Cara Memblokir Pengguna Wifi Indihome di Modem Huawei

Memblokir koneksi yang menggunakan jaringan koneksi internet Wifi Indihome perlu kita lakukan. Berikut ini saya jelaskan cara mudah memutuskan koneksinya di modem Huawei HG8245H atau HG8245A dan terbukti efektif.

Pada tulisan sebelumnya saya pernah mengulas juga memblokir pengguna yang mencuri koneksi Wifi namun di jaringan Speedy. Sekarang pengguna jaringan internet rumahan milik Telkom mulai dialihkan ke jaringan Indihome Fiber dengan keunggulan kecepatan yang tinggi sehingga modem yang digunakan berbeda yaitu menggunakan Huawei HG8245H atau HG8245A.

Jika trik di Speedy kita menggunakan software tambahan untuk mendeteksi MAC Address yang menggunakan Wifi maka di modem Indihome yang terbaru tidak perlu lagi, simak caranya berikut ini.

Cara Memblokir Koneksi Pengguna Wifi Indihome Huawei

Langkah pertama buka browser di komputer dan ketikkan IP ADdress login ke panel modem yaitu: http://192.168.100.1.

Login dengan menggunakan Account dan Password default anda (jika sebelumnya belum dirubah), jika tidak tau silahkan baca "Password Default Modem Huawei IndiHome".

BACA JUGA:  Cara Mengganti Password WiFi Indihome Melalui HP Android

Setelah berhasil masuk ke panel modem pilih menu STATUS -> USER DEVICE INFORMATION.

Memblokir Pengguna WiFi Indihome

Setelah itu maka akan muncul perangkat yang terhubung ke koneksi internet Wifi Indihome milik anda. Port ID : yang bertulisan SSID1 adalah perangkat selain komputer yang terhubung ke jaringan Wifi. Untuk memblokir jaringan tersebut adalah dengan cara mengcopy MAC Address.

Karena MAC Address tersebut banyak maka agar perangkat elektronik milik anda yang tidak ingin di blokir misalnya Smartphone Android maka kita cek MAC Address yang mana milik perangkat HP Android anda dengan cara:

memutus koneksi pencuri WiFi Indihome

Di HP Android pilih menu Pengaturan/Setelan -> Jaringan WIFI -> Pilih jaringan Wifi yang terhubung ke Indihome. Maka akan muncul alamat IP, alamat IP tersebut cocokkan dengan IP Address yang tertangkap di modem agar bisa diketahui MAC Addressnya yaitu di sebelahkan IP Address.

BACA JUGA:  Cara Memunculkan Stiker Lucu di Update Status FB

Jika perangkat HP Android anda tidak muncul detail alamat IP seperti di atas maka anda bisa melihatnya di menu About Phone (Tentang Ponsel) -> Status.

Maka akan muncul lengkap IP Address dan Alamat MAC Wi-Fi milik Androidmu.

Jika sudah diketahui perangkat MAC Address milik Androidmu sendiri kemudian copy satu per satu MAC Address yang bukan milik anda.

Kemudian pilih menu SECURITY -> WLAN MAC Filter Configuration. Beri tanda ceklis pada Enable MAC Filter. pada Filter Mode ubah ke Blacklist. Kemudian klik tombol NEW.

Lalu paste MAC Address yang tadi dicopy kemudian klik APPLY.

Memblokir Koneksi Pengguna WiFi Indihome

Setelah itu maka jaringan Wifi Indihome yang dipakai oleh pengguna lain maka akan langsung terputus. Demikian cara memblokir koneksi internet WiFi Indihome di Modem Huawei, selamat mencoba dan jangan lupa LIKE dan SHARE.

Kolom Komentar dan Bertanya