Keyboard Laptop Anda Kotor? Atasi dengan 5 Tips Ini

Keyboard merupakan salah satu hardware laptop yang rentan terkena debu dan kotoran. Memang sepintas debu dan kotoran ini tampak tidak berpengaruh apapun. Namun, jika Anda terus membiarkannya dan tidak membersihkannya, lama-lama komponen tersebut bisa rusak karenanya.

Maka dari itu, Anda harus sering-sering membersihkan hardware yang satu ini, walaupun tidak bisa dipungkiri juga bahwa untuk membersihkannya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang cukup tinggi.

5 Tips Mengatasi Keyboard Laptop yang Kotor

1.Dengan Menggunakan Kuas Halus

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan kuas yang halus. Kuas ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko buku atau bisa juga menggunakan kuas yang biasanya dipakai untuk mengaplikasikan make up. Sangat disarankan untuk Anda memilih kuas yang ukurannya sedang.

Kemudian pastikan juga bahwa bahan pembuatan kuas tersebut cukup lunak sehingga mampu menjangkau semua bagian tombol. Kuas ini sangat membantu untuk membersihkan debu-debu tipis yang terdapat pada komponen penting yang satu ini.

2.Dengan Menggunakan Sikat Gigi Bekas

Tips yang kedua adalah dengan menggunakan sikat gigi bekas. Anda pasti punya sikat gigi yang sudah tidak terpakai di kamar mandi bukan? Nah, sebaiknya jangan Anda buang dulu karena Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan keyboard laptop Anda.

3. Dengan Menggunakan Gel Pembersih

Anda pasti sudah tahu bahwasanya ada gel pembersih yang khusus untuk perangkat yang satu ini? Nah, Anda juga bisa memanfaatkannya terutama untuk menyingkirkan debu-debu yang sudah membandel dan cukup sulit untuk dihilangkan. Harganya sendiri sebenarnya relatif murah dan untuk menggunakannya, Anda juga tidak memerlukan alat tambahan.

Pun demikian, Anda tidak dapat menggunakan gel pembersih tersebut dalam waktu yang lumayan lama mengingat debu yang sudah menempel pada gel sudah tidak bisa dibersihkan lagi. Karenanya, jika Anda mendapati debu yang menempel pada gel sudah terlalu banyak, silahkan Anda ganti gel tersebut.

4. Dengan Menggunakan Spray Duster

Sedikit lebih mahal dari gel pembersih, ada spray duster yang juga ampuh dalam menyingkirkan debu dari keyboard. Cara pemanfaatannya sangat mudah, Anda bahkan tidak perlu membuka tombol yang terdapat pada tersebut satu persatu. Sifatnya juga portable yang artinya adalah Anda bisa dengan mudah membawanya kemana-mana.

5. Dengan Menggunakan USB Vacuum Cleaner

Bukan hanya lantai saja yang bisa dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, tetapi komponen input yang satu ini juga bisa. Namun, sesuai dengan namanya, untuk bisa menggunakannya, Anda perlu menyambungkannya dengan port UBS yang terdapat pada laptop Anda terlebih dahulu.

Pun demikian, hal tersebut tidak bisa mengurangi kepraktisan alat pembersih yang satu ini. USB Vacuum Cleaner ini bahkan juga dilengkapi dengan sapu kecil atau sikat yang dapat Anda lepas dan pasang untuk menjangkau semua area keyboard.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.