semua solusi di atas tidak berhasil mengatasi masalah laptop black screen, maka kemungkinan besar ada kerusakan serius pada hardware laptop, seperti layar, kabel, konektor, kartu grafis, atau motherboard. Kerusakan ini membutuhkan perbaikan atau penggantian yang tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, melainkan harus dibawa ke tempat servis yang profesional dan berpengalaman.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa membawa laptop ke tempat servis dengan cara berikut:

  • Cari tempat servis laptop yang terdekat, terpercaya, dan terjamin kualitasnya. Anda bisa mencari referensi dari teman, keluarga, atau internet.
  • Bawa laptop beserta bukti pembelian, garansi, dan aksesorisnya, seperti baterai, charger, dan tas laptop.
  • Jelaskan masalah laptop black screen yang Anda alami secara detail dan jujur kepada teknisi yang melayani Anda.
  • Tanyakan biaya perbaikan atau penggantian yang diperlukan dan minta estimasi waktu yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga laptop selesai diperbaiki atau diganti dan cek kembali kondisi dan fungsi laptop sebelum membayar dan membawa pulang laptop Anda.

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cara mengatasi laptop black screen. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah laptop Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close