Game Booster Poco X3 Gak Efektif? Atasi Frame Drop dengan Cara Ini!

Cara agar poco x3 tidak frame drop – Imajinasikan Anda menjelajahi kota besar dalam sebuah game. Tapi, karakter Anda bergerak sangat lambat. Kamera juga bergerak pelan, bendera tak bergoyang, dan karakter lainnya loncat tanpa aturan. Semua ini karena frame rate yang rendah, disebut juga frame drop.

Jadi, sebenarnya apa penyebab frame drop di POCO X3 Pro? Bagaimana kita bisa mengatasinya dan mengalami gaming yang smooth? Jawabannya ada di artikel ini!

Daftar Isi

Apa itu Frame Drop dan Dampaknya pada Gaming?

Mari kita kenali apa itu frame drop dan efeknya dalam bermain game. Frame drop terjadi ketika jumlah frame per detik (FPS) menurun. Ini membuat gerakan dalam game terasa kasar dan tidak lancar.

Pengertian Frame Drop

Frame drop merujuk pada pengurangan FPS yang drastis. Karakter atau objek dalam game akan bergerak patah-patah. Kondisi ini tentunya mengganggu pengalaman bermain game.

Efek Frame Drop pada Pengalaman Bermain Game

Frame drop mengubah pengalaman bermain secara intens. Gerakan karakter jadi lambat, reaksi input tidak terlalu cepat, dan visual menurun. Ini semua bisa mengacaukan sensasi berada di dalam game.

Penyebab Utama Frame Drop pada Smartphone

Penurunam FPS pada smartphone sering disebabkan oleh beberapa faktor. Beban prosesor yang berat, memori internal yang penuh, serta driver grafis yang kurang optimal contohnya. Juga, masalah panas akibat penggunaan telepon secara intensif turut mempengaruhi. Semua ini bisa membuat sistem sulit mengolah frame secara efektif.

Mengoptimalkan Pengaturan POCO X3 Pro untuk Performa Gaming

Agar performa gaming di POCO X3 Pro lebih baik, aturlah pengaturan grafis. Ada beberapa pengaturan yang bisa Anda ganti. Contohnya, ubahlah bayangan, anti-aliasing, refleksi dinamis, ambient occlusion, volumetric lighting, dan motion blur.

Pengaturan Grafis yang Berpengaruh pada FPS

Bayangan, anti-aliasing, dan refleksi dinamis sangat penting. Mengatur ini dapat meningkatkan FPS dalam game. Jadi, Anda bisa main game dengan bagus tanpa kehilangan kualitas visual.

Menyeimbangkan Kualitas Visual dan Performa

Untuk bermain game lebih baik di POCO X3 Pro, seimbangkan kualitas visual dan performa. Coba kurangi detail tekstur, bayangan, dan efek visual lain. Dengan begitu, FPS akan naik tanpa merusak kualitas gambar. Temukan keseimbangan yang tepat agar pengalaman bermain game Anda maksimal.

Pengaturan Grafis Pengaruh pada FPS Pengaruh pada Kualitas Visual
Bayangan Tinggi Tinggi
Anti-Aliasing Sedang Sedang
Refleksi Dinamis Tinggi Tinggi
Ambient Occlusion Sedang Sedang
Volumetric Lighting Sedang Tinggi
Motion Blur Rendah Sedang

Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, Anda dapat mengikuti tutorial yang akan saya bagikan. Berikut langkah-langkah agar xiaomi poco x3 Anda tidak mengalami frame drop lagi:

Cara Poco x3 Tidak Frame Drop

Silahkan buka menu Setelan dan pilih tentang telepon, pastikan MIUI telah diupdate ke versi terbaru.

Sentuh menu Versi MIUI (Untuk POCO) beberapa kali hingga muncul keterangan Anda adalah seorang developer.

Lalu, pilih back dan pilih setelan tambahan dan pilih opsi pengembang.

