HP Android Macet! Tenang Saja, Atasi dengan Cara Ini

Kejadian HP android macet mungkin bukan lagi hal baru bagi sebagian besar orang. Permasalahan ini akan sangat mengganggu kinerja dari HP android. Permasalahan ini dapat disebabkan oleh adanya beban kerja pada sistem android, virus pada HP android, masalah sistem, dan lainnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara untuk mengatasi masalah macet pada HP android.

Cara Menangani HP Android Macet

  • Menghapus Cache

Saat menggunakan aplikasi tertentu, HP android akan menyimpan data sementara dari aplikasi pada memori internal. Cache yang tersimpan pada HP bila tidak dibersihkan akan membuat file cache pada HP semakin banyak. Sehingga memakan memori dan memperberat kinerja android. Bersihkan cache secara manual melalui pengaturan atau gunakan aplikasi pembersih cache.

  • Scanning Virus

Setiap aktivitas berinternet atau pengunduhan file dapat berisiko membawa virus. HP android macet bisa dikarenakan adanya virus pada aplikasi tertentu di HP. Virus ini akan membuat kinerja android terbebani dan mengganggu sistem. Langkah awal menanganinya dengan melakukan scan virus, kemudian pembersihan virus. Gunakan aplikasi anti virus yang terpercaya untuk melakukan scanning virus.

  • Lakukan Update Sistem Android

Masalah macet pada HP android bisa menandakan adanya permasalahan pada sistem. Melakukan pembaharuan pada sistem operasi android dapat membantu dalam mengatasi masalah tersebut. Sistem operasi yang tidak diperbaharui akan membuat munculnya masalah saat membuka aplikasi. Sebab, sistem operasi android mungkin sudah tidak sesuai untuk menjalankan aplikasi.

  • Menghapus Aplikasi Tak Terpakai

HP android macet apabila terlalu banyak aplikasi yang memakan memori internal maupun eksternal. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya aplikasi yang tersimpan di android. Aplikasi yang jarang atau tidak terpakai sebaiknya dihapus untuk mengurangi beban HP. Caranya mudah saja, masuk pada menu pengaturan pada HP. Kemudian pilih bagian aplikasi lalu mulailah memilih aplikasi mana yang ingin dihapus.

  • Ganti Wallpaper

Live wallpaper cukup membuat beban sistem android bertambah, terlebih jika kapasitas RAM kurang dari 1 GB. Gunakan wallpaper biasa yang tidak punya efek gerak, sehingga lebih ringan untuk android. Apabila sudah terlanjur menggunakan wallpaper live lebih baik dihapus. Dengan demikian sistem android dan RAM tidak terlalu bebani ketika digunakan untuk menjalankan aplikasi.

  • Periksa Memori Internal dan Eksternal

Memori internal yang terbatas dapat mengganggu sistem dan aplikasi untuk bekerja. Jadi, pastikan kapasitas memori internal memadai. Lakukan penghapusan atau pemindahan file jika dirasa perlu. Selain itu, masalah pada memori eksternal dapat membuat sistem terganggu. Cara mengatasinya dengan melepas memori eksternal kemudian restart HP. Bisa juga dengan melakukan format ulang pada memori eksternal.

Terkadang HP android dapat mengalami kemacetan secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya ada cara-cara yang dapat dilakukan seperti melakukan pembersihan virus pada HP android, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, memeriksa keadaan memori eksternal dan internal, merubah wallpaper, melakukan pembaharuan sistem android, dan hapus cache. Itulah cara-cara mengatasi HP android macet.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.