Pulau Pahawang, Tempat Snorkeling dan Hunting Foto Terindah di Lampung

Provinsi Lampung selain unggul dari sektor pertanian juga unggul di sektor kelautan terutama pariwisata. Lampung memiliki pantai dan pulau yang tak kalah dengan tempat wisata di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang mulai naik daun yaitu Pulau Pahawang. Pulau ini menjadi terkenal karena bersih, indah, dan terawat. Selain itu terumbu karang di sekitar pulau ini indah sehingga banyak wisatan lokal menjadikan tempat ini menjadi spot Snorkeling.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita mengenai Pahawang Island yang sudah saya kunjungi pada tanggal 14 September 2013. Agar dapat menyebrang ke pulau Pahawang anda bisa menyebrangnya spot penyebrangan di POS MAT, Ketapang, Teluk Ratai Lokasinya yaitu sebelum pantai Kelapa Rapet tepatnya terdapat gapura yang bertulisan “SELAMAT DATANG DI KAWASAN TNI AL – Teluk Ratai Lampung Kabupaten Pesawaran – Lampung”. Lokasi Spot ini jika ditempuh dengan kendaraan dari Bandar Lampung memakan waktu 1 Jam-an.

BACA JUGA:  Alamat dan No HP Agen PO Bus Kramat Djati Pringsewu - Bandung
Spot Penyebrangan Pahawang
Spot Penyebrangan Pahawang Kabupaten Pesawaran – Lampung

Anda dapat menyewa perahu untuk menyebrang, biaya penyewaan saat itu sekitar 400-500 ribu per hari, artinya dengan biaya segitu anda dapat berkeliling pulau tersebut seharian penuh. Kemudian jika anda ingin Snorkeling anda dapat menyewa peralatannya dengan harga 50-60 Ribu per Hari (Kacamata, Pelampung, Kaki Katak).

Kapal Penyebrangan ke Pulau Pahawang
Kapal Penyebrangan ke Pulau Pahawang
Perjalanan ke Pulau Pahawang Lampung
Perjalanan ke Pulau Pahawang

Perjalanan dari Spot penyebrangan sampai Pulau Pahawang memakan waktu 1 – 1,5 Jam. Dalam perjalanan anda akan melewati beberapa pulau yang sudan dan belum berpenghuni. Pulau Pahawang dicirikan yaitu adanya Cottage di bibir pantainya dan dapat terlihat dari kejauhan.

Ciri Pahawang Island ada Cottage
Ciri Pahawang Island ada Cottage
Sampai di Pulau Pahawang
Sampai di Pulau Pahawang

Setelah anda sampai anda akan di sambut dengan hamparan pasir putih yang bersih. Jika anda memiliki hobi Fotografi tempat ini bagus untuk hunting foto. Hal yang menarik disini yaitu terdapat tanaman bakau di bagian sisi belakang pulau.

Wisata Pulau Pahawang di Lampung
Bakau di Pulau Pahawang

Selain itu ada dataran yang menghubungkan Pulau Pahawang dengan Pulau sebelahnya sehingga anda dapat menyebrang ke pulau sebelahnya jika kondisi lau surut.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Air Tawar dan Gunung yang Indah di Indonesia
Keindahan Pulau Pahawang
Dataran Penghubung ke Pulau Lain

Dengan kondisi habitat yang masih asli cocok untuk bersnorkeling ria melihat keindahan ikan dan terumbukarang di sekitar pulau ini. Jika hari libur seperti Sabtu dan Minggu tiap pagi Pulau Pahawang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jika anda berkeinginan berkunjung ke tempat ini sebaiknya mengajak teman anda yang banyak sehingga biaya lebih ringan. Selain itu bawa bekal dan logistik yang banyak untuk makan siang karena anda akan lama di sana.

Snorkeling Pahawang Island Lampung
Snorkeling Pahawang Island Lampung

Selain di Pulau Pahawang anda juga bisa ke pulau kelagian sambil perjalanan pulang. Nah apakah anda tertarik mengunjungi Pulau Pahawang untuk mengisi liburan anda? Biaya dan rasa capek akan terbayarkan jika anda sudah menginjakkan kaki di Pahawang.

16 comments

  1. pak mau tanya ,kalau dari teluk betung ,ngeteng naik amgkot ada yang ke pelabuhan ketapang gak???denger2 harus ke hanura dulu,tolong informasinya

  2. gan bisa tolong jelasin gak jalan dari bandar lampung kesono kalo naek motor atau mobil pribadi??

    1. Misal anda lewati bundaran gajah bandar lampung – lurus melewati Masjid Agung Al Furqon – Lurus Menuju Teluk – Menuju ke Arah Pantai Mutun – Lurus Melewati pasar Hanura – Sekitar 15 Km dari Hanura kamu nemuin GAPURA TNI AL, lokasinya sebelum pantai KLARA (Kelapa Rapet). Kamu berhenti di gapura TNI AL itu karena disitu dermaga untuk menyebrang ke Pulau Pahawang…Page Google Maps aja soalnya tempat itu terdeteksi sama satelit kok 🙂

  3. kang mau tanya disana menyediakan penginapan ga? kalo menyediakan boleh minta CP orang sna ga ? makash

  4. Penginapan yg menurut mas paling layak dan enak itu di daerah mana ya? Tolong rekomendasi nya ya.makasih ya

  5. gan mau nanya” ini kalau hotel atau penginapan yang deket sana ada eggak ? , atau penginapan yang terletak di pinggiran pantai .
    trus wisata” apa saja yang bagus di daerah lampung yang wajib kalau ke lampung . ?
    mintak info nya mas .
    maksi sebelum nya . :ok:

    1. untuk penginapan dekat pahawang tidak ada, namun anda bisa menginap di hotel di Bandar Lampung karena hotel di B. Lampung ke pinggir pantai sebelum ke pulau pahawang cuma 1 jaman. Klo di lampung tempat wisata banyak, seperti pulau pahawang, teluk kiluan (melihat lumba2), danau ranau, way kambas (Gajah), pantai krui

  6. Kak mau nanya dong, Rencana tanggak 28ini saya mau kesana, tapi cuma 2orang, itu gimnaa kak? Bisa gk ke pahawang cuma 2orang, Biasa nyaa kan minimal untuk 10orang, trimakasih

    1. kalau pas hari biasanya biasanya pengunjung sedikit jadi biaya kapalnya sedikit mahal. Klo pas hari libur bisa berbarengan yang tidak memiliki rombongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.