Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Pesawat

Pesawat merupakan salah satu mode transportasi yang memiliki peminat cukup tinggi. Hal ini dikarenakan jika menggunakan pesawat dapat tiba lebih cepat di kota tujuan. Namun dikarenakan harga yang relative lebih mahal membuat tidak semua orang dapat mengakses kendaraan ini.

Bagi Anda yang sudah terbiasa bepergian dengan pesawat pasti sudah mengetahui barang apa saja yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat. Namun, jika Anda baru pertama kali menggunakan transportasi ini, berikut beberapa barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat yang harus diketahui:

Daftar Isi

Barang-Barang Yang Dilarang Di Kabin

Berdasarkan dariPeraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 185 Tahun 2015, barang-barang yang tidak boleh dibawa ke kabin:

Cairan, Aerosol, dan Gel

Pada dasarnya bukan mutlak tidak boleh, namun dibatasi yaitu 100ml. Untuk Obat-obatan, peralatan mandi, minuman, dan kosmetik ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam penyimpanannya:

Untuk beberapa maskapai tertentu, benda yang berbentuk cairan, gel, dan aerosol harus dimasukkan ke dalam kantong plastik transparan khusus yang disediakan pihak maskapai atau pengelola bandara, kemudian disegel.

Setiap penumpang hanya boleh membawa satu kantong bawaan berisi bahan-bahan tersebut.

Memang tidak ada ketentuan khusus mengenai bawa botol kaca di pesawat, misalnya parfum atau yang lainnya. Namun pada umumnya tidak masalah asalkan tidak melebihi batas ukuran.

BACA JUGA:  Bisakah Mengetahui ID LINE Orang di Contact Line Kita?

Senjata Tajam, Senjata Api dan Replikanya

Semua benda yang memiliki ujung tajam tidak boleh dibawa kedalam tas kabin. Mainan ataupun replika dari senjata juga tidak boleh dibawa. Selain itu, alat kecantikan seperti pinset alis, gunting kuku atupun alat meni pedi juga tidak diizinkan untuk dibawa ke kabin. Semprotan merica ataupun alat pelumpuh untuk menjaga diri juga tidak diperbolehkan untuk dibawa.

Hal ini dikarenakan untuk keselamatan para penumpang di kabin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seandainya Anda ingin membawanya harus dimasukkan di bagasi bawah. Dan untuk beberapa barang terdapat tambahan regulasi yang harus dilengkapi.

Power Bank

Apakah Anda ingat kejadian powerbank yang meledak di dalam pesawat ketika penerbangan berlangsung? Semenjak saat itu, peraturan untuk membawa powerbank lebih diperketat. Untuk power bank dengan kapasitas 100Wh-27000mAh boleh dibawa kedalam kabin pesawat.

Namun untuk diatas itu harus ada persetujuan pihak maskapai. Sedangkan untuk kapasitas lebih dari 10Wh tidak boleh dibawa ke pesawat baik di kabin atupun bagasi bawah. Selain itu Anda tidak boleh menggunakan selama penerbangan berlangsung.

Barang Yang Mudah Terbakar atau Meledak

Semua benda ataupun cairan yang gampang terbakar atau meledak tidak boleh dibawa kedalam kabin pesawat. Lalu bagaimana dengan korek api? Untuk beberapa maskapai, Anda diperbolehkan membawanya dengan syarat cairan sudah dikosongkan atau tidak dalam jumlah banyak.

BACA JUGA:  Tampilan BBM Android Terbaru Juli 2015

Benda Yang Dapat Melukai/ Instumen Pemukul

Anda tidak diperbolehkan membawa barang benda tumpul yang dapat melukai orang lain seperti tongkat baseboll, stik hoki, dayung, dan sejenisnya.

Produk Terbuat Dari Hewan

Produk yang dimaksud berupa susu dan keju serta bahan mentah. Hal ini untuk mengurangi adanya kontaminasi bakteri dari bahan-bahan tersebut yang dapat menginfeksi siapa saja yang berada di pesawat

Benda Atau Makanan Yang Berbau Tajam

Durian, Nangka, Petai, Jengkol, Terasi, Petis, dan Keju yang memiliki bau menyengat sebaiknya tidak dibawa ke kabin pesawat. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu kenyamanan para penumpang lainnya.

Tanaman Hidup atau Produk Tanaman

Apabila Anda ingin membawa tanaman hidup dari suatu daerah maka ada beberapa regulasi yang harus diikuti. Dan benda tersebut disimpan di bagasi bawah. Lalu bagaimana dengan benih dan akar? Kedua benda tersebut juga harus memiliki surat dari pihak karantina bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

close