Goggle FPV Drone Race yang Terbaik untuk Pemula

Kurang lengkap jika anda menerbangkan drone racing tanpa menggunakan goggle. Karena dengan goggle itulah drone racing membedakan dengan hobi remote control lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang goggle yang menurut saya terbaik untuk pemula dengan harga terjangkau.

Goggle FPV (First Person View) adalah alat elektronik yang dipakai di kepala terutama pada bagian mata agar kita dapat melihat objek melalui kamera yang dipasang di drone. Ada 2 model goggle, yaitu berbentuk kotak (box) dan yang satu lagi berbentuk kacamata. Dalam membeli goggle anda harus berhati-hati, selain harganya yang tidak murah namun kualitas juga harus teruji. Kenapa saya berkata demikian, karena jika kualitas rendah pada saat drone anda terbang terutama terbang tingggi dan jauh jika goggle tidak mampu menangkap sinyal maka anda akan kehilangan gambar dan tentunya hal tersebut membuat kemungkinan besar drone anda jatuh dan hilang.

Oleh karena itu dalam memilih goggle anda harus tanya dan melihat review nya di youtube. Jika anda pemula dalam arti baru akan terjun ke hobi Drone Racing tulisan saya ini bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum anda membeli goggle.

Banyak jenis dan harga goggle mulai dari harga 600 ribuan hingga 7 jutaan, tentunya semakin mahal kualitas semakin bagus. Namun untuk anda yang pemula kisaran harga dan jenis apakah yang tepat?

Goggle untuk Pemula Drone Race

Berdasarkan pengalaman pribadi sendiri karena tentunya saya sebagai pemula untuk jenis goggle yang cocok dengan kualitas yang lumayan dan harga bersaing adalah brand Eachine yaitu:

BACA JUGA:  Cara Download dan Install Betaflight untuk Setting Drone Race

1. Eachine EV800D

goggle drone racing pemula

Saya memakai ini dengan pertimbangan sebagai berikut:

  • Harga kisaran 1,4 jutaan
  • Sudah Diversity (2 receiver/penangkap sinyal video yang dikirimkan dari drone). Sehingga jika 1 sinyal hilang dapat tertangkap dengan receiver lainnya
  • Layar lebar dan resolusi tinggi sehingga untuk pemula dapat melihat jelas gambarnya
  • DVR (Digital Video Recorder) dapat merekam video yang dikirim dari drone saat terbang
  • Dapat dilepas¬† bagian layarnya
  • Untuk terbang jarak jauh masih baik hasil gambarnya

Kekurangannya:

  • Terasa berat di kepala karena berat dan berbentuk kotak
  • Batrei sudah ada di dalam goggle, jika rusak harus bongkar

2. Eachine EV100

goggle fpv pemula

Bagi anda yang ingin modelnya seperti kacamata dan mudah dibawa kemana-mana bisa pakai eachine ev 100. Harganya 1,4 jutaan. Namun kekurangannya layarnya terlalu kecil dan belum diversity.

Berikut ini video perbandingan dari kedua goggle di atas;

Kesimpulannya, jika anda pemula jika ingin save terbang artinya ingin terbang jauh dan melihat dengan layar lebar di mata saya rekomendasikan Eachine EV800D. Namun jika anda ingin terbang jarak dekat dan ingin ringan di kepala bisa pakai Eachine EV100. Jika tulisan ini bermanfaat untuk anda silahkan LIKE dan SHARE. Terimakasih

Kolom Komentar dan Bertanya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.