Pilih preferensi driver grafis, selanjutnya pilih game yang akan di tingkatkan performanya. Sebagai contoh saya pilih Game PUBG. Kemudian pilih Driver Grafis Sistem .

Buka kembali menu Setelan, pilih menu Tampilan.

Pilih Rasio menyegarkan layar dan ubah menajdi 120Hz.

Selanjutnya, pada menu Setelan juga pilih Aplikasi dan Kelola Aplikasi

Silahkan lakukan update Plugin layanan system ke versi terbaru. Untuk informasinya dapat Anda baca DISINI.

Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan update Security ke versi tebaru. Untuk informasinya dapat Anda baca juga DISINI.

Kemudian. buka aplikasi Keamanan, dan buka aplikasi Game Turbo. Lakukan pengaturan seperti yang permah saya bagikan pada artikel sebelumnya.

Setelah Anda melakukan pengaturan pada beberapa menu tersebut, silahkan Anda buka Game PUBG. Selanjutnya, buka game turbo pada game tersebut.

Lakukan pembersian memori dengan memilih menu Bersihkan memori.

Pilih juga Membersihkan ruang untuk membersihakn cache yang tedapat pada handphone Anda.

cara mengatasi frame drop poco x3 pro

Jika POCO X3 Pro Anda sering mengalami frame drop, ada tips yang bisa dicoba. Pertama, pastikan menutup aplikasi latar belakang. Seringkali, aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa menguras daya dan memperlambat kinerja.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Youtube Android "Pause" Sendiri

Menutup Aplikasi Latar Belakang

Menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan bisa meningkatkan performa game booster. Dengan begini, frame drop saat memainkan game atau menggunakan aplikasi berat dapat diminimalisir.

Menggunakan Game Booster

POCO X3 Pro menyediakan game booster yang bisa diaktifkan. Fitur ini membantu alokasi sumber daya saat bermain game lebih efisien. Akibatnya, frame drop bisa berkurang.

Mengaktifkan Opsi Pengembang

Untuk langkah tambahan, aktifkan opsi pengembang di perangkat Anda. Pengaturan lanjutan dari opsi ini dapat membantu meningkatkan performa gaming. Juga, mengatasai masalah frame drop.

Meningkatkan Performa Perangkat Keras POCO X3 Pro

Untuk mengatasi frame drop, Anda bisa meningkatkan kinerja POCO X3 Pro. Pastikan memori internal tidak terlalu penuh. Memori yang penuh bisa membuat perangkat berjalan lebih lamban.

Mengurangi Beban Memori Internal

Untuk meningkatkan performa perangkat keras, kurangi beban pada memori internal. Hapus file yang tidak perlu, bersihkan cache, dan tutup aplikasi di latar belakang. Langkah ini akan mempercepat game berjalan smooth.

Memperbarui Perangkat Lunak dan Driver

Selalu update pembaruan perangkat lunak dan pembaruan driver di POCO X3 Pro. Pembaruan membantu memperbaiki bug, menstabilkan sistem, dan meningkatkan performa perangkat keras. Backup data dulu sebelum update untuk keamanan.

Langkah Tujuan Manfaat
Mengurangi beban memori internal Mengoptimalkan penggunaan memori internal Meningkatkan performa perangkat keras untuk mengatasi frame drop
Memperbarui perangkat lunak dan driver Memperbaiki bug, meningkatkan stabilitas, dan mengoptimalkan performa perangkat keras Mendapatkan pengalaman gaming yang lebih lancar dan stabil

Solusi Sementara: Mengoptimalkan Pengaturan Game

Untuk mengatasi frame drop pada POCO X3 Pro, optimasi pengaturan game bisa jadi solusi sementara. Anda bisa menyesuaikan resolusi dan detail grafis. Ini membantu game berjalan lebih lancar.

Menyesuaikan Resolusi dan Detail Grafis

Menurunkan resolusi game membuat performa gaming lebih bagus. Ini karena beban grafis berkurang. Detail grafis seperti bayangan, efek, dan tekstur juga bisa dikurangi.

Hasilnya, game akan terasa lebih tanggap walaupun visualnya tidak semewah biasanya.

Menonaktifkan Fitur Tambahan

Ray tracingmotion blur, atau dynamic lighting bisa memperindah visual. Tetapi, mereka juga menambah beban. Menonaktifkannya bisa meningkatkan performa gaming.

Proses mencari setelan terbaik antara kualitas visual dan performa sangat penting. Dengan itu, game akan berjalan mulus di POCO X3 Pro.

Tips dan Trik Lanjutan untuk Performa Gaming Maksimal

Untuk gaming terbaik di POCO X3 Pro, coba tips dan trik ini. Aktifkan mode performa tinggi jika ada. Mode ini mengatur sumber daya agar game berjalan lebih baik.

Mengaktifkan Mode Performa Tinggi

Mode performa tinggi bisa ditemukan di pengaturan sistem atau game. Mengaktifkannya akan bukannya kecepatan prosesor. Juga akan alokasi lebih memori untuk game, dan hemat baterai.

Menjaga Suhu Perangkat Tetap Optimal

Suhu tinggi bisa kurangi performa gaming. Sistem bakal batasi kinerja agar komponennya aman. Jadi, penting menjaga suhu tetap baik.

Caranya adalah pakai kasus pelindung dan hindari lingkungan panas. Serta, bersihkan ventilasi secara teratur. Dengan itu, performa gaming di POCO X3 Pro tetap maksimal.

Mengukur Peningkatan Performa dengan Benchmark

Setelah mencoba berbagai cara untuk lebih baik dalam bermain game di POCO X3 Pro, sekarang tahap selanjutnya. Gunakan aplikasi benchmark untuk cek performa. Beberapa aplikasi top termasuk 3DMarkGeekbench, dan AnTuTu siap pakai.

Aplikasi Benchmark Populer

3DMark spesialized di game, mengukur seberapa jago GPU dalam game. Hasilnya, skor menunjukkan kemampuan GPU dengan tugas grafis yang kompleks.

Geekbench fokus pada kecepatan dan performa prosesor. Menguji seberapa hebat prosesor di tugas komputasi, baik di satu core atau lebih.

AnTuTu benchmark model pahlawan, mengetes semua aspek perangkat. Ini termasuk CPU, GPU, memori, serta sebagian fitur. Skor dari AnTuTu singkatnya cerminan performa keseluruhan perangkat.

Membandingkan Skor Sebelum dan Sesudah Optimasi

Ayo bandingkan skor benchmark POCO X3 Pro setelah dioptimalkan dengan sebelumnya. Perbandingan ini ungkapkan seberapa kuat performa meningkat. Anda bisa lihat nih, hasil optimasi dari tindakan kita selama ini.

Aplikasi Benchmark Skor Sebelum Optimasi Skor Setelah Optimasi
3DMark 5,280 5,920
Geekbench 1,520 (single-core)
5,280 (multi-core)
1,620 (single-core)
5,760 (multi-core)
AnTuTu 412,000 450,000
BACA JUGA:  Cara Agar Mengurangi Panas Poco X3 Pro Saat Main Game

Hasilnya, melalui data di tabel, jelas terlihat adanya peningkatan pada POCO X3 Pro setelah dioptimalkan. Ini tunjukkan praktek baik tadi berdampak besar pada performa perangkat.

Mempertimbangkan Upgrade Perangkat Keras

Jika Anda merasa game di POCO X3 Pro masih tidak berjalan maksimal, pertimbangkan untuk melakukan upgrade perangkat kerasRAM dan prosesor bisa ditingkatkan.

Keuntungan Upgrade RAM dan Prosesor

Dengan menambah RAM, multitasking jadi lebih baik dan frame drop bisa diminimalisasi. Prosesor yang lebih baik akan meningkatkan kecepatan dan daya komputasi. Hasilnya, game berjalan lebih mulus dan responsif.

