Akun BBM di Hack? Ini Penyebab dan Cara Mencegah

Sekarang sudah banyak akun BBM (Blackberry Messenger) di hack atau diambil alih orang lain tanpa sepengetahuan kita. Sebenarnya bagaimana hal ini bisa terjadi? dan bagaimana cara mereka melakukannya? silahkan baca secara baik-baik penjelasan berikut ini.

1. Tujuan Hack Akun BBM Pelaku Kejahatan

Para pengambil akun BBM baik di Android ataupun smartphone iPhone para pelakunya adalah tergolong tindak kejahatan. Mengapa saya katakan hal demikian? karena mereka secara langsung meng-hack akun BBM kita tanpa sepengetahuan kita lalu akun kita tersebut digunakan untuk menyebarkan informasi berupa broadcast ke semua kontak teman kita di akun BBM.

Informasi yang di-broadcast umunya adalah informasi jual smartphone dengan harga murah. Tentunya para teman anda yang tanpa sadar menganggap BC tersebut dari anda lalu teman anda meyakini hal tersebut. Lalu teman anda tertarik dan mentransfer sejumlah uang kepada mereka namun mereka tidak pernah mengirimkan barang yang sudah dipesan.

Dengan kata lain mereka memanfaatkan kepercayaan teman terhadap diri anda melalui akun BBM anda yang sudah diambil alih. Hal ini sudah saya praktekkan kepada akun BBM teman saya yang sudah diambil alih, saya mencoba invite PIN BBM yang tertera pada broadcast, lalu setelah mereka approve mereka menanyakan kembali dari mana anda pendapatkan PIN tersebut. Jika anda lama merespon maka anda akan langsung di-delcon, namun jika anda menyampaikan bahwa PIN BBM dapat dari akun BBM teman anda maka mereka akan tetap melanjutkan aksinya.

BACA JUGA:  Cara Membuat Akun (Daftar) di Aplikasi Meipai

2. Cara Hack Akun BBM para Pelaku Tindak Kejahatan

Cara yang paling mudah untuk melakukan hack akun BBM yaitu dengan menyebarkan (broadcast) berita yang saat ini sedang heboh. Umumnya berita yang berbau “DEWASA” ataupun yang lagi tren di publik, biasanya BC ini disebarkan secara berantai.

Di dalam broadcast tersebut menyuruh kita klik URL Link yang diberikan oleh mereka. Setelah link tersebut maka akan ditampilkan halaman di layar smartphone anda halaman Login akun BBM. Bagi orang awam pasti akan memasukkan alamat email dan password akun BBM anda agar terbukanya video yang mereka share di broadcast tersebut.

Cara mengatasi Hack akun BBM

Setelah anda mengisi data email dan password dan klik LOGIN maka disaat itu juga anda mengirimkan data akun BBM anda ke mereka. Tentu saja mereka dengan mudahnya login di perangkat komputer ke Blackberry ID dan mengganti alamat email & password baru di akun BBM anda tersebut.

BACA JUGA:  Resolusi Pixel yang Cocok Untuk Dicetak Pada Setiap Ukuran Foto

Orang yang sudah terkena hack maka akan menyebarkan broadcast yang sama ke semua kontak di BBM tersebut agar mendapat data akun BBM teman lainnya. Siapakah orang yang banyak menjadi korban?

  1. Orang awam yang tidak tau mengenai hal ini.
  2. Password akun BBM sama dengan password di email.
Ciri-ciri Informasi Broadcast Hoax untuk Hack Akun BBM
  1. Link yang diberikan adalah website yang kurang kredibel, misalnya memakai website gratisan bukan website resmi yang memakai domain “.com”, “.net” dll.
  2. Link yang diberikan adalah link shorten, artinya link yang diperpendek sseperti bit.ly dll
  3. Informasi yang disajikan berupa informasi/berita yang sedang tren atau bernuanansa “dewasa”.

3. Cara Mencegah Akun BBM di Hack

Cara mencegah hal ini sangat mudah, jangans ekali-kali membuka link yang di broadcast oleh teman anda. Lalu jangan memasukkan informasi data akun BBM anda jika muncul tampilan login. Selanjutny yaitu bedakan semua password di BBM, email dan aplikasi lainnya.

Akun BBM yang terkena hack tidak dapat dikembalikan karena para pelaku sudah mengganti dengan email dan password terbaru. Sebarkan informasi ini ke teman-teman anda agar hal ini tidak terjadi. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya