Cara Mengaktifkan Recent Folder Windows 10/11

Bagi Anda pengguna windows 10/11 baru, dimana sebelumnya menggunakan windows 7 atau windows dibawahnya biasanya akan mengalami kebingungan pada saat pertama menggunakannya. Hal ini dikarenakan ada beberapa fitur yang telah berubah kualitasnya menjadi lebih baik.

Atau juga, bisa saja beberapa fitur yang pada awalnya ada atau aktif menjadi tidak aktif. Sehingga hal itu menyebabkan kebingungan.

Siapa yang pernah mendengar atau menggunakan RecentĀ  Folder? Recent Folder adalah salah satu fitur dari Windows untuk melihat folder yang telah dibuka beberapa waktu lalu.

Fitur ini sangat berguna karena dapat mempersingkat waktu yang digunakan untuk membuka sebuah folder. Terutama folder-folder yang tersimpan cukup dalam di folder lainnya.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Tombol Fn+F2 (WiFi) Mati di Laptop Asus

Bagaimana jika recent folder tersebut tidak muncul ketika awal menggunakan windows 10/11? Silahkan ikuti tutorial berikut untuk mengaktifkan Recent Folder Windows 10/11

Cara Memunculkan Recent Folder Windows 10/11

Silahkan buka File Explorer pada komputer Anda.

Kemudian. pilih menu File dan pilih menu Change folder and search options.

Lalu aktifkan pilihan pada menu Privacy dengan klik kotak pada pilihan Show frequently used folder in Quick Access.

Selanjutnya pada pilihan Open File Explorer to ubah menjadi This PC. Dan pilih OK.

Maka fitur Recent folder pun telah aktif dan dapat Anda gunakan. Untuk mengeceknya, Anda dapat membuka file apa saja di dalam folder mana saja.

BACA JUGA:  Cara Cepat Translate File PDF Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Untuk membuka fitur tersebut Anda dapat klik kanan kursor pada ikon amplop kuning yang terdapat dibagian task bar bawah.

Agar folder tersebut selalu muncul di recent folder Anda dapat memberikan pin pada folder tersebut.

Itu tadi cara memunculkan recent folder pada windows 10/11. Untuk tutorial lebih lengkap, Anda dapat menyaksikan pada video dibawah ini:

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.