Fungsi Tulang Kering di Kakimu

Taukah Anda tulang kering merupakan salah satu dari tulang dibawah lutut yang memiliki ukuran paling besar? Selain itu, tulang kering juga merupakan tulang yang paling kuat karena harus menahan beban tubuh yang sangat berat.

Apakah Anda hapal apa saja nama tulang yang menyusun rangka manusia serta fungsinya? Mungkin hanya beberapa jenis tulang saja yang kita hapal dan tau fungsinya, terutama tulang bagian badan keatas. Akan tetapi kita sering lupa jenis tulang dibagian kaki terutama dibagian bawah lutut.

fungsi tulang kering

Tulang kering dan Tulang betis merupakan dua tulang terbesar yang berada pada bagian kaki. Dan pada artikel ini, akan dibahas terkait fungsi tulang kering yang hampir dilupakan oleh manusia.

Fungsi Tulang Kering

Berikut berbagai fungsi tulang kering yang harus diketahui:

Penghubung Lutut dan Pergelangan Kaki

Tulang kering memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara bagian lutut dengan pergelangan kaki manusia. Terhubungnya dua bagian ini membantu pergerakan kaki manusia menjadi lebih optimal.

Penyangga atau Penopang Tubuh Bagian Atas

Apabila Anda memiliki tulang kering yang sehat, maka bagian kaki akan menjadi lebih kuat. Sehingga kaki dapat lebih kuat dalam menopang tubuh bagian atas atau berat badan yang dimiliki.

Penyangga Otot Tungkai Kaki

Otot yang dimiliki dibagian tungkai kaki disangga atau tertempel di tulang kering. Apabila otot yang menempel berada pada posisi baik maka pergerakan bagian kaki akan menjadi lebih baik dan optimal.

Penjaga Keseimbangan Tubuh

Apabila Anda memiliki kondisi tulang kering yang sehat dan optimal maka segala aktivitas yang dikerjakan seperti berjalan, berlalri,ataupun melompat akan lebih optimal dan Anda tidak akan mudah terjatuh.

Penggerak Pergelangan Kaki

Seperti yang telah dijelaskan pada fungsi tulang kering sebelumnya, bebasnya pergelangan kaki untuk bergerak dipengaruhi oleh kondisi tulang kering yang optimal atau tidak.

Kondisi yang Mengganggu Fungsi Tulang Kering

Dikarenakan fungsi tulang kering yang cukup penting untuk pergerakan Anda sehari-hari.ada beberapa kondisi yang mengganggu kondisi dan fungsi tulang kering. Berikut diantaranya:

Cedera Tulang kering

Cedera tulang kering adalah kondisi nyeri yang menyerang dibagain depan atau dalam kaki dibawah lutut. Hal ini bisa dikarenakan adanya peningkatan aktivitas yang menyebabkan tulang terlalu banyak bekerja. Gejala ringan yang dialami adalah nyeri otot, sedangkan yang parah bisa ada pergeseran tulang.

Patah Tulang kering

Patah tulang adalah kondisi dimana terputusnya kontinuitas jaringan tulang. Kondisi ini biasanya terjadi jika terjadi benturan yang cukup keras pada bagian tulang kering.

Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi keropos dan rapuh karena kekurangan kalsium. Pada umumnya osteoporosis terjadi pada tulang pinggang, tangan, dan punggung. Akan tetapi tulang kering juga dapat mengalami kondisi tersebut yang mengakibatkan tulang kening menajdi lebih mudah patah.

Kanker Osteosarcoma

Kanker jenis ini biasanya menyerang tulang manusia yang berukuran besar dan yang memiliki tingkat pertumbuhan cepat seperti tulang paha, tulang kering, dan tulang lengan atas. Kanker jenis ini rentan dialami oleh anak-anak dan remaja.

Setelah Anda mengetahui fungsi dan berbagai cedera yang dapat dialami oleh tulang kering, maka perlu adanya kesadaran dalam menjaga kesehatan tulang kering seperti halnya seluruh tulang. Anda dapat merawatnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Jika perlu dapat ditambah dengan suplemen tambahan seperti susu kalsium, vitamin D dan vitamin K2.

Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa cara agar menghindari tulang kering mengalami cidera saat beraktivitas, dianataranya:

  • Lalukan pemanasan dan perenggangan sebelum melakukan olahraga dan lakukan pendinginan setelah melakukan olahraga
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan tepat untuk berolahraga. Penggunaan sepatu yang tepat dapat menghindari terjadinya cedera saat berolahraga.
  • Jangan berlebihan dalam melakukan olahraga
  • Jika Anda memiliki kelebihan berat badan, maka sebaiknya Anda mulai untuk menurunkan berat badan menjadi lebih ideal untuk mengurangi beban kerja tulang kering.

Itu tadi bacaan fungsi tulang kering. Semoga dapat menambah pengetahuan terkait tulang kering. Terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.