Simak Cara Cerdas Atasi RAM HP Android yang Cepat Penuh Tanpa Hapus Aplikasi

RAM HP Android berguna untuk mendukung penggunaan banyak aplikasi sekaligus di layar, seperti bermain game, chatting dan internetan, sehingga membutuhkan ukuran memori yang besar agar tidak lelet dan tetap lancar digunakan. Akan tetapi, meskipun memori RAM sudah besar, kadang kala kinerjanya masih tetap terhambat karena RAM cepat terisi penuh dan sering habis.

Tentu saja hal ini wajar terjadi, karena untuk bisa membuka aplikasi berat sekaligus akan membutuhkan banyak memori di RAM. Jadi Anda membutuhkan beberapa trik untuk mengatasi persoalan RAM yang boros dan sering habis tersebut untuk memperlancar kinerja HP.

Cara Atasi RAM HP Android Cepat Habis

Hentikan Paksa Aplikasi yang Tidak Digunakan atau Berjalan Sendiri

Untuk menyisihkan memori yang penuh, Anda bisa menghentikan secara paksa aplikasi yang jarang digunakan atau berjalan sendiri. Cara ini akan membuat RAM tidak mudah terisi penuh karena penggunaan aplikasi yang boros memori, misalnya aplikasi berat berupa BBM, LINE, WeChat, Facebook Messenger, Path, Instagram dan lain sebagainya.

Cara ini bisa Anda terapkan dengan membuka menu Pengaturan pada ponsel, lalu Setelan Tambahan dan dilanjutkan Manajemen Aplikasi. Selanjutnya Anda pilih nama aplikasi yang ingin dihentikan, lalu tekan Paksa Berhenti atau Hapus Data.

Pindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke Eksternal

Memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal juga bisa digunakan untuk mengatasi RAM yang penuh, meskipun tidak bisa menghambat proses penuhnya. Cara ini bisa jadi alternatif untuk mengosongkan memori yang memiliki space kecil, sehingga mempercepat kinerja HP. Anda juga bisa menghemat penggunaan RAM HP Android dari aplikasi berukuran besar.

Untuk bisa menerapkan cara ini, Anda bisa langsung melalui smartphone yaitu dengan membuka menu Pengaturan dan dilanjutkan menu Aplikasi. Setelah itu pilih Unduhan dan cari nama aplikasi yang ingin dipindahkan. Selanjutnya pilih Pindah ke Kartu SD.

Bersihkan Cache Secara Rutin

Membersihkan cache secara rutin adalah cara merawat smartphone yang bijak. Anda setidaknya perlu menghapus cache minimal 3 kali dalam seminggu atau 3 hari sekali, cara ini sangat berguna untuk meningkatkan performa RAM HP Android Anda tetap optimal dan tidak terhambat memori yang penuh.

Selain itu, membersihkan cache juga berguna untuk mengurangi dampak error pada aplikasi, seperti LAG, Macet atau Force Close tiba-tiba. Untuk bisa menerapkannya, Anda bisa pergi ke menu Aplikasi di ponsel, lalu Setelan Tambahan dan dilanjutkan pilih Manajemen Aplikasi. Kemudian pilih nama aplikasi yang ingin dihapus cache-nya dan tekan Hapus Cache. Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembersih cache yang tersedia di playstore.

Menggunakan Aplikasi Booster

Aplikasi Booster merupakan jenis aplikasi Android yang ditambahkan untuk meningkatkan performa smartphone Anda. Aplikasi ini bisa meningkatkan penggunaan RAM HP Android agar tidak cepat penuh dan lemot. Anda bisa mendapatkannya di playstore dengan kata kunci aplikasi booster lalu instal di HP Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.