6 Penyebab Laptop mati Sendiri

Ketika laptop mati sendiri Anda sudah pasti kesal, apalagi jika Anda sedang serius-seriusnya mengerjakan tugas atau Anda sedang asyik bermain game tiba-tiba saja laptop Anda mati tanpa alasan yang jelas.

Kejadian seperti hal tersebut terjadi kemungkinan disebabkan karena masalah hardware, monitor, laptop dan juga tegangan listriknya. Di bawah ini ada beberapa penyebab dan juga cara mengatasi laptop yang mati tiba-tiba

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

1.Laptop yang Mati Secara Tiba-Tiba karena Masalah pada RAM

Anda bisa membersihkannya secara rutin tentu hal tersebut akan meminimalisir laptop yang mati secara tiba-tiba. Gunakan lap atau tisu kering dalam membersihkan kotoran dan juga debu dan kekuningan pada bagian atas nya. Selain itu untuk mencegahnya Anda bisa menghindari tempat-tempat yang memiliki banyak sekali debu atau kotoran agar tidak menempel di laptop.

2. Penyebab Laptop yang Mati Karena Panas (Overheat)

Penyebab yang sering terjadi jika laptop mati sendiri adalah karena mesin laptop yang cepat panas. Sedangkan laptop yang cepat panas dikarenakan pengguna yang menggunakan laptop di tempat yang ringan seperti bantal, kasur atau karpet berbulu dan lainnya. Cara penggunaan yang benar yakni pastikan alas yang digunakan rata dan keras sehingga tidak mengganggu sirkulasi keluar masuknya udara.

3. Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati Karena Mainboard Bermasalah

Mainboard yang bermasalah karena laptop sudah berumur, kegiatan multitasking, Mainboard laptop memiliki spesifikasi yang tidak update, dan banyaknya aplikasi dapat menguras tenaga komponen tersebut.

Mainboard dengan versi terlama jika digabungkan dengan aplikasi modern akan membuat laptop sering crash, hang, bahkan mati sendiri. Cara mengatasinya, upgrade komponen yang ada dengan perangkat baru. 

4. Laptop yang Mati Sendiri Saat Main Game

Masalah ini biasanya terjadi pada pengguna laptop yang menggunakan laptop biasa untuk gaming. Karena laptop biasa tidak memiliki spesifikasi yang dibutuhkan pada saat gaming. Kalau Anda menggunakan laptop bisa untuk gaming maka tidak di pungkiri hal itu akan membuat laptop hang, cepat panas dan akhirnya mati sendiri.

5. Penyebab Laptop yang Mati karena Pasta Processor Kering

Pasta Processor berfungsi menghambat panas Processor menuju Heat Sink. Hal ini dapat berpengaruh kepada  kerusakan komponen prosesor dan berakibat laptop mati sendiri Pasta atau Thermal Processor yang mengering, bisa diatasi dengan mencoba mengganti atau membeli Thermal Pasta lalu mengoleskannya secara merata di bawah kipas Processor Anda. 

6. Laptop yang Mati pada Saat Baterai Belum Habis

Baterai laptop memang belum habis total, biasanya tersisa 7%, 10%, atau 15%. Laptop memiliki pengaturan tentang daya baterai yang memberikan pemberitahuan ketika daya baterai akan habis. Tetapi jika kita tidak menghiraukan hal tersebut dan tidak langsung charger maka laptop akan mati sendiri. Maka kita harus selalu perhatikan pemberitahuan daya baterai, agar baterai tidak mati secara tiba-tiba.

Jika dari beberapa yang sudah dituliskan dan dijelaskan diatas belum juga dapat mengatasi laptop Anda yang mati secara tiba-tiba, Anda bisa langsung datang ke tempat service laptop agar ditangani sebelum kerusakan bertambah parah. Pertimbangkan juga dalam membeli hardware yang sesuai dengan spesifikasi yang lainnya dari laptop Anda. Kesesuaian hardware dan software akan mencegah laptop mati.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.