Cara Memilih Memori untuk Kamera Video 4K yang Tepat dengan Kualitas Baik

Anggapan bawah semua memori dapat dipakai di semua kamera HD dan 4K adalah salah besar. Berikut ini penjelasan jenis memori dan memori mana yang bagus untuk kamera  4K.

Perlu diketahui tiap jenis memori ternyata memiliki kualitas berbeda-beda, kualitas ditentukan dengan spesifikasi yang berbeda. Semakin kamera bagus maka memerlukan jenis memori yang bagus untuk output dari kamera tersimpan dengan baik dan menghasilkan  rekaman video dan foto dengan kualitas baik pula.

Selain itu untuk standar minimum kamera yang hanya untuk memfoto berbeda dengan kamera yang digunakan untuk merekam video kualitas tinggi (4k). Jenis memori dapat diketahui dengan tulsian yang ada di memeroi. Berikut ini spesifikasi dan jenis memori untuk kamera video 4k.

UHD (Ultra High Definition) atau lebih sering didengar dengan 4K adalah ukuran layar yang memiliki resolusi horizontal sampai 4.000 piksel. Umumnya 4K diperuntukkan untuk perekaman video dikarenakan kejernihan dan detail gambar yang dihasilkan.

BACA JUGA:  Klasifikasi Golongan Aliran di dalam Dunia Fotografi

Untuk menghasilkan video 4K diperlukan kamera khusus yang support 4k. Tentunya hal ini harus ditunjang dengan memori yang baik pula, jika memori tidak kompatibel maka menghasilkan video yang jelek atau file tidak dapat diputar. Ada 3 klasifikasi pada memori yaitu

  1. Kelas Kecepatan (Speed Class/HS)

Speed Class menentukan kinerja kecepatan penulisan minimum saat perekaman foto. Di memori kecepatan kelas diklasifiaksikan menjadi 4 yaitu 2, 4, 6, dan 10. Misal kartu memori kelas 6 berarti memiliki kemampuan perekaman 6MB per detik.

  1. Ultra High Speed Class(UHS)

Yaitu menentukan kecepatan perekaman video, terdiri dari Class 1 (UHS1) dan Class 3(UHS3). Memori UHS1 memiliki kecepatan perekaman minimal 10MB per detik sehingga cocok untuk video HD dan fullHD. Sedangkan UHS3 memiliki  kecepatan perekaman minimal 30MB per detik sehingga cocok untuk video 4k.

  1. Kelas Kecepatan Video (VR)
BACA JUGA:  Ini Dia Ukuran Foto 3x4 dan 4x6 dalam Pixel Agar Dicetak Baik

Kelas Kcepetan video terdiri dari V10, V30, V60, dan V90 cocok untuk perekaman 8k dan kamera 360 derajat.

Berdasarkan pengalaman untuk kamera 4k saya menggunakan memori brnad SanDisk. Berikut ini tabel spesifikasi kartu memori dan peruntukkannya untuk perekaman video yang kompatibel.

memilih memori video kamera 4k

Sumber: https://www.sandisk.id/about/legal/hd

Berikut ini keterangan yang tertulis pada kartu memori

Setelah membaca dan melihat tabel tersbut maka anda akan semakin tau spesifikasi memori mana yang cocok untuk kamera untuk merekam video 4K, deikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan anda SHARE ke teman-teman anda.

Kolom Komentar dan Bertanya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.