Cara Binding Receiver FrSky X6R di Taranis (Remot Kontrol)

Cara Bind X6R di Remote Kontrol Taranis – Bagi anda yang memiliki hobi aeromodelling, quadcopter (drone) atau mainan elektronik lainnya yang menggunakan remot kontrol dalam menggerakan mainan tersebut maka perlu mengetahui bagaimana cara menghubungkan RC dengan mainan tersebut.

Mainan elektronik dapat digerakkan oleh remot kontrol dikarenakan mainan tersebut memiliki komponen yang bernama Receiver atau penerima pesan perintah yang dikirim dari Transmitted (Remote Kontrol). Salah satu receiver yang banyak digunakan adalah merk FrSky dan transmitter yang sering dimiliki oleh penggiat hobi ini ber merk Taranis.

Remote kontrol taranis sendiri yang sering dipakai adalah Taranis X9D dan Taranis Q X7. Sedangan receiver nya X, V, D, S -Series. Berikut ini saya akan share bagaimana melakukan binding (menghubungkan) remote kontrol dengan receiver X6R.

Cara Bind X6R di Taranis X9D dan Q X7

Dalam hal ini yang terpenting adalah perhatikan warna kabel power/ESCyang akan dicolokkan ke port di receiver X6R. Lihat bagan gambar berikut untuk penempatan kabel yang benar (Jika salah maka receiver anda akan terbakar/konsleting)

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Drone Tidak Terhubung/Terkoneksi ke Betaflight Terbaru

Colokkan warna kabel sesuai tanda –¬†pada receivernya seperti berikut ini:

Perhatikan gambar di atas, simbol arus negatif berada di atas, arus positif di tengah, dan arus data di bagian bawah. Misalnya anda akan menggunakan X6R untuk RC pesawat aeromodelling sehingga chanel yang digunakan hanya 6-8 saja. Sebelum melakukan bind perhatikan buku petunjuk manual dari FrSky yang biasanya terlampir pada kemasan X6R seperti berikut:

Mode binding x6r

Pada mode D16 di channel Output CH1 – CH6 tidak memerlukan Jumper untuk dicolokkan ke X6R. Secang kan cara bind dijelaskan pada bagian tabel sebelah kanannya yaitu:

Colokkan kabel power atau kabel dari ESC ke Channel Output sambil menahan tombol F/S di X6R

Namun anda lebih baik ikuti langkah yang saya ajarkan agar lebih mudah yaitu:

  • Dengan menggunakan ujuk pena tekan tmbol F/S, kemudian kabel ESC sudah terhubung dengan kabel power baterai, lalu kabel channel Throttel colokkan pada chanel output X6R sesuai dengan arah simbol + – pada X6R agar tidak terjadi konsleting (Kabel warna coklat/hitam posisi di bagian atas).
BACA JUGA:  Cara Mengatasi Drone Tidak Terhubung/Terkoneksi ke Betaflight Terbaru

Cara Bind X6R

  • Setelah warna lampu LED merah telah menyala di X6R lepas tombol F/S. Kemudian hidupkan Transmitter taranis milikmu.
  • Kemudian pada MODEL SETUP page 2/12 arahkan ke bawah pada menu INTERNAL RF. Ubah MODE menjadi D16 Channel Range CH1 – 8 (Sesuai petunjuk buku manual di atas). Kemudian arahkan ke bawah pilih [BIND] lalu tekan ENTER di tombol taranis.

Setelah itu maka remot kontrol Taranis mu akan berbunyi untuk terhubung ke receiver X6R. Setelah X6R berkedip hijau tekan tombol enter pada taranis untuk menghentikan Binding.

Lalu lepas kabel yang dicolokkan dari ESC ke X6R. Selanjutnya matikan Taranismu lalu hidupkan kembali, kemudian colokkan semua kabel dari pesawat mulai dari Aileron, Rudder, Elevator dan yang terakhir Throttel. Colokkan sesuai posisi simbol + dan -. Maka setelah itu pesawat anda bisa bergerak. Cara lengkapnya anda bisa melihat video nya di bawah ini:

Itulah cara melakukan bind X6R di Taranis, selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya