Cara Belanja di Aliexpress dan Pembayaran Menggunakan ATM - Alfamart

Jika anda belum tau belanja di Aliexpress terbaru tahun ini maka bisa baca panduannya berikut secara lengkap tanpa menggunakan kartu kredit yaitu pembayaran melalui ATM dan Alfamart.

Hampir semua barang keseharian kita dibuat dan diimpor dari China. Barang yang dijual di pasaran Indonesia yaitu toko online harganya lebih mahal ketimbang kita membeli sendiri secara langsung di China melalui toko online Aliexpress. Selisih harga antara toko online di Indinesia dengan di Aliexpress berkisar 30 ribu sampai ratusan ribu.

Hal tersebut tentunya dikarenakan biaya ongkos kirim dan biaya pajak dari China ke Indonesia. Jika anda ingin membeli barang dengan total harga bebas pajak (Kurang dari $100) jika ingin murah belilah di Aliexpress. Karena ini adalah situs toko online berskala Internasional kebanyakan orang mengira pembayarannya susah yaitu menggunakan kartu kredit bagi yang punya.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara belanja di Aliexpress dengan mudah tanpa menggunakan kartu kredit, yaitu pembayaran bisa menggunakan ATM, Internet Banking, Mobile banking ataupun Alfamart, Alfamidi.

Pembayaran di Aliexpress paling mudah yaitu melalui ATM ataupun Internet-Mobile Banking  dengan cara transfer pembayaran ke Bank Lokal. Jika jauh dari ATM bisa melalui Alfamart terdekat, berikut cara panduan lengkapnya. Tutorial berikut ini menggunakan komputer, jika anda menggunakan aplikasi Aliexpress di smartphone caranya sama saja, silahkan anda menyesuaikannya.

Cara Belanja di Aliexpress

1. Buka situs www.aliexpress.com. Selanjutnya pilih menu Sign in|Join, pilih menggunakan JOIN FREE.

Cara Daftar aliexpress

2. Selanjutnya isi form untuk kelengkapannya, jika sudah CREATE ACCOUNT.

BACA JUGA:  Cara Cek Tarif Pengiriman Barang di JNE (Terbaru)

3. Jika berhasil terdaftar silahkan kembali ke halaman utama www.aliexpress.com, kemudian ubah tujuan pengiriman dan kurs mata uang dalam ke Indonesia.

4. Silahkan cari abrang yang ingin anda beli dengan mengetikkan nama barang di kolom pencarian. Jika barang sudah ditemukan maka ada yang perlu perhatikan sebelum membeli:

Beli barang di aliexpress

 

  • Lama Toko, Persentasi Kualtias Toko berdasarkan feedback,
  • Biaya Ongkos Kirim
  • Jenis warna atau pilihan lainnta
  • Quantity atau banyaknya barang yang akan dibeli
  • Total Price adalah harga barang + Ongkos Kirim

Jika sudah klik BUY NOW.

Cara Pembayaran di Aliexpress

1. Setelah Klik BUY NOW maka akan terbuka halaman pengisian alamat. Masukkan alamat pengiriman pada form yang disediakan, jika sudah klik Set as default lalu SAVE AND SHIP TO THIS ADDRESS.

2. Periksa kembali Alamat dan orderan sebelum dilakukan pembayaran.

3. Pada bagian bawah terdapat beberapa metode pembayaran. Pilih Other payment methods. Kemudian jika anda memiliki Coupon (Biasanya embeli baru memiliki coupon diskon) diskon untuk mengurangi harga barang. Klik CONFIRM & PAY.

Metode Bayar ATM AliExpress

4. Lalu pilih DOKU klik PAYNOW

Pembayaran Doku Aliexpress

5. Kemudian Akan muncul berupa INVOICE NUMBER, pada bagian bawahnya pilih ATM karena kita akan melakukan pembayaran transfer via ATM. Jika anda memiliki Mandiri ClickPay silahkan pilh Mandiri clickpay atau jika ingin bayar melalui Alfamart pilih Minimart.

6. Jika pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke PermataBank dengan cara klik GET PAYMENT CODE. Maka akan muncul jumlah yang ditransfer dan Payment Code.

7. Cara transfer sudah tertulis pada halaman tersebut, yaitu dengan cara transfer ke PermataBank dengan jumlah nominal yang disebutkan dengan nomor rekening berupa Payment Code. Jika di ATM didahului kode transfer bank permata yaitu 013.

BACA JUGA:  Cara Membatasi Kecepatan Internet WiFi Modem Speedy Tanpa Software

Jika pembayaran melalui Alfamart/Alfamidi klik Minimart lalu klik GET PAYMENT CODE.

Segera ke Alfamart untuk melakukan pembayaran dengan menunjukkan nomor PAYMENT CODE dan jumlah uang yang dibayarkan dengan cara:

1. Catat kode pembayaran Anda dan pergi ke Alfamart terdekat Anda, Alfa Midi, Alfa Express, Lawson atau DAN + DAN store
2. Katakan pada kasir bahwa Anda ingin membayar AliExpress
3. Jika kasir tidak mengetahui AliExpress, berikan instruksi untuk membuka menu e-transaksi, pilih menu "No 2" ->Pembayaran
4. Minta kasir untuk menekan "Shift" dan "?" dan kemudian ketik AliExpress, lanjutkan dengan mengklik OK
5. Minta kasir untuk memilih "No.1" AliExpress - Pembayaran AliExpress
6. Kasir akan meminta kode pembayaran. Informasikan kode pembayaran Anda 8888819504907717. Kasir akan mengkonfirmasi data pelanggan seperti "Nama Merchant", "Nama Konsumen", "dan Nominal". Lakukan pembayaran ke kasir sesuai dengan jumlah transaksi Anda
7. Simpan bukti pembayaran dari Alfamart sebagai bukti pembayaran.

Jika sudah transfer maka secara otomatis pembayaran anda langsung diverifikasi, kemudian diteruskan oleh penjual untuk mengirimkan barang ke alamat dituju. Proses pengiriman membutuhkan waktu 15-30 hari, paket barang akan dikirimkan ke tempat tujuan melalui kantor POS dengan biaya 20 ribu rupiah ke kantor pos. Anda dapat tracking atau melacak posisi barang.

Melacak posisi barang aliexpress

Demikian panduan belanja dan pembayaran di AliExpress, semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan SHARE keteman-teman anda. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.