Ini Dia Rahasia Tombol Windows di Keyboard Komputer Beserta Kegunaannya

Keyboard komputer memiliki banyak manfaat selain untuk mengetikkan huruf dan angka. Salah satunya adalah rahasia fungsi tombol Windows. Secara mandiri, tombol ini bisa digunakan untuk memunculkan menu start, tetapi bisa jadi sangat bermanfaat jika dikombinasikan dengan tombol lain atau shortcut untuk mengakses menu-menu pada komputer secara mudah.

Meskipun memiliki rahasia memudahkan pekerjaan, tetapi penggunaan tombol windows ini masih jarang digunakan. Banyak orang yang senang menggunakan mouse untuk menunjuk menu dengan cursor lalu klik sana dan klik sini. Padahal dengan tombol windows, Anda bisa memringkas cara manual tersebut. Meskipun, cara ini hanya bisa digunakan jika komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows.

Kombinasi Fungsi Tombol Windows pada Keyboard Komputer

1. Kombinasi Tombol Windows dan D

Kombinasi tombol windows dan huruf D ini bisa digunakan untuk meminimasi aplikasi windows atau merestore aplikasi yang sedang terbuka. Cara ini sangat efektif digunakan untuk menyembunyikan aktifitas Anda jika tiba-tiba ada seseorang yang mengintip dari belakang tanpa perlu mengklik tombol minimasi di pojok kanan atas komputer.

2. Kombinasi Tombol Windows dan M

Kombinasi tombol windows dan M ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kombinasi tombol windows dan D, yaitu bisa digunakan untuk meminimasi semua aplikasi windows yang berjalan tanpa terkecuali dan kembali ke dekstop.

Cara ini biasa digunakan jika Anda sedang membuka banyak aplikasi dan ingin kembali ke dekstop segera, tanpa perlu meminimasi aplikasi yang terbuka satu persatu dengan mengklik tombol minimasi di pojok kanan atas, karena memakan banyak waktu.

3. Kombinasi Tombol Windows dan “+” atau “-“

Kombinasi tombol windows dengan “+” atau “-“ di keyboard komputer berguna untuk memunculkan kaca pembesar pada layar, sehingga Anda bisa memperbesar atau mengkecilkan tampilan layar sesuai kebutuhan Anda. Cara ini bisa digunakan jika Anda ingin melihat huruf atau tampilan yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata normal.

4. Kombinasi Tombol Windows dan L

Kombinasi tombol windows dan huruf L berfungsi untuk mengunci layar komputer Anda dengan sendirinya. Cara ini sangat bermanfaat jika Anda ingin meninggalkan komputer Anda untuk sementara waktu, tetapi takut jika nantinya akan disalahgunakan oleh orang lain.

5. Kombinasi Tombol Windows dan E

Kombinasi Tombol windows dan huruf E di keyboard komputer akan memudahkan Anda membuka menu My Computer dengan langsung terhubung ke PC Manager, sehingga Anda bisa membuka folder lain di komputer Anda. Cara ini jauh lebih ringkas dibandingkan cara manual dengan  membuka menu start terlebih dahulu dan baru  my computer.

6. Kombinasi Tombol Windows dan F

Kombinasi kedua tombol ini pada keyboard komputer akan menampilkan menu Search result atau pencarian file, sehingga memudahkan Anda untuk mencari file tertentu dengan lebih cepat. Cara ini sangat berguna jika Anda terburu-buru ingin menemukan file yang tersembunyi di dalam folder tertentu.

Demikian rahasia tombol windows di Keyboard komputer dan kegunaannya, selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.