PANDUAN Cara Mengunci Rumus Excel Agar Tidak Berubah

Cara Mengunci Rumus Excel Agar Tidak Berubah - Agar file Excel tidak berubah maka rumus dalam sheet harus dikunci atau lebih bagus disembunyikan sehingga orang lain yang membuka file anda tidak dapat merubah rumus yang sudah anda buat tersebut.

Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas "Cara Mengunci Sheet Agar Tidak Dapat Diedit", Caranya hampir sama namun jika menggunakan cara tersebut maka semua area pada sheet tersebut tidak dapat diketik atau dirubah. Yang dimaksud dalam trik pada tulisan ini yaitu hanya mengunci pada bagian cell yang terdapat rumus formula, selain itu cell lainnya dapat diedit atau diketik. Simak tutorialnya berikut ini:

Cara Mengunci Rumus Excel di Cell Namun Cell Lain Dapat Diedit

#Cara berikut ini saya coba di Microsoft Excel 2007, caranya sama saja untuk di Ms Excel 2010, 2013 dan 2016.

Langkah pertama, buka file Excelnya. Kemudian tekan tombol CTRL A untuk menseleksi semua cell dalam sheet tersebut. Kemudian Klik kanan lalu pilih Format Cells atau bisa dengan menekan CTRL 1 di keyboard.

BACA JUGA:  Cara Membandingkan 2 Data Excel dan Menemukan Data yang Berbeda dari Keduanya (VBA)

Selanjutnya pilih Tab Menu Protection, hapus tanda ceklis pada Locked dan Hidden. Lalu OK

Langkah kedua, Biarkan sheet tetap terseleksi (CTRL A Tadi). Kemudian Pilih menu Home -> Find & Select -> Go To Special.

Kemudian pada kotak Go To Special pilih FORMULAS, beri ceklis semua Numbers, Text, Logicals, Errors. lalu OK. maka Cell yang terdapat rumus akan terseleksi.

Langkah ketiga, Biarkan cell yang terdapat rumus tetap terseleksi, Tekan CTRL 1. Lalu pada menu Tab Protection beri tanda ceklis pada Locked, lalu OK.

Langkah terakhir, pilih menu REVIEW -> Protect Sheet. Kemudian akan muncul pengaturan proctect sheet, silahkan anda isi password untuk mengunci, lalu OK. Kemudian akan muncul pemberitahuan untuk masukkan password 1 kali lagi, isi password kembali lalu OK.

Silahkan anda coba edit rumusnya maka anda tidak akan bisa melakukannya. Namun jika anda edit cell, kolom atau tabel selain rumus maka anda dapat merubahnya.

BACA JUGA:  Cara Memindahkan Tabel dari Excel ke Word Agar Tidak Terpotong

Cara Mengunci rumus excel Agar Tidak Diedit

Cara Menyembunyikan Rumus Excel Setelah Dikunci

Agar lebih aman agar biar tidak tampak rumus di dalam cell yang dikunci maka kita dapat menyembunyikannya yaitu dengan cara.

  • Pilih menu Review -> Unprotect. Masukkan password yang anda gunakan tadi untuk mengunci.

Membuka kunci rumus terkunci excel

  • Seleksi atau pilih area cell yang terdapat rumus.
  • Kemudian tekan tombol CTRL 1 di keyboard.
  • Kemudian pada Menu Tab Protection beri ceklis pada Locked dan Hidden. lalu OK.

Menyembunyikan rumus excel

  • Selanjutnya silahkan anda kunci kembali sheet tersebut dengan cara seperti di atas caranya pilih menu Review -> Protect Sheet.

Cara Menyembunyikan rumus excel

Maka setelah itu jika anda arahkan kursor pada cell yang terdapat rumus maka pada formula bar maka rumus tidak muncul. Demikian cara mengunci rumus excel, selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya