Cara Atasi Whatsapp Tidak Bisa Dibuka di Android

Kendala aplikasi Whatsapp tidak bisa dibuka dapat terjadi secara tiba-tiba. Ini bisa terjadi meskipun sebelumnya tidak timbul masalah saat menggunakan aplikasi lain. Hal ini dapat disebabkan banyak hal mulai dari sistem hingga gangguan pada aplikasi.

Karena itu dibutuhkan solusi yang tepat untuk penyebab gangguan pada aplikasi. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara-cara dalam menangani masalah membuka aplikasi Whatsapp.

Penanganan Masalah Whatsapp Tidak Bisa Dibuka

1. Menghapus Cache pada Aplikasi Android

Cache sebenarnya dibutuhkan oleh aplikasi supaya dapat berjalan dengan lancar. Masalahnya cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan membebani memori internal ponsel. Pada akhirnya membuat aplikasi lambat dijalankan atau tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi hal ini masuk menu pengaturan ponsel. Lalu pilih setelan tambahan, kemudian ke manajemen aplikasi. Pilih Whatsapp selanjutnya hapus cache.

2. Restart Ponsel

Masalah pada aplikasi ponsel seperti Whatsapp tidak bisa dibuka, bisa dikarenakan sistem android sedang terganggu. Cara paling umum dan mudah dilakukan yakni dengan restart ponsel.

Cara ini akan membuat aplikasi error, sistem penuh, masalah RAM, dan lainnya, dapat terhenti. Sehingga sistem dapat menata ulang kinerjanya. Jadi, restart ponsel lalu coba buka kembali untuk mengecek apakah Whatsapp dapat berfungsi.

3. Paksa Aplikasi Berhenti dan Hapus Data Aplikasi

Penghapusan dan pemberhentian aplikasi Whatsapp secara paksa akan berdampak pada hilangnya beberapa file sementara dari aplikasi. Untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi Whatsapp masuklah dalam pengaturan. Kemudian pilih setelan tambahan, di lanjut dengan memilih manajemen aplikasi. Setelah itu masuk ke aplikasi Whatsapp dan tekan kata ‘paksa berhenti’ serta ‘hapus data’.

4. Memperbarui Sistem Operasi Ponsel

Whatsapp tidak bisa dibuka bisa dikarenakan masalah pembaruan pada sistem operasi ponsel. Biasanya dalam kurun waktu tertentu sistem operasi akan melakukan pembaruan guna membuat performa ponsel semakin bagus.

Performa yang bagus akan membuat aplikasi ponsel dapat dijalankan dengan lancar. Ikuti panduan pembaruan ketika ada peringatan atau masuk menu pengaturan ponsel untuk melihat pembaruan terkini.

5. Pembaruan Aplikasi Whatsapp

Pembaruan aplikasi akan membuat aplikasi berjalan dengan lebih baik. Whatsapp akan memperingatkan penggunanya ketika ada pembaruan dengan versi terbaru. Pengguna juga dapat melakukan pembaruan dengan membuka aplikasi Google Play Store. Lalu masuk pada aplikasi terpasang dan cari aplikasi Whatsapp, buka aplikasi dan tekan ‘update’ lalu ‘terima’. Tunggu hingga pembaruan selesai.

6. Menginstal Ulang Aplikasi Whatsapp

Cara yang terakhir ini dilakukan apabila cara sebelumnya tidak berhasil. Menginstal ulang Whatsapp berarti mengganti aplikasi Whatsapp lama dengan yang baru. cara menghapus Whatsapp yakni dengan masuk menu pengaturan ponsel. Lalu ke setelan tambahan, masuk manajemen aplikasi. Kemudian pilih Whatsapp dan tekan ‘hapus instalasi’. Sebelum memasang Whatsapp baru, bersihkan cache dan restart ponsel.

Aplikasi sering mengalami masalah seperti aplikasi tidak dapat terbuka. Permasalahan ini dapat terjadi karena beberapa hal, baik karena masalah sistem pada ponsel atau hambatan pada aplikasi. Permasalahan Whatsapp tidak bisa dibuka dapat ditangani dengan melakukan pembaruan aplikasi, menginstal ulang aplikasi Whatsapp, hapus data, dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.