Trik Pintar Mengambil Foto Super Keren Hanya Berbekal Kamera Ponsel

Apakah mungkin menghasilkan foto super keren hanya dengan kamera ponsel? Berbicara tentang smartphone, mereka semakin canggih dari waktu ke waktu. Teknologi terbaru selalu ditambahkan untuk menarik minat para pengguna. Mulai dari fitur fingerprint screen lock, monitor detak jantung, IR blaster, dan yang paling banyak dicari adalah fitur kamera depan dan belakang dengan resolusi tinggi.

Tapi apakah memungkinkan mengambil foto setara dengan jepretan kamera profesional hanya dengan menggunakan lensa ponsel? Jangan salah, dengan tips dan trik di bawah ini siapa pun bisa mendapatkan gambar berkualitas setara fotografer pro.

Manfaatkan Kamera Ponsel untuk Ambil Foto dengan Trik HP Ini

1.Long Exposure Photography

Jika Anda ingin memfoto sesuatu dengan ponsel cerdas Anda untuk membuat orang lain benar-benar terkesan, teknik long exposure photography bisa menjadi andalan. Gunakan kontrol manual kamera smartphone Anda, perlambat shutter untuk mendapatkan gerakan buram yang menakjubkan dari objek yang lewat. Gunakan tripod untuk menstabilkan kamera Anda, jika tidak ingin foto Anda tampak kacau.

2. Action Shot

Berbeda dengan foto long exposure, untuk mengambil action shot dengan kamera ponsel Anda harus kembali masuk ke kontrol manual kamera dan pilih kecepatan rana yang cepat. Semakin cepat kecepatan rana, maka akan semakin sedikit cahaya yang mencapai sensor kamera. Anda bisa meningkatkan ISO untuk membuat sensor lebih sensitif terhadap cahaya.

3. Sequence of Shot

Untuk menghasilkan foto yang lebih eye-catching ketimbang foto normal yang membosankan, Anda bisa mencoba sequence of shot. Dengan burst mode yang ada di hampir semua kamera smartphone, Anda dapat mengambil beberapa aksi dalam satu foto. Untuk mendapatkan hasil yang stabil, usahakan menggunakan tripod. Selain itu pastikan setiap gerakan berurutan agar menghasilkan foto yang keren.

4. Depth of Field

Mengacu pada area foto yang fokusnya tajam, teknik foto ini juga bisa menarik banyak like dari para pengguna media sosial. Ada beberapa cara untuk menghasilkan foto depth of field ini. Salah satunya adalah dengan aperture. Semakin besar aperture yang Anda gunakan, semakin dangkal kedalaman bidang itu terlihat. Trik lain mengambil foto keren hanya dengan kamera ponsel adalah dengan mendekati subjek.

5. Mengambil Foto Makro

Berbekal lensa dan aksesori khusus membuat mengambil foto makro menjadi hal yang sangat mudah dilakukan dengan kamera biasa. Namun bagaimana dengan kamera smartphone? Padahal Anda tetap bisa mengambil foto makro dari sebuah benda hanya dengan lensa ponsel. Dekatkan kamera dengan subjek dan ketuk layar untuk mengatur fokus pada subjek. Berlatihlah hingga menemukan sudut yang tepat.

Dengan 5 trik HP pintar di atas, siapa pun bisa menghasilkan foto super keren seperti fotografer profesional meski hanya berbekal kamera ponsel saja. Tunggu apa lagi, segera bereksperimen dengan objek-objek di sekitar untuk menciptakan foto terbaik Anda!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.