Komponen Drone Racing Rakitan yang Harus Dibeli

Sebelum kita merakit drone racing sendiri maka yang perlu disiapkan yaitu membeli part atau komponen yang diperlukan. Berikut saya berikan beberapa komponen yang digunakan dalam merakit drone.

Komponen yang Harus Dibeli untuk Merakit Drone Rakitan

Komponen Drone Rakitan
Komponen Drone Rakitan

Berikut ini list part drone rakitan yangsudah saya beli dan nantinya saya akan tulis cara merakitnya dari awal hingga akhir.

1.Frame Drone

Ada dua jenis frame drone rakitan yaitu drone racing dan drone freestyle. Untuk drone racing ukurannya lebih kecil (X Frame) dibanding frame drone freestyle. Selain itu posisi letak batrei untuk drone racing berada di bawah frame. Dalam gambar ini saya menggunakan frame QQ190. Frame ini keluaran dari Team Black Sheep yaitu harus impor dari Hongkong.

2. Motor

Untuk kalian yang baru akan emrakit drone gunakan motor ukuran 22xx dengan besaran 2300 Kv agar mudah dikendalikan saat terbang. Pada gambar ini motor yang digunakan yitu T-Motor Air 40 2450kv. Motor ini sudah 1 paket dengan frame QQ190 pada saat membelinya.

3. Flight Control

Flight Control adalah otak dari drone yang mengatur terbang dan perangkat elektronik lainnya. Bagi pemula saya sarankan gunakan FC All in One, yaitu PDB (Power Distribution Board) usdah dalam 1 board di Flight Control. Dalam hal ini saya menggunakan FC Omnibus F4 AIO yang harganya terjangkau. Namun kekurangannya yaitu sulit dalam penyolderan karena titik sodler kecil.

4. ESC (Electronic Speed Control)

Guananya mengatur putaran dari perintah FC ke Motor. Ada ESC 4 in 1 yaitu 1 board sudah include 4 ESC, namun kelemahannya jika salah satu terbakar dapat merusak komponen lainnya. Saya lebih suka menggunakan esc 1 tiap motor. Jika kalian menggunakan motor 2300 kv dapat menggunakan ESC 20 Ampere, namun jika diatas 2300 kv gunakan 30A. Dalam hal ini saya menggunakan ESC Flycolor Raptor 30A support DSHOT.

5. VTX (Video Transmitter)

Yaitu komponen yang berfungsi mengirimkan sinyal audio visual dari kamera ke receiver di goggle yang nantinya dapat ditampilkan pada layar goggle. Untuk bentuknya saya sarankan yang pada sisi pinggirnya terdapat lubang agar dapat diletakkan di atas board FC. Untuk power VTX gunakan 200 mw untuk drone race dan >600 untuk Freestyle.

Untuk konektornya ada 2 macam yaitu SMA (Lubang di tengah) dan RPSMA (Jarum Ditengah). Penting untuk diperhatikan jenis konektornya agar nantinya untuk membeli antenna VTX harus disamakan. Saya menggunakan VTX5848.

6. Receiver

Yaitu komponen yang diletakkan di drone yang menerima perintah signal dari Remot yang berada di tangan sang pilot. Banyak jenis brand receiver namun belilah sesuai dengan brand remot kalian. Karena saya menggunakan FRSKY Taranis Q X7 maka saya menggunakan receiver FRSKY XM+.

7. Kamera Drone

Karena pada saat membeli frame QQ190 sudah termasuk kamera maka buat kalian yang menggunakan frame berbeda belilah kamera dengan resolusi diatas 700 TVL misal 1200 TVL.

8. Antena VTX

Sesuaikan dengan konektor dari VTX yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Pilih arah putaran signal RHCP.

9. Komponen Pelengkap

Part lainnya yang menunjang seperti batrei strap, heatshink (Kabel Bakar), Kabel servo ukuran 15 cm, Kabel AWG 14/16, Konektor XT60.

Itulah beberapa komponen untuk merakit drone racing sendiri, lebih jelasnya lihat foto part di atas. Baca juga "Peralatan yang Diperlukan untuk merakit Drone Racing". Pada tulisan selanjutnya saya jelaskan tahapan dari awal sampai akhir merakit drone racing atau dapat kunjungi channel saya yaitu "KUSNENDAR". Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.