Cara Mengecilkan Swafoto Maksimal 200Kb Tanpa Pecah, Berhasil Upload SSCN

Para peserta CPNS wajib mengupload Swafoto di SSCN dengan ukuran maksimal 200 Kb, berikut ini cara kompres file swafoto agar tidak pecah dan ukuran dibawah 200Kb tanpa mengurangi kualitas.

Anda bisa mendapatkan swafoto dengan menggunakan kamera smartphone atau DSLR, namun ukuran filenya lebih dari 1 Mb dan ukuran tersebut tidak dapat diupload di SSCN. Ketentuan Swafoto yaitu:

  • Swafoto (selfie) dengan memegang KTP/Surat Keterangan Perekaman dari Dukcapil dan Kartu Informasi Akun, posisi melebar (landscape).
  • Tangan kanan memegang KTP dan tangan kiri memegang cetak kartu informasi akun.
  • Berkas yang diterima adalah foto JPEG dengan ukuran maksimal 200 KB.
Cara Kompres File Swafoto Kurang dari 200 Kb

Silahkan anda buka komputer anda dan pastikan terhubung ke jaringan internet, anda bisa menggunakan Smartphone anda sebagai hotspot atau portable USB agar komputer anda dapat akses internet. Buka browser anda, kemudian buka situs toolur.com.

Setelah terbuka selanjutnya pilih menu IMAGE EDITING -> PHOTO COMPRESSOR.

BACA JUGA:  Tutorial Merubah Foto Hitam Putih Jadi Berwarna di Photoshop

Cara Kompres pas foto

Setelah terbuka halaman baru pilih tombol UPLOAD IMAGES, silahkan cari file foto yang akan dikecilkan ukuran filenya.

kompres foto maksimal 200 kb

Setelah 100% terupload ubah persentase Image quality: Jika ukuran file foto 1MB masukkan 70%, jika ukuran 4-6 MB masukkan 45%. Untuk pengaturan lain biarkan tanpa dirubah. Jika sudah klik tombol COMPRESS IMAGES.

Setelah proses kompress selesai pada bagian bawah akan muncul keterangan bahwa ukuran file asli ...MB sudah berhasil di kompres menjadi ...Kb.

Jika hasil kompres masih diatas 200 Kb silahkan anda ubah persentase pada Image quality , Semakin kecil persentase maka file yang dikompres semakin kecil hasilnya.

swafoto 200kb

Silahkan anda cek resolusi dari hasil foto yang sduah dikompres maka resolusinya tidak akan berubah hanya ukuran file yang berubah. SIlahkan anda Zoom maka foto tidak akan pecah. Berikut video tutorial lengkapnya:

Demikian cara mengecilkan swafoto tanpa mengurangi kualitas, selamat mencoba. Silahkan SHARE.

Kolom Komentar dan Bertanya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.