Cara Mengunci Word Agar Tidak Bisa Dicopy dan Diedit, 100% BERHASIL

Agar lebih aman file word bisa anda kunci agar isinya tidak bisa dicopy dan diedit dengan cara memberikan password pada Microsoft Word tersebut baik di versi 2007, 2010, 2013 dan 2016. Silahkan baca panduannya berikut ini yang sudah saya coba dan 100% berhasil.

Cara Memberi Password File Word Agar Tidak Bisa Dicopy dan Diedit

Untuk mengunci file di Microsoft Word agar isinya tidak dapat dicopy dan diedit sangatlah mudah tanpa harus menggunakan software tambahan yang diinstall di komputermu. Berikut ini saya praktekkan di Microsoft Word 2010, untuk anda yang beda versi harap disesuaikan.

Langkah pertama, Buka file Word yang ingin di protect. Kemudian pilih menu REVIEW -> PROTECT -> RESTRICT EDITING.

Cara Mengunci word agar tidak di edit

Setelah itu akan muncul kotak di samping file teks dokumen word. Yang perlu anda ataur yaitu beri tanda ceklis pada Allow only … di  2.Editing restrictions. Kemudian Pilih Filling in forms.

Cara Memberi password word agar tidak diedit

Lalu pada poin 3. Start enforcement klik tombol Yes, Start Enforcing Protection.

Ok Selesai!, silahkan anda coba klik pada bagian tulisan di file word maka tidak dapat melakukan edit dan klik kanan maka anda tidak dapat copy. Untuk membuka protect ini silahkan pilih kembali REVIEW -> PROTECT -> RESTRICT EDITING, kemudian pilih STOP PROTECTION. 

Jika anda menemukan file dokumen seperti ini dan ingin anda copy atau rubah isinya maka anda bisa lakukan dengan cara trik mudah, silahkan baca “Cara Membuka File Word yang Dikunci Tanpa Software“. Demikian cara mengunci file word agar tidak bisa dicopy dan diedit. Selamat mencoba.

BACA JUGA:  Cara Menghitung Matematika Sederhana Menggunakan Microsoft Excel 2007 / 2010

Kolom Komentar dan Bertanya