3 Langkah Kompres File PDF Menjadi 500kb & 700kb

Jika kalian ingin daftar CPNS maka diwajibkan upload berkas ukuran maksimal 700kb & 500kb, berikut ini cara kompres file PDF menjadi 700kb.

Untuk mengecilkan file PDF menjadi 500 kb & 700 kb kita memerlukan 2 software yaitu Adobe Photoshop dan Microsoft Word minimal 2007. Berikut cara melakukannya

3 Langkah Menegcilkan File PDF

Misalnya saya memiliki 1 file PDF dengan ukuran 6,5 MB seperti berikut ini, kemudian saya akan mengecilkan ukuran filenya.

3 Langkah tersebut yaitu 1. Ubah file PDF ke JPEG 2.Kompres File JPEG agar kecil 3.Simpan kembali ke PDF

1.Langkah pertama silahkan kalian buka Adobe Photoshop, kemudian pilih menu File -> Open (Atau Tekan tombol CTRL O).

Selanjutnya pilih file PDF yang akan dikecilkan, lalu klik OPEN.

Pilih Image kemudian pilih semua file halaman PDF dengan memilih foto dengan tombol CTRL, kemudian klik OK.

2. Langkah kedua kisa kompres dan menyimpan file PDF ke JPEG dengan cara pilih menu File -> Save as.

Pada format ubah ke jenis JPEG lalu SAVE. Pada JPEG option silahkan kalian tentukan Quality dengan memperhatikan ukuran file setelah disimpan, semakin low quality maka kualitas gambar menurun. Untuk format Options pilih Baseline saja ya. Kemudian pilih OK. Lakukan hal yang sama pada halaman PDF selanjutnya.

3. Langkah ke tiga yaitu menyimpan file JPEG ke PDF kembali melalui Ms Word. Caranya silahkan buat file baru kemudian pilih menu Insert -> Picture.

plih semua file PDF yang sudah disimpan dalam bentuk JPEG tadi, lalu silahkan pilih menu File -> Save.

Yang perlu diperhatikan yaitu jenis file pada Save as Type. Ubah ke PDF. Lalu pada Optimize For pilih Minimum size. Jika sudah klik SAVE. Maka hasil akhirnya dari 6,5 Mb akan berubah menjadi dibawah 700kb.

Untuk jelasnya silahkan tonton video ini:

Demikian cara kompres file PDF selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.