Merubah Jenis Papan Ketikan Keyboard di Android

Merubah Ubah Keyboard AndroidSmartphone Android merupakan salah satu jenis OS Gadget yang saat ini banyak digunakan oleh produsen gadgeters dunia.  Keunggulan dari jenis OS ini membuatnya meningkat tajam dari penggunaan oleh pecinta gadget.  Rata-rata smartphone yang menggunakan OS ini memiliki navigasi berupa touchscreen.

Dalam navigasi Android dengan layar sentuh tersebut menampilan Screen Keyboard yang digunakan kita untuk mengetikkan huruf dan angka.  Anda dapat mengatur tampilan screen keyboard sesuai selera anda.  Ada 3 jenis tampilan Screen Keyboard di Android yaitu seperti pada Keyboard Komputer, Seperti Tombol Qwerty, dan Seperti Tombol Handphone pada umumnya.  Pada kesempatan ini saya akan share cara mengganti screen tombol keyboard kepada anda, saya akan menerapkannya di Samsung Galaxy Tab.

BACA JUGA:  Tarif Hemat Daftar Paket BlackBerry Gaul 3 (Tri)

1. Buka layanan pesan anda, misal anda ingin mengirim SMS.

2.  Saat anda membukanya anda akan ditampilkan layar screen keyboard standar dari Android.

3. Kemudian pilih menu ICON GAMBAR KEYBOARD di TaskBar.

Ubah Keyboard Android_1

4. Setelah itu akan muncul Jenis Tipe Keyboard, untuk jenis tipe standarnya yaitu SAMSUNG KEYBOARD.  Silahkan anda pilih DioPen Chinese IME.

Ubah Keyboard Android_2

Nah berikut tampilannya setelah anda memilih tadi:

Ubah Keyboard Android_3

Nah untuk tampilan di atas adalah jenis Qwerty, untuk merubah ke jenis keyboard seperti pada handphone jaman dahulu tekan menu SETTING (Logo Gear).  Lalu pilih 3×4 Keypad, seperti berikut tampilannya.

Tampilan Keyboard 3x4 Keypad
Tampilan Keyboard 3×4 Keypad

Anda juga bisa menulis dengan goresan tangan seperti halnya anda menulis dengan pensil.  Caranya sama saja pilih menu Setting >> Handwriting Box.  Seperti berikut tampilannya:

BACA JUGA:  AppLock Mengunci Aplikasi dengan Memberi Password di Android
Tampilan Handwriting Box
Tampilan Handwriting Box

Dengan begini anda bisa mengetikkan pesan denganc epat dengan model settingan Keyboard yang menurut anda nyaman dan cepat.  Selain cara di atas anda juga bisa menggunakan jenis “Google Voice Typing” artinya anda mengetik pesan dengan perkataan anda, anda hanya bicara maka android anda akan menterjemahkannya ke dalam bentuk text.

Tampilan Google Voice Typing
Tampilan Google Voice Typing

Cara mengubah jenis keyboard ini saya coba di Samsung Android, mungkin setiap produsen smartphone memiliki tampilan yang berbeda namun intinya tetap sama saja.  Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

13 comments

  1. min kalau keyboard nya berubah kecil dan bisa di geser-geseren itu gimana? aku mau keyboardnya kembali ke bentuk standar android yang ukurannya besar dan ngga geser-geser lagi. mohon bantuannya min . makasih

    1. Itu pencet aja yg di deket tulisan sym kan ada pengaturan keyboard gitu, teken yg lama nanti keluar tanda2 gtu, abis itu pilih yg pilihan bawah kedua dr kanan, itu bisa bikin balik lg^^

  2. Min gimana ya ,keyboard android saya ,saya pakaikan tema biar lebih bagus . Tema nya saya download . Ketika android saya dmatikan ,,tema keyboard saya kembali ke tema android . . . Jika saya ingin tema yg saya download harus saya atur ulang lagi ketika android saya di aktifkan . . . Gimana cara nya ya min biar android saya papan ketik keyboarnya tetap bertema walaupun android nya saya matikan . Tolong solusi nya min … makasih .

    1. Jenis keyboard di Android anda yang lain harus dimatikan, caranya menu Setting -> bahasa & Inputan -> Pada Keyboard dan Input Method pilih keyboard yang anda install aja yang diaktifkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.