Khawatir Gadget Merusak Anak? Ini Dia Tips Peraturan Android Ramah Anak

Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak orang tua mencari android ramah anak agar tidak memberikan dampak negative kepada anak mereka. Berkembangnya teknologi pasti memberikan dampak positif dan negative, tergantung para penggunanya. Anak-anak pun sekarang sudah masuk ke dalam teknologi, sebagai orang tua harus pandai memilih yang terbaik untuk anak.

Peraturan Android Ramah Anak Yang Wajib Di Setting

  1. Google Family Link

Syarat usia pembuatan akun Google adalah 13 tahun ke atas, tidak sedikit anak yang memalsukan umur agar bisa membuat akun Google. Untuk menghindari hal ini pihak Google menciptakan aplikasi bernama Google Famili Link untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun. Aplikasi ini memudahkan anak berusia dibawah 13 tahun dalam membuat akun Google, dan bisa dipantau dengan akun Google terhubung.

  1. Parental Controls Play Store

Play Store merupakan aplikasi untuk mendownload aplikasi apa saja. Untuk android ramah anak, orang tua bisa mengaktifkan “Parental Controls”. Ini karena tidak semua aplikasi di play store ramah anak, bahkan terdapat beberapa aplikasi yang masuk kategori dewasa dan tidak baik untuk anak-anak. Untuk mengaktifkannya hanya perlu membuka menu setting-Parental Controls-On.

  1. Parental Controls Google Chrome

Bukan hanya Play Store yang terdapat aplikasi atau konten berbau dewasa, di mesin pencari juga terdapat banyak. Untuk itu parental control juga harus diterapkan pada mesin pencari contohnya Google Crome. Dengan begitu anak hanya bisa mengakses konten sesuai umurnya. Untuk mengaktifkannya hanya perlu masuk ke menu Settings- Accounts & Privacy – lalu pilih Safe Search.

  1. Fitur Family Library

Untuk mendapatkan fitur ini Anda bisa mengaktifkannya di Play store. Dengan fitur ini seluruh anggota keluarga bisa saling sharing dan berbagi aplikasi yang digunakan. dengan begitu orang tua bisa mengawasi anak, aplikasi apa saja yang digunakan, layak tidak digunakan olah anak dan berbahaya atau tidak aplikasi digunakan anak dibawah umur.

  1. YouTube Kids

Anak-anak mempunyai gadget salah satunya untuk bermain atau melihat YouTube. Namun YouTube yang biasa mempunyai keamanan rendah untuk anak dibawah umur, untuk itu sangat wajib menginstall aplikasi YouTube Kids untuk android ramah anak. YouTube Kids ini berisi video-video yang pantas dan layak untuk digunakan anak-anak jadi orang tua tidak perlu khawatir dengan adanya video tidak pantas.

  1. Find My Device

Dengan aplikasi Find My Device orang tua bisa melacak keberadaan anak dimanapun dan kapanpun. Untuk mengetahui lokasi anak, perlu menggunakan akun Google dan password anak Anda. Selain itu aplikasi ini juga bisa membantu menemukan handphone yang dicuri atau hilang.

Pengawasan orang tua terhadap anak tentu tidak boleh sembarangan, terlebih lagi dengan jaman yang semakin maju saat ini. Memang teknologi canggih bagus untuk perkembangan jaman namun juga memiliki bahaya terlebih lagi untuk anak-ana yang masih mudah terpengaruh. Untuk itu sebagai orang tua sangat wajib memberi perlindungan untuk anak salah satunya android ramah anak ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.