Mengecilkan Ukuran File Foto JPG Online Tanpa Mengurangi Kualitas Resolusi dalam Jumlah

Jika file foto JPG yang diambil menggunakan kamera DSLR atau smartphone yang memiliki resolusi tinggi maka hasil file foto berukuran besar yaitu diatas 1 MB/foto. Tentunya hal ini menyusahkan jika gambar tersebut diupload di media sosial ataupun ke situs online. Berikut ini panduan bagaimana cara kompres foto JPG Online tanpa mengurangi ukuran resolusi foto.

Umumnya jika file foto dikecilkan yaitu dengan cara kompres baik menggunakan software baik mengecilkan menggunakan paint ataupun Office Picture Manager (sudah ada panduannya di blog ini) maka ukuran resolusi akan mengecil. Resolusi itu sendiri adalah mendeskripsikan tentang banyaknya detail gambar yang tersimpan. Resolusi gambar bisa juga digunakan untuk mendefinisikan tentang gambar digital (id.wikipedia.org).

Namun trik kali ini yaitu mengecilkan ukuran foto JPG secara online tanpa mengurangi kualitas dan menurunkan resolusi foto itu sendiri. Simak tutorialnya berikut ini:

BACA JUGA:  Cara Download Video Instagram di PC Pakai Google Chrome

Dibawah ini adalah contoh foto dengan ukuran di atas 1 MB dengan resolusi diatas 4000 piksel.

1. Tentunya jika kompres foto secara online maka memerlukan situs penyedia layanan fitur untuk mengecilkan file foto. Banyak segali situs yang seperti ini, namun ada situs yang saya rekomendasikan untuk anda yang sudah saya coba dan mudah digunakan dan tentunya berhasil. Langkah awal silahkan dengan menggunakan komputer kunjungi situs tersebut di bawah ini:

 

2. Setelah itu pilih tombol UPLOAD IMAGES, pilih beberapa foto yang akan di kompres dari komputermu.

 

Cara Mengecilkan file foto Online

Untuk memilih semua foto silahkan tekan tombol CTRL A di keyboard lalu OPEN.

3. Setelah foto berhasil terupload semuanya pada Image Quality ganti angka dari 90% ke 50%. Tenang saja hasilnya kualitas foto anda tetap sama aja kok. Klo sudah klik COMPRESS IMAGE.

BACA JUGA:  2 Cara Download Video di Facebook di Komputer 100%Work

Cara Mengecilkan File Foto Online

4. Semua foto tadi sudah berhasil di kompres, kemudian klik DOWNLOAD untuk menyimpannya di komputer.

Kompres foto JPG Online

5. Silahkan ekstrak file zip hasilnya, silahkan bandingkan ukuran filenya namun resolusinya tetap tidak berubah seperti berikut ini:

cara kompres foto JPG ukuran besar Online

*Jika dirasa ukuran file masih kurang kecil silahkan anda rubah pada bagian IMAGE QUALITY. namun paling tidak kualitas 50% adalah kualitas gambar yang tidak ada perubahan dalam detail gambar.

Tentunya cara ini lebih efektif bagi anda yang ingin tetap mempertahankan kualisa foto namun dapat mengecilkan foto JPG secara online, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk anda. Jangan lupa LIKE dan SHARE ke teman anda untuk berbagi ilmu.

Kolom Komentar dan Bertanya