Lakukan 3 Hal Ini Agar keyboard Laptop Fit Kembali

Mengatasi Keyboard Laptop

Keyboard laptop adalah salah satu komponen yang harus selalu dijaga kesehatannya. Karena jika hardware yang satu ini sampai mengalami kerusakan atau bahkan sekedar eror, tentu beberapa pekerjaan Anda akan menjadi terhambat. Namun, jika komponen input Anda tersebut sudah terlanjur sakit, eror, tidak berfungsi sebagian atau bahkan seluruhnya, Anda bisa mencoba melakukan langkah pertama seperti berikut ini.

3 Hal yang Bisa Anda Lakukan Agar Keyboard Laptop Berfungsi Kembali

1.Bersihkan Debu

Apabila Anda mendapati ada beberapa tombol yang tidak berfungsi sementara tombol yang lainnya baik-baik saja, maka ada ada kemungkinan tombol yang tidak berfungsi tersebut sebenarnya terhambat saja oleh debu. Nah, tugas Anda adalah menyingkirkan debu tersebut.
Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk tujuan yang satu ini adalah dengan memiringkan laptop sekitar 75 sampai 90 derajat. Kemudian goyangkan laptop secara perlahan supaya debunya bisa keluar.
Namun, sebelum Anda melakukan hal yang satu ini, pastikan bahwa laptop Anda kondisinya sudah mati ya. Jika sudah, bersihkan kembali atas dan bawa keyboard dengan menggunakan selotip, kemudian periksa apakah tombol sudah berfungsi kembali atau tidak.

2. Perbaiki Driver Keyboard Laptop

Ada kemungkinan juga perangkat input yang satu ini menjadi tidak berfungsi gara-gara driver-nya mengalami kerusakan sehingga membuatnya kurang responsif. Anda bisa memastikan hal ini dengan cara klik Start Menu, kemudian pilih Control Panel. Setelah itu, Anda bisa klik system and Security kemudian pilih Device Manager.

Sampai di sini, Anda akan melihat driver-driver yang Anda pakai untuk semua hardware laptop. Nah, silahkan Anda pilih Keyboard dan Anda pun akan melihat adanya pilihan menu driver di bagian bawahnya. Apabila terdapat tanda kuning segitiga dengan tanda seru di bagian dalamnya, ini pertanda bahwa driver memang bermasalah.

Jadi, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengupdate driver keyboard laptop Anda tersebut dengan cara mendownloadnya di website resmi milik produsen laptop Anda. Jika sudah, install.

3. Restart Laptop Anda

Ada kemungkinan juga keyboard tidak merespon karena terdapat masalah pada driver atau software. Jadi, cobalah untuk merestart laptop Anda, kemudian coba tekan berbagai tombol yang ada untuk mengecek apakah tombol sudah berfungsi kembali atau belum.

Tetapi kalau Anda tidak dapat melakukan restart tersebut dari menu start, Anda bisa mencoba cara yang lainnya yakni dengan menekan tombol power kira-kira selama 5 detik, namun maksimal 15 detik, dan laptop Anda pun akan direstart.

Apabila Anda sudah mencoba 3 cara di atas namun ternyata keyboard masih saja bermasalah, besar kemungkinan masalah terdapat pada hardware. Jadi, silahkan Anda membawanya ke service center resmi atau teknisi yang Anda percayai untuk mengetahui apa penyebabnya dan seberapa parah kerusakannya.

Jika memang sudah parah dan ternyata biaya perbaikannya juga mahal, Anda perlu berfikir dengan baik apakah melanjutkan rencana memperbaiki keyboard laptop tersebut ataukah membeli perangkat yang baru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.