Ini Dia Ukuran Foto 3×4 dan 4×6 dalam Pixel Agar Dicetak Baik

Wajib anda ketahui dalam mengedit foto 3×4 cm dan 4×6 cm mengetahui ukuran Pixel agar jika dicetak kualitas foto tetap terang, jelas dan tidak blur. Karena disemua software edit foto teradapat ukuran piksel yang perlu dimasukkan.

Sebelum mengetahui berapa piksel ukruan foto maka kita perlu apa itu pixel. Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. (Wikipedia.org).

Sedangkan resolusi yaitu mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan.

Resolusi gambar bisa juga digunakan untuk mendefinisikan tentang gambar digital, video, maupun yang lainnya.Resolusi sering digunakan sebagai jumlah pixel dalam pencitraan gambar digital, walaupun standard Amerika, Jepang, serta internasional jelas melarang penggunaan hal ini, setidaknya untuk bidang kamera digital. Sebuah gambar dengan tinggi sejumlah N pixel dan lebar M pixel, dapat memiliki resolusi garis yang kurang dari itu. Namun, jika jumlah pixel digunakan sebagai pengukur resolusi, metode yang digunakan adalah mengambil dua buah bilangan bulat yang menunjukkan berapa pixel tinggi gambar tersebut dan berapa pixel lebarnya, kemudian mengalikan angka ini, dan membaginya dengan satu juta untuk mendapatkan angka megapixel. (Sumber: wikipedia.org/resolusi)

BACA JUGA:  Menentukan Tempat Hunting Foto yang Bagus

Dibawah ini adalah ilustrasi untuk menjelaskan bagaimana jumlah pixel memengaruhi kualitas gambar dengan ukuran yang sama.

Setelah mengetahui apa itu piksel maka berikut ini ukuran dari piksel yang pas dari foto 3×4 dan 4×6.

Ukuran Foto 3x6 4x6 dalam pixksel

Ukuran 3x4 cm
  • Ukuran 3×4 dalam satuan cm umumnya lebar 4 cm panjang 3 cm. Namun kenyataan di lapangan untuk foto agar lebih proporsional ukuran yang bisa dibuat yaitu 2.8 cm x 3.8 cm, sisa 0.2 cm untuk batas potongan kertas (garis putih pinggir).
  • Ukuran foto 3×4 dalam piksel yaitu 354 x 472.
Ukuran 4x6
  • Ukuran 3×4 dalam satuan cm umumnya lebar 6 cm panjang 4 cm. Namun kenyataan di lapangan untuk foto agar lebih proporsional ukuran yang bisa dibuat yaitu 4 cm x 5.8 cm.
  • Ukuran foto 4×6 dalam piksel yaitu 472 x 709.

Itulah ukuran foto 3×4 dan 4×6 dalam pixel, jika anda telah mengetahuinya maka anda tinggal menerapkannya dalam merubah ukuran foto, selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya