Tips Membeli Smartphone yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan

Satu pertanyaan yang pasti terlintas di pikiran saat akan ganti smartphone baru adalah “Smartphone apa yang akan saya beli?” Untuk itulah, tips membeli smartphone penting bagi Anda jika ingin memilih hp baru. Pasalnya, banyak sekali jenis smartphone dengan spesifikasi dan harga beragam, jadi terkadang bisa cukup membingungkan. Coba simak tips memilih smartphone yang tepat untuk Anda berikut ini.

Tips Membeli Smartphone Menurut Harganya

  1. Memilih Sistem Operasi yang Disukai

Apakah Anda lebih cocok dengan operating system (OS) Android atau iOS? Hal ini menjadi penentu karena rata-rata smartphone menggunakan kedua sistem operasi tersebut. OS juga menentukan kenyamanan Anda dalam memakai smartphone. Ada baiknya Anda memilih OS sama seperti yang digunakan selama ini agar lebih terbiasa.

2. Menyesuaikan Harganya dengan Budget

Apa Anda membutuhkan smartphone yang mewah? Haruskah Anda mengeluarkan uang hingga belasan juta rupiah untuk smartphone? Pasalnya, seringkali banyak fitur ponsel pintar yang sebenarnya jarang kita pakai. Mungkin, Anda perlu mempertimbangkannya lagi, apakah hp itu sebagai prestige atau alat berkomunikasi. Barulah beli smartphone yang harganya sesuai dengan bujet Anda.

Tips Membeli Smartphone Berdasarkan Spesifikasinya

1.Pertimbangkan Fitur yang Terpenting

Fitur apakah yang menurut Anda paling penting dari smartphone? Apakah baterainya, kameranya, atau mungkin harganya? Anda perlu memastikan smartphone tersebut paling sering Anda gunakan untuk keperluan apa. Pertimbangan ini bisa membantu mempersempit pilihan Anda, jadi makin mudah bagi Anda untuk memilih satu yang paling dibutuhkan.

2. Apakah Smartphone Benar-Benar Menjadi Kebutuhan?

Apakah Anda sungguh-sungguh membutuhkan smartphone? Kalau selama ini Anda hanya menggunakannya untuk menelepon, berkirim pesan dan sekedar browsing internet, maka bisa jadi Anda sebenarnya tidak membutuhkannya. Kecuali, Anda memiliki tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda memiliki smartphone, untuk berkirim email, membalas chat customer dan lain sebagainya.

Tips Membeli Smartphone berdasarkan Waktu yang Tepat untuk Beli

1.Menentukan Kapan Waktunya Ganti Smartphone

Tips memilih smartphoneyang tepat adalah tidak membelinya saat hp tersebut baru saja dirilis. Pada saat itu, harganya masih paling tinggi dan bisa jadi membuat Anda lebih boros. Coba tunggu beberapa bulan misalnya 2-3 bulan saja, biasanya harga smartphone yang Anda inginkan tersebut sudah turun sehingga Anda bisa lebih hemat ketika membelinya.

2. Tidak Masalah Jika Belum Ingin Ganti Hp

Meski smartphone Anda tergolong jadul, tidak berarti performanya meredup, bukan. Jika memang smartphone lawas Anda masih bisa berfungsi dengan sangat baik serta normal, karena Anda telaten merawatnya, maka bisa ditunda dulu beli hp yang baru. Anda pun bisa membelinya nanti saja, ketika hp lama Anda sudah benar-benar rusak atau tidak berfungsi lagi.

Demikianlah sejumlah tips membeli smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.