Cara Membuat dan Mencetak Stiker Label Undangan Pernikahan di Word 2007/2010

Posted on

Perlu kita ketahui bahwa di Microsoft Word tersedia fitur “Label” yang digunakan untuk mencetak stiker label nama penerima undangan pernikahan namun pada umumnya orang-orang belum mengetahui hal ini.

Agar kita dapat mencetak nama pada stiker label undangan maka kita dapat menggunakan Microsoft Excel sebagai data base daftar nama penerima lalu menggunakan Microsoft Word untuk mencetaknya menggunakan printer. Untuk contoh data base di Excel formatnya bisa anda lihat seperti berikut ini:

Data base nama label stiker undangan excelLalu langkah selanjutnya yaitu membuat halaman stiker label undangan di Microsoft Word. Untuk tutorial mengenai hal ini bisa anda baca di artikel berikut ini:

Perlu diingat bahwa setiap merek jenis stiker label undangan memiliki ukuran margin yang berbeda-beda, sehingga pengukuran pada stiker label haruslah teliti.

Langkah selanjutnya yaitu gunakan temlpate label undangan yang sudah anda buat tersebut sebagai peletakan nama dan alamat penerima undangan. Untuk cara tersebut sudah saya jelaskan di tulisan “Memasukkan Nama dan Alamat di Label Undangan di Word Secara Otomatis“. Namun banyak pembaca yang menemukan kesalahan atau error, yaitu untuk nama ke 13 terlompati atau tidak tercetak.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Error Side-by-side Saat Menginstall Software di Komputer

Nah pada kesempatan ini saya akan menjelaskan CARA TERBARU DAN TEPAT MEMASUKKAN NAMA DAN ALAMAT DI LABEL UNDANGAN, simak caranya berikut ini:

1. Buka template label undangan yang sudah anda buat tersebut. Kemudian pilih menu MAILLINGS -> SELECT RECIPIENTS -> USE EXISTING LIST…

insert recipient - Stiker Label Undangan Word2. Lalu pilih data base nama penerima undangan yang telah dibuat di Excel. Lalu pilih Sheet1$ karena Data base anda dibuat di Sheet1. Lalu OK.

data base stiker label undangan3. Letakkan Kursor di baris pertama pada kolom label pertama. Kemudian pilih menu MAILLINGS -> INSERT MERGE FIELD -> Nama untuk (NAMA) dan Alamat untuk ALAMAT. untuk kata “di” diketik biasa / manual.

insert merge field stiker undangan4. Lakukan hal yang sama pada Kolom label ke-dua. Lalu arahkan kursor di depan <<Nama>>. Lalu pilih menu MAILLINGS -> RULES -> NEXT RECORD.

BACA JUGA:  Cara Setting Ukuran Kertas A4 dan F4 di Photoshop

Format merge stiker label undanganHasilnya sebagai berikut:

Next record merge label stiker undangan

5. Kemudian Copy Format pada kolom label ke-2 ke sepuluh kolom di label stiker kemudian atur rata tengahnya seperti pengaturan pada paragraf di menu HOME. Maka hasilnya seperti ini:

[sociallocker]cetak stiker label undangan[/sociallocker]

6. Untuk melihat hasilnya silahkan pilih menu MAILLINGS -> FINISH & MERGE -> EDIT INDIVIDUAL DOCUMENTS. Pada Pilih ALL untuk melihat semua hasilnya. Hasilnya akan seperti ini:

print stiker label undangan

Lihat daftar penerima pada urutan ke-13 tidak terlompati.

daftar nama label undanganNah dengan cara ini maka anda tidak khawatir lagi ada nama yang terlompati, sehingga anda tinggal cetak hasilnya dengan menggunakan printer. Demikan cara membuat dan mencetak stiker label undangan menggunakan word, jika anda menemui permasalahan silahkan tanyakan kepada saya dengan menggunakan form komentar yang tersedia, selamat mencoba.

62 comments

  1. dear mas kusnendar,
    saya sudah coba step step diatas, semuanya berhasil. tetapi saat finishing kenapa tampilan namanya sangat mepet dengan garis batas lebel yang paling atas. bagaimana agar nama dan alamat dapat rata tengah (ditengah tengah label).
    terima kasih

    1. Diatur manual ketika sudah memasukkan di label sebelum dilakukan FINISH & MERGE, caranya letakkan kursor di depan kemudian tekan ENTER

  2. Om,,,
    Kalau cara ngeprint nya gmn, saya print dengan cara biasa kok gak pas label nya,,
    Mohon pencerahan om,
    Trims

  3. Om..data sudah ada tp klo mo nambah dibawahnya scara otomatis caranya bagaimana? Trima kasih sblmnya..

  4. Saya sudah coba tapii kok tampilan akhirnya hanya jadii 1 nama prtama yg kita bikin d excel

  5. Cara print pake canon ip 2700 gmn ya mas?qo sy coba ga bs2,mohon bantuannya,thanks

  6. Gan kalo hasil finis nya urutan nya dari no 13 ke 14 tidak berurutan itu gimana yah
    Mohon bantuan nya
    Terimakasih

  7. Saya dh ikutin caranya,malah bkn nmr 13 yg ilang,malah nomor 1 yg kelewat,mohon pncerahannya

      1. gan mau tanya, cara ngeprintnya gimana ya? saya sudah ready semua tapi hasilnya hanya yang baris tengah ke printnya. tolong bantu. terima kasih

  8. Saya coba print, ko yg baris trakir pada label ga ke print ya om, bagaimana itu om? Makasih

    1. Ngeprint nya seperti biasa aja gan. setelah settingan di Word jadi ya tinggal print aja gak perlu setting kertas lagi gan.

  9. Bang tutorial nya saya mengerti. Tapi saya mau tanya, itu cara print nya gimana? Dan dengan ukuran kertas apa? Misalnya A4 itu udah di print, lalu itu labeel nya dipotong terus ditempelkan ya bang? Mohon dijawab :lovekiss:

  10. gan nanya dong, kalo pas di print ko dia jdnya double yah? pdhl di print preview dia ga double.
    kan saya coba print 1 lembar dulu, eh keluarnya dia jd 2 lembar gitu. untung saya ga naro kertas label nya semua jd ga boros :p.
    mohon pencerahan yaa gan.

    btw thanks bgt nih info nya membantu bgt 🙂

  11. Mas,klo ngetik nama.y manual ajah lgsng di word ga usah lewat excel bsa kn? Atau mmpengaruhi saat print.y nanti?

  12. Mas, cara untuk membuat template label pas di awal itu gimana ya?? Newbie banget nih mas. Makasih ya

  13. Tulis Komentar dan Pertanyaan di Sini.kami tnggu hasil inspirasi anda yg lain..mg suses, mksh bro….

  14. Gan untuk halaman ke 2 ko muncul nama terakhir no12 ya? Bis ga langsung ke urutan 13 n sterusnya

  15. sebelumnya terimakasih gan karena tutorialnya sangat membantu
    tetapi ada yang mau saya tanyakan,
    sebelum di finish & merge sudah saya atur nama dan alamat rata tengah tetapi setelah di finish & merge yang label pada kolom pertama jadi tidak rata tengah… sudah saya coba berkali-kali tetapi begitu terus,
    mohon solusinya gan. terimakasih

  16. Pak mau tanya kalo pas diprint ga rata, baris kedua ada yang terlalu kebawah, baris ke 3 ada yg terlalu kesamping. Padahal pas sblm di print formatnya terlihat sudah rapih. Gimana cara ngatasinnya? Makasih

  17. saya udah coba tutorial nya cuma masih ada yang terlompat..mohon solusi nya..thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.