Cara Mengatasi Error Copy dan Move Sheet di Excel

Mungkin anda pernah mencoba copy dan move sheet di excel 2007, 2010,2013 namun hasilnya error dan muncul peringatan: “A formula or sheet you want to move or copy contains the name ‘\CC’, which already exists on the destination worksheet…” Jika diklik YES maka akan muncul terus menerus.

Jika diklik NO maka terdapat kotak dialog peringatan Name Conflict: Name already exists on destination sheet.

Setelah dialog tersebut muncul maka anda tidak bisa melakukan apa-apa. Biasanya hal ini sering terjadi pada file excel yang terdiri dari banyak sheet dan tiap sheet memiliki rumus yang saling nge-link. Untuk mengatasi hal ini maka anda harus menutup file excel tersebut dengan cara Klik Kanan pada Taskbar -> Pilih START TASK MANAGER.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Mail Merge di Microsoft Word 2007

Kemudian pilih file Excel yang sedang terbuka lalu klik END TASK.

Maka muncul kotak peringatan, silahkan klik END NOW.

Sebelum mengatasi error copy dan move sheet di Excel maka kita tau dahulu penyebabnya. Penyebabnya yaitu adanya rumus yang tidak link dan banyak nama sheet yang tersembunyi (hiden). Jadi sebelum melakukan cara di bawah ini alangkah baiknya file excel anda copy terdahulu dengan nama yang berbeda.

Cara Mengatasi Error Already Exists Saat Copy dan Move Sheet Excel

Setelah anda menutup file excel dengan cara di atas selanjutnya buka file excelnya kembali. Kemudian buka sheet yang error ketika di copy. Pilih menu FORMULAS -> NAME MANAGER.

BACA JUGA:  Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Tanggal,Bulan,Tahun

Kemudian akan muncul kotak Name Manager. Pada menu FILTER pilih Named Scoped to Worksheet dan Names with Errors.

Selanjutnya klik pada dalam kotak pada baris pertama kemudian di keyboard tekan CTRL SHIFT END akar semua lik dalam kotak terpilih semua, kemudian tekan tombol DELETE di keyboard. Lalu OK.

Coba anda copy lagi sheet yang error. Maka akan muncul dialog error seperti di awal, namun silahkan anda klik YES saja, maka anda hanya perlu klik YES hanya beberapa kali dibandingkan sebelum melakukan trik ini. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya