Bagaimana Cara Efektif Menggunakan Whatsapp untuk Berjualan

Menurut data dari Hootsuit pada Januari 2019, menyatakan bahwa aplikasi Whatsapp adalah aplikasi kedua paling banyak dipakai di Indonesia, setelah Youtube. Hal ini menyatakan bahwa memang Whatsapp adalah aplikasi yang paling favorit di Indonesia untuk melakukan komunikasi.Sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan untuk lebih meningkatkan penggunaan Whatsapp dibandingkan hanya untuk obrolan saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini grup obrolan di Whatsapp sangatlah populer, bahkan diketahui bahwa rata-rata orang Indonesia paling tidak memiliki 1 grup whatsapp. Sehingga hampir semua pengguna whatsapp yang merupakan 81% masyarakat Indonesia ini, terlibat dalam percakapan group. Ini juga menyiratkan bahwa betapa efektifnya jika kita saling berbagi informasi dengan menggunakan media grup whatsapp itu sendiri.

Namun ada banyak hal yang harus diingat, bahwa tidak semua orang menyukai dalam menerima informasi yang terlalu sering, apalagi disertai dengan gambar. Mungkin ada tipe grup whatsapp yang sangat menyukai membagikan gambar-gambar lucu tapi tidak semua orang menyukainya.Agar bisa menggunakan Whatsapp dengan efektif untuk berjualan sekiranya harus mengingat dan mempertimbangkan hal-hal seperti dibawah ini:

1. Membagikan informasi yang relevan

Terkadang kita sangat suka jika kita dianggap sebagai sumber informasi oleh orang lain. Tidak bisa dipungkiri, bahwa banyak orang yang sangat senang dan bangga jika bisa membagikan informasi terupdate lebih dulu dibandingkan dengan orang lain. Hal inilah yang memicu banyaknya informasi yang disebarkan atau dibagikan melalui aplikasi Whatsapp.

Maka itu, perlu diperhatikan para pengguna Whatsapp agar dalam memberikan informasi di setiap grupnya harus relevan dan etis. Pastikan pula informasi tersebut adalah fakta, bukan hoax yang diviralkan.

2. Mengerti dan memahami, siapa saja yang tergabung dalam grup

Mengerti dan memahami disini, bukan berarti kita harus mengenal semua orang yang ada pada grup tersebut.Namun, setidaknya mengerti alur grup tersebut.

Sehingga kita bisa memberikan informasi yang pantas dan ideal untuk setiap grup. Setidaknya, kalian bisa memberikan informasi yang berlebihan dan tidak jelas asal usulnya.

3. Sarana berbagi informasi

Dengan Whatsappkalian dapat mendapatkan informasi mengenai peluang bisnis baru, informasi pekerjaan baru ataupun informasi menyenangkan lainnya

Agar bisa memaksimalkan peluang bisnis, kalian harus pandai menempatkan diri saat mengirim konten di Whatsapp. Terlebih lagi, jika kalian ingin berjualan di grup Whatsapp.

Pertimbangkan untuk meminta izin admin sebelum mengirimkan gambar produk jualan. Jangan sampai menimbulkan konflik atau rasa tidak suka dari peserta grup. Kecuali, memang ini adalah grup khusus untuk berjualan produk apa pun.

Jangan ragu, yuk berjualan dan memasarkan produk kalian via Grup Whatsapp berbekal tips-tips di atas. Semoga sukses!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.