Backup dan Restore Data di BlackBerry secara Online via PC

Membackup data dari suatu smartphone perlu dilakukan.  Hal ini dilakukan untuk berjaga – jaga apabila smartphone anda hilang atau rusak sehingga data penting anda dapat diselamatkan.  Dalam membackup data ada dua cara yaitu secara offline maupun online.  Pada kesempatan ini saya akan share bagaimana cara membackup data di BlackBerry secara Online.

Untuk membackup data BlackBerry secara online kita memerlukan sebuah aplikasi yaitu BlackBerry Protect.  Biasanya ketika anda membeli Handphone BB maka aplikasi ini sudah terpasang, jika belom silahkan anda download di AppWorld Blackberry.  Cara pengaktifannya gampang sekali yaitu anda harus memasukkan BlackBerry ID anda. Apa itu BlackBerry ID? lebih jelasnya silahkan anda baca mengenai hal ini di tulisan yang berjudul “Cara Melacak BB yang Hilang“.

BACA JUGA:  Syarat Membuat Animasi GIF Bergerak di DP BlackBerry

Sebenarnya cara backup secara online ini ada dua cara yaitu anda bisa membackup langsung dari aplikasi BlackBerry Protect maupun melalui situsnya https://protect.blackberry.com.

Backup & Restore Data BlackBerry Melalui Aplikasi BlackBerry Protect

  1. Sama saja untuk mengaktifkan aplikasi ini anda harus login menggunakan BlackBerry ID anda
  2. Kemudian anda buka aplikasi tersebut, untuk membackup silahkan pilih menu “Cadangkan Sekarang”
  3. Backup Data BlackBerry via BB Protect
  4. Untuk Merestore data pilih menu sebelahnya “Pulihkan dari Cadangan”

Restore Data BlackBerry via BB Protect

 

Backup & Restore Data BlackBerry Melalui Situs BlackBerry Protect

  1. Data yang anda backup tadi dari aplikasi BB Protect akan tersimpan di situs BB Protect secara otomatis.
  2. Nah jika anda ingin membackup data melalui situs BB Protect silahkan anda logi dengan menggunakan BlackBerry ID yang sama dengan BB ID yang digunakan untuk login di aplikasi BB Protect, setelah itu anda akan masuk ke halaman akun BB Protect, pilih menu “My Data“.
  3. Pada menu tersebut ada tabel yang menjelaskan kapan ukuran file yang terbackup.   Untuk membackup via situs ini tinggal pencet “Backup Now
BACA JUGA:  Mengunci HP BlackBerry dari Jarak Jauh (Komputer)
Backup data blackberry via Online
Picture From Site BlackBerry Protect

Nah itulah cara membackup data Blackberry yang bisa saya jelaskan.   Keberhasilan backup diatas ditentukan dengan bagus/tidaknya koneksi internet, hal tersebut dikarenakan untuk membackup perlu koneksi internet untuk menyambungkan aplikasi dan situs BlackBerry Protect. Demikian semoga bermanfaat bagi anda & Selamat mencobanya.

24 comments

  1. Slmt malam menjelang subuh Pak. Mau nanya dikit, apakah bisa file yg sudah kt cadangkan ke situs BB Protect tersebut kt buka melalui Website? Kl bs, mohon petunjuknya.

  2. Selamat malam menjelang subuh pak. Apakah bisa smua yg sudAh kita BackUp di bb protect kita restore kembali tanpa Hp BB alias melalui PC/Laptop. Klo bs gmn cara’y pak sementara di Web BB Protect cm ada menu Restore dan klo kita Restore file2 tersebut ada’y dmn pak??? Trims

    1. Jika Blackberry proect anda aktif dan terhubung ke situs BB Protect maka anda bisa restore dari situs tersebut, secara otomatis data yg restore tadi akan mengarah ke BB anda.

  3. Selamat malam pak, td pagi saya mendonlot ulang bb protect krn bb saya di instal ulang shg smua data sya hilang. Na td pas saya slese donlot bb protect mst’ny yg saya lakukan adalah mengkklik option restore agar bisa memanggil kembali data yg telah terback up dahalu. Tp td saya malah mengklik option back up, na begitu saya mau restore yg terestore adalah data terakhir yg terback up dan bkn data lama saya. Kan bpk blg bisa merestre via web bb protect, saya udh berjam2 pak nyoba utk merestore ulang data saya via web,na yg sya mau tnya bisa gk sya restore data yg ad di my data yg di tanggal back terakhir 27 agustus.. Gmn cara’ny pak, hsl back up itu lari (kesimpen dmna) trus gmn supaya sya bisa restore data sya itu dan bisa balik lg ke bb sya.. Sya mhon bantuan’ny pak, udh pusing sya otak atik’ny.. Tks

    1. anda login ke situs blackberry protect, disitu anda bisa melihat data history backupan anda yg lama..backup lewat website bukan dari aplikasi di BB 🙂

  4. Om, kalo aku mau ngerestorenya ke android gmn ya?mohon penjelasannya. Terimakasih:)

  5. pak kalo backupnya saya save di sdcard cara restore contact dari bb ke android gimana donk caranya?

    1. backup aja dari Blackberry protect anda, lalu gunakan login email dan password anda di BBM Android maka otomatis kontak BBM di BB muncul di BBM Android

  6. Pak. Kalo menghapus arsip yg sudah di backup melalui bb protect secara on line tanpa menyentu hp bisakah??? soalx yg saya arsipkan pelacakan lokasinya tidak aktif. Kalo arsip sebelumnya aktif. Mohon bantuanx pak hp sy hilang

  7. mao mengembalikan arsip backup lama dari web bb protect ke perangkat bb gmn?
    karena di web bb protect hanya ada backup gak ada restore.
    trims.

  8. saya backup data via bb protect di browser,tatapi tanggal backup nya kok mundur yah? misalnya sekarang tanggal 22 oktober 2014,tapi backup yang tersimpan selalu backup yang tanggal 17 oktober terus?

  9. saya pengguna BB di android (jelly bean), lalu kmrin ad tulisan upgrade saya upgrade.. tapi bbm malah jadi lemot.. sebagian grup juga gambarnya hilang. Nah, pertanyaan saya, apakah saya bisa download d versi sebelumnya?????? dan apakah kontak dan grup yang ada itu hilang ?
    soalnya ada teman saya yang BB nya tidak bisa dibuka itu download lagi dan dapat pin baru dan semua kontaknya hilang… padahal dia pas daftar pakai email yang dipke di BBM sebelumnya…..
    saya takut kalo BB saya d andro saya hapus terus download lagi jadi hilang kontak dan grupnya….
    Bagaimana solusinya ?????
    trims…..

  10. Selamat sore,
    Mas, mau nanya. Apakah data chat bbm yg dihapus di bb msh ke backup di blackberryprotect?
    Terima kasih

  11. Maaf Bang mau tanyq bagaimana caranya mengambil catatan di memopad yang sudah terbackup di balckberry protect langsung diambil ke android.
    Makasih banyak sblmnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.