Penerapan Kombinasi Rumus Logika IF dengan NOT, OR, AND di Excel

Posted on

Pada tulisan lainnya saya sudah membahas mengenai rumus logika di Excel meliputi IF, NOT, OR, dan AND.  Semua rumus logika tersebut yang paling banyak digunakan yaitu IF, namun jika dikombinasikan dengan ke-4 logika lainnya maka akan mempermudah anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau data berupa data multi. Pada kesempatan ini saya akan sharing bagaimana cara mengkombinasikan rumus logika tersebut.

1. Logika IF + NOT

Kombinasi rumus ini sangat cocok digunakan untuk memberikan keterangan berdasarkan data angka.  Sebagai contoh misalnya nilai mahasiswa ” TIDAK LULUS” jika nilainya lebih kecil dari “65”.  Misal dari nilai rata-rata 3 kali ujian kita akan menentukkan kelulusan dengan syarat nilai lulus harus lebih besar dari 65.

kombinasi rumus IF dan NOT Excel

Maka kita tulis rumusnya seperti di bawah ini:

=IF(NOT(E2<65),”LULUS”,”TIDAK LULUS”)

Keterangan : E2 adalah kolom nilai rata – rata.  Kemudian perhatikan tanda pemisah rumus yaitu koma (,) ada di komputer lain memakai tanda titik koma (;).

BACA JUGA:  Cara Memberi Password Pada File Excel

2. Logika IF + OR

Untuk kombinasi ini kita dapat menyeleksi data yang meliputi 2 variabel sekaligus.  Biasanya kombinasi ini dignakan untuk mengolah data berupa Text atau Tulisan.  Baiklah contoh kasusnya yaitu misal kita akan menyeleksi calon pelamar kerja dengan syarat diterima jika mereka lulusan D3 dan S1.

kombinasi rumus IF dan OR

Maka rumus yang kita tulis yaitu:

=IF(OR(B2=”D3″,B2=”S1″),”DITERIMA”,”TOLAK”)

Keterangan : B2 adalah kolom Pendidikan.  Kemudian perhatikan tanda pemisah rumus yaitu koma (,) ada di komputer lain memakai tanda titik koma (;).

3. Kombinasi IF + AND

Untuk kombinasi ini dapat mengolah data berupa angka yang terdiri dari dua atau lebih variabel dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa tulisan.  Contoh kasusnya seperti ini, misal dalam penyeleksian penerimaan karyawan baru di butuhkan pengalaman kerja lebih dari atau sama dengan 3 tahun dan memiliki IPK minimal 3,00.

BACA JUGA:  Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong dan Besar

kombinasi rumus IF dan AND di Excel

Maka rumus yang kita tulis yaitu:

=ID(AND(B2>=3,C2>=3),”DITERIMA”,”DITOLAK”)

Keterangan : B2 adalah PENGALAMAN KERJA, C2 adalah IPK.  Kemudian perhatikan tanda pemisah rumus yaitu koma (,) ada di komputer lain memakai tanda titik koma (;).

Dengan menggunakan kombinasi rumus tersebut maka anda akan dimudahkan dalam mengerjakan tugas anda dan menghemat waktu dalam bekerja, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

8 comments

  1. Mbak, kalo rumusnya “antara” gimana? misalkan : nilai mahasiswa yang rata2nya antara 0-50 dianggap TIDAK LULUS, 51-60 harus MENGULANG dan 61 keatas dianggap LULUS. logika seperti ini Gimana cara buat rumusnya mbak???
    Mohon pencerahannya…

    1. pakai simbol “<". contoh =if(A3<50;"Tidak Lulus";if(A3<60;"Mengulang";"Lulus")) . jangan panggil aku Mbak, saya laki-laki 😀

      1. Tolong dong pak kasih contoh rumus if or not digabungkan sekaligus dalam satu cell, dan rumus if and vlookup digabungkan sekaligus dalam satu cell. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.