Pilihan Smartphone Gaming Terbaik Saat Ini

Jika ingin mengganti perangkat, coba lihat smartphone gaming terbaik seperti Asus ROG Phone 5, nubia Red Magic 6, dan Black Shark 4 Pro. Mereka punya spesifikasi tinggi untuk pengalaman gaming yang luar biasa.

Kesimpulan

Anda tahu cara atasi frame drop di POCO X3 Pro lewat optimasi pengaturan grafis. Anda juga belajar menutup aplikasi latar belakang. Selain itu, menggunakan game booster serta memesan pembaruan perangkat lunak dan perangkat keras.

Langkah-langkah ini bisa buat performa gaming jadi lebih baik di POCO X3 Pro. Semoga pengalaman bermain game Anda lebih halus. Jaga perangkat agar selalu optimal, hindari suhu panas, dan memori internal penuh.

Jika hasilnya belum maksimal, pertimbangkan upgrade komponen perangkat keras. Misalnya, tambah RAM atau upgrade prosesor. Dengan cara ini, pengalaman gaming Anda akan lebih asyik dan bebas dari frame drop.

Itu tadi cara agar poco x3 pro tidak frame drop atau ngelag. Untuk informasi lebih jelas dapa Anda saksikan pada video dibawah ini:

Semoga dapat membantu, silahkan mencoba.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan frame drop?

Frame drop adalah ketika jumlah gambar dalam game atau aplikasi turun. Ini membuat gerakan jadi tidak mulus dan terasa lambat.

Apa dampak dari frame drop pada pengalaman bermain game?

Frame drop membuat gerakan di game jadi lambat dan tidak enak dipandang. Ini sering mengganggu saat bermain dan bisa merusak pengalaman secara keseluruhan.

Apa penyebab utama frame drop pada smartphone POCO X3 Pro?

Frame drop pada POCO X3 Pro bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, setting grafis yang terlalu tinggi atau suhu perangkat yang panas.

Bagaimana cara mengoptimalkan pengaturan grafis untuk meningkatkan performa gaming di POCO X3 Pro?

Untuk meningkatkan performa di POCO X3 Pro, coba kurangi setting grafis yang berat. Atur bayangan dan motion blur menjadi lebih rendah.

Apa saja langkah-langkah sederhana untuk mengatasi frame drop di POCO X3 Pro?

Untuk atasi frame drop di POCO X3 Pro, coba tutup aplikasi di latar belakang. Sertakan game booster dan aktifkan mode pengembang.

Bagaimana cara meningkatkan performa perangkat keras POCO X3 Pro untuk mengatasi frame drop?

Meningkatkan performa POCO X3 Pro bisa dengan cara tertentu. Kurangi beban memori internal dan perbarui software secara rutin.

Apa yang dapat dilakukan sebagai solusi sementara untuk mengatasi frame drop pada game di POCO X3 Pro?

Sebagai solusi pendek, coba kurangi resolusi dan detail grafis. Nonaktifkan fitur tambahan yang dapat mengganggu performa.

Apa tips dan trik lanjutan untuk mendapatkan performa gaming maksimal di POCO X3 Pro?

Untuk maksimalkan performa gaming di POCO X3 Pro, coba aktifkan mode performa tinggi. Jangan lupa menjaga suhu perangkat selalu optimal.

Bagaimana cara mengukur peningkatan performa setelah melakukan optimasi pada POCO X3 Pro?

Untuk melihat peningkatan performa, gunakan aplikasi benchmark seperti 3DMark. Ini akan bantu bandingkan sebelum dan setelah optimasi.

Kapan sebaiknya mempertimbangkan untuk melakukan upgrade perangkat keras POCO X3 Pro?

Jika sudah mencoba berbagai cara untuk optimalisasi tapi belum puas, pertimbangkan upgrade perangkat keras. Misalnya, ganti RAM atau prosesor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close