BERHASIL!!!, Cek Keaslian HP Android Original, Replika atau Palsu

Cara berikut berhasil dilakukan untuk mengecek apakah Smartphone Android Anda Original, Replika atau Palsu.  Sebenarnya saya sudah pernah menulis cara cek Android Samsung Galaxy Series yang asli atau yang palsu.  Namun pada tulisan ini saya akan menjabarkan lebih detail bagaimana cara mengeceknya sehingga anda tau semua dengan smartphone anda apakah benar-benar ori atau tiruan.

Ada beberapa prosedur dan langkah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah Smartphone Android anda benar ori atau palsu.  Langkah-langkahnya meliputi pengecekan software dengan perintah khusus dan memperhatikan kondisi fisik barang itu sendiri.  Baiklah berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

Mengecek Keaslian Samsung Android

A. Cek Perangkat Android

Seperti yang sudah saya ulas pada tulisan sebelumnya yaitu ada beberapa perintah yang bisa kita lakukan agar mengetahui.

1. Angka Pengecekan

mengecek keaslian Android

Setiap jenis brand memiliki angka untuk mengecek navigasi dan perangkat di dalamnya misalnya Sony / Soner *#*#7378423#*#* sedangkan kalau samsung *#0*#.  Jika tidak muncul maka dipastikan palsu, berikut tampilan Samsung saya jika menekan angka  *#0*# . Namun ada juga HP Android yang palsu masih dapat memunculkannya, maka langkah selanjutnya yaitu cek IMEI-nya.

2.  IMEI

Angka tersebut untuk mengecek kode IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) anda, Jika smartphone Android anda asli maka akan muncul nomor IMEI-nya, jika tidak muncul palsu.

IMEI Android Tablet ku

Selanjutnya cek IMEI anda di situs Online di www.imei.info Masukkan nomor IMEI HP anda lalu CHECK

Cek IMEI Android
Setelah itu akan muncul spesifikasi handphone anda, pastikan apakah benar tipe dan jenis yang muncul tersebut sama dengan HP anda.

 Cek Keaslian Android

3. Gunakan Aplikasi AnTuTu Benchmark

Donlot aplikasi AnTuTu Benchmark untuk mengecek detail spesifikasi SMartphone Android anda, kemudian samakan dengan spesifikasi saat anda menegceknya di www.imei.info sebelumnya.  Jika spesifikasinya sama maka asli kalau beda jelas palsu.

4. Situs apps.opera.com

Android yang Original

Jika anda masih ragu kunjungi situs apps.opera.com, tujuannya yaitu untuk mendeteksi device Android anda asli atau palsu.  Caranya setelah anda buka situs tersebut di browser Android anda lihat paling bawah maka akan muncul tulisan "Your device is Android generic Generic Android 4.0". Namun jika Android anda palsu maka tulisannya yaitu "Your device is Android Generic Android"

5. Kualitas Foto dan Ukuran File-nya

Cara selanjutnya yaitu cek kualitas foto dan deskripsi dari foto yang diambil dari Android anda.  File dan kualitas gambar Android yang ori lebih bagus dan besar, misal pada setting kamera maksimum 13 Mp maka filenya sekitar 2-3 Mb. Kalau non ori hasil foto pada setting 13 Mp , filenya cuma 500 Kb.  Kemudian pindahkan foto hasil foto anda tersebut ke komputer kemudian cek deskripsinya dengan cara Properties -> Details pada gambar seperti berikut.

[sociallocker]Cara Cek Keaslian Android Lewat Komputer[/sociallocker]

6. Kecepatan Install Aplikasi

Jika Android asli maka dalam donlot dan install aplikasi dari Google Play lebih cepat.

B. Cek Kondisi Fisik

Perhatikan segel pada kotak kemasan, pastikan segelnya berhologram.  Kemudian perhatikan layar Smartphone anda.  Jika ori maka layarnya benar-benar berkualitas (bening) dari pada yang palsu.

Mungkin itu beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek keaslian Smartphone Android anda.  Perlu anda lakukan seperti yang saya ulas di tulisan ini saat anda membeli Smartphone.  Hal tersebut dikarenakan saat ini banyak sekali smartphone Android yang tiruan alias tidak original yang dapat merugikan anda.  Oleh karena itu beli-lah Smartphone di gerai toko brand masing-masing di kota anda yang sudah terjamin keasliannya, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

276 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.