Apa Itu fps (Frame per Second) di Game Komputer?

Jika anda seorang gamer pasti tidak asing lagi dengan istilah fps (frame per second), namun jika belum tau akan saya jelaskan pada tulisan ini.

fps adalah jumlah gambar yang dimuat atau dijalankan dalam hitungan per detik pada suatu game. Biasanya fps ini digunakan untuk mengukur kinerja dari sebuah komponen komputer terutama processor dan VGA yang anda gunakan. Untuk mengetahui Frame per Second tersebut diperlukan software seperti FRAPS.

mengukur fps game

Fraps akan memunculkan jumlah fps setiap anda memainkan game komputer yang muncul berupa angka. Game dikatakan baik dan lancar dimainkan di komputer  jika berada di kisaran 30 - 60 fps.

BACA JUGA:  Daftar Harga Paket Internet Kuota Smartfren Terbaru

Semakin tinggi fps maka kualitas game semakin bagus, namun tingginya angka fps tersebut harus diimbangi dengan spesifikasi komputer dan kartu grafis yang tinggi sehingga tidak terjadi overheat yang akan memperpendek umur komputer anda.

Jadi untuk anda hobinya gaming minimal siapkan budget diatas 4 juta untuk merakit sebuah komputer atau membeli laptop untuk mendapatkan fps standar. Bagi anda yang ingin merakit sebuah PC untuk gaming bisa membaca tulisan saya "Rincian dan Dana Merakit PC Game".

Kesimpulan dari fps

BACA JUGA:  Cara Menampilkan Jalan 3 Dimensi di Google Maps Komputer

1.) fps adalah satuan untuk mengukur jumlah gambar yang dimuat atau dijalankan dalam hitungan per detik. 2.) fps terbaik kisaran 30-60 fps. 3.) semakin tinggi fps maka semakin diperlukan tindakan upgrade komponen komputer anda.

Demikian tulisan mengenai apa itu fps pada game komputer, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.