Cara Menyembunyikan Rumus Excel Tanpa Protect

Cara Menyembunyikan Rumus Excel Tanpa Protect - Jika anda memiliki sebuah dokumen file Excel alangkah baiknya rumus yang ada perlu disembunyikan agar tidak orang lain tidak dapat merubah atau diedit. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda ikuti di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013.

Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas cara mengunci rumus excel agar tidak berubah, pada tulisan tersebut terdapat pula cara menyembunyikan rumusnya sekaligus namun rumus yang disembunyikan ikut terkunci. Kali ini tutorial yang saya bahas cara menyembunyikan rumus excel tanpa mengunci rumusnya.

Cara berikut ini dapat dilakukan untuk semua versi Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016 dll. Ikuti langkahnya berikut ini:

Langkah pertama seleksi semua cell pada kolom excel yang terdapat rumus dan yang akan disembunyikan. Pada menu HOME -> Number -> Tombol Format Cells: Number. Atau anda bisa menekan tombol di keyboar: CTRL 1.

Cara Menyembunyikan Rumus Excel Tanpa Protect

Pada Kotak Format Cells pilih Tab Menu Protection. Kemudian beri ceklis pada Hidden, Hapus ceklis pada Locked. Lalu OK.

BACA JUGA:  Cara Membuat Kalender Sendiri di Excel

Selanjutnya masih dalam kondisi cell terseleksi lalu pilih menu REVIEW -> Protect Sheet. Kemudian masukkan password agar nantinya dapat memunculkan kembali rumus. Lalu OK.

Lihatlah pada bagian Formula Bar tidak muncul rumus lagi.

Menyembunyikan Rumus Excel Tanpa Mengunci

Itulah cara menyembunyikan rumus excel tanpa menguncinya. Namun menurut saya lebih aman dikunci agar tidak dapat dirubah rumusnya. Karena cara di atas walau rumus tidak terlihat orang lain dapat merubah angka data tersebut. Untuk sekaligus mengunci dan menyembunyikan hanya memberikan tanda ceklis pada Locked dan Hidden saja pada langkah Format Cells Number di atas. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.