Cara Mengatasi Komputer/Laptop Lemot Tanpa Perlu Instal Ulang

Laptop lemot merupakan salah satu masalah yang bisa membuat kesal bagi orang-orang yang hampir setiap hari menggunakannya untuk urusan pekerjaan. Hal tersebut mungkin bukan menjadi kendala jika pekerjaan tidak dibutuhkan segera. Namun akan menjadi hal yang menyebalkan jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan dalam waktu singkat. Tentu akan sangat mengganggu sekali, bukan?

Memperbaiki masalah laptop yang lemot tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebenarnya Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan laptop atau komputer Anda bekerja lebih lamban. Sehingga akan lebih baiknya jika Anda memperbaiki masalah tersebut sesuai dengan penyebabnya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab masalah laptop lemot dan cara mengatasinya.

Inilah Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

1. Menambah Kapasitas RAM

Seperti yang diketahui RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam sebuah laptop. RAM sendiri merupakan sebuah bagian yang berfungsi untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program. Ketika Anda menjalankan program tidak sesuai dengan kapasitas dari RAM nya maka hal tersebut dapat membuat laptop berjalan lamban.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Agar bisa menjalankan program secara bersamaan sebaiknya Anda perlu menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar agar proses multitasking dan kinerja dari laptop dapat berjalan jauh lebih cepat dibandingkan dengan sebelumnya.

2. Menjalankan Program Satu Per Satu

Cara selanjutnya yang bisa mengatasi masalah laptop lemot tanpa perlu menginstal ulang yaitu dengan menjalankan program satu per satu. Seperti yang diketahui bahwa salah satu hal yang menyebabkan laptop sering sekali lemot yaitu banyaknya program yang dijalankan tidak sesuai dengan kekuatan dari RAM laptop Anda.

Oleh karena itu Anda perlu menjalankan program satu per satu agar kinerja processor dan bagian RAM nya menjadi lebih ringan. Jika Anda terus memaksakannya maka hal tersebut bisa membuat laptop Anda Error atau not responding.

3. Memakai Antivirus Handal

Seperti yang diketahui virus merupakan salah satu masalah yang sering sekali dijumpai pada laptop atau komputer. Selain dapat merusak data-data penting, adanya virus tersebut juga dapat merusak file-file system dimana hal tersebut dapat menyebabkan laptop berjalan lamban. Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali dijumpai antivirus yang dapat melindungi laptop Anda.

4. Non aktifkan Program Yang Tidak Perlu

Terakhir, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop lemot yaitu dengan menonaktifkan program-program yang saat ini sedang tidak Anda butuhkan. Perlu Anda ketahui bahwa semakin banyak program yang berjalan pada startup laptop, maka akan semakin berat juga proses multitasking yang dijalankan pada laptop Anda tersebut. Ingat ya hanya program yang tidak diperlukan saja!

Nah itu tadi sedikit cara untuk mengatasi masalah laptop lemot yang dihadapi hampir semua pengguna laptop atau komputer. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah laptop Anda yang lamban.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.