Cara Check in di Bandara Sebelum Naik Pesawat

Jika anda pertama kali naik pesawat terbang maka sebaiknya anda baca panduan berikut ini untuk melakukan cek in (Check in) agar bisa naik pesawat Lion, Sriwijaya, Garuda, Citilink, Batik dll dengan aman dan tenang.

Sekarang rata-rata masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan jauh lebih memilih pesawat terbang sebagai alat transportasi. Hal tersebut dikarenakan dari segi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan harga tiket transportasi darat-laut dengan pesawat terbang perebdaannya tidak terlalu jauh.

Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat pastikan anda sudah membeli tiket dari jauh-jauh hari. Sekarang untk pembelian tiket pesawat sangat mudah yaitu bisa secara online di situs maskapai penerbangan atau menggunakan aplikasi di handphone seperti di traveloka.

Panduan Check in Pesawat di Bandara Hingga Terbang

  • Pastikan anda sudah berada di bandara maximal 1,5 jam sebelum keberangkatan (domestik) dan 3 jam (penerbangan luar negeri). Waktu aman tersebut digunakan untuk antri dan pemeriksaan barang bawaan anda.
  • Setelah anda datang di bandara silahkan anda masuk ke pintu KEBERANGKATAN / DEPARTURE. Di pintu keberangkatan ada penjaga, silahkan anda tunjukkan tiket pemesanan baik berupa e-tiket di smartphone atau cetakan ke kertas. Hanya calon penumpang yang boleh memasuki pintu ini.
  • Setelah melalui pintu keberangkatan nantinya barang bawaan anda akan diperiksa melalui mesin scan. Jika anda menggunakan ikat pinggang berlogam atau benda berlogam lebih baik dimasukkan ke dalam tas. Handphone, Dompet, Tas akan discan melalui mesin.
  • Setelah melakukan pemeriksaan barang bawaan selanjutnya anda melakukan check in. Di dalam terdapat banyak kounter, silahkan anda ke kounter maskapai yang anda gunakan. Tunjukkan KTP dan tiket yang anda bawa ke petugas konter maskapai. Jika anda membawa koper maka ukuran berat maksimal yang dimasukkan ke bagasi pesawat adalah 20 Kg. Selebihnya nanti anda akan dikenakan biaya tambahan.
  • Barang bawaan yang penting seperti barang elektronik, HP, Laptop dan barang berharga jangan dimasukkan di dalam koper yang akan dimasukkan ke bagasi. Karena koper yang sudah masuk ke bagasi akan dimasukkan ke bagian bagasi pesawat hingga ke bandara tujuan anda. Barang yang dibawa ke kabin (dalam pesawat) adalah barang penting anda.
  • Informasi di kertas Boarding Pass (kertas yang dicetak dari petugas kounter) adalah: Jam keberangkatan, No Duduk, dan ruang tunggu. Setelah anda mendapat boarding pass silahkan anda menuju ke ruang tunggu. Sebelum ke ruang tunggu akan dilakukan pemeriksaan boarding pass. Tunjukkan KTP dan boarding pass anda.

contoh boarding pass pesawat

  • Setelah itu silahkan anda menuju ke ruang tunggu, lihat pada kertas boarding pass dimana posisi ruang tunggu anda dengan melihat GATE.
  • Jika waktu penerbangan telah tiba dan pesawat sudah datang nantinya akan ada pemberitahuan dari petugas untuk para penumpang agar memasuki pesawat. Berikan kertas boarding pass dan KTP ke petugas. Kertas boarding pass jangan anda buang sebelum anda mengambil koper yang dimasukkan ke bagasi pesawat di bandara kota tujuan.
  • Setelah itu memasuki pesawat cari tempat duduk anda. Cocokkan no duduk di boarding pass dengan no duduk di kabin pesawat yang berada di bagian atas. Letakkan tas anda pada bagian atas kabin.
  • Setelah pesawat sudah terbang dan sudah sampai ke bandara kota tujuan silahkan anda keluar dan ikuti petunjung arah di atas di setiap jalan di bandara.
  • Jika anda tadi memasukkan koper anda ke bagasi maka ambil koper anda ke arah BAGGAGE CLAIM / PENGAMBILAN BAGASI.
  • Setelah koper anda ambil lalu menuju ke pintu keluar, di pintu keluar ada petugas untuk mencocokkan kertas bagasi di koper dengan kertas bagasi yang tertempel di kertas boarding pass anda.

Demikian cara check in pada saat nait pesawat terbang, semoga bermanfaat.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Error Game Black Squad Tidak Bisa Login

Kolom Komentar dan Bertanya