Cara Backup Chat Whatsapp, Mudah!

Jika anda memiliki obrolan penting maka perlu dilakukan backup chat apalagi kalau HP anda hilang dapat restore kembali ke aplikasi WA (Whatsapp) yang terinstall di Android/iPhone lain. Simak panduan lengkapnya berikut ini.

Cara Mudah Backup Chat Whatsapp

Pilih menu PILIHAN (Titik Tiga Pojok Kanan Atas) -> SETELAN.

Lalu pilih menu Chatting -> Cadangan Chat. Sebelum memilih tombol CADANGKAN, Setting dahulu kemana file backupann kita simpan.

Di Whatsapp File Backup akan disimpan di Google Drive tentunya anda harus memiliki akun email GMail. Untuk setting itu semua silahkan pilih beberapa menu di “Setelan Google Drive”.

  • Cadangan ke Google Drive = Anda bisa mengatur untuk membackup secara berkala mulai dari harian, mingguan, bulanan atau pada saat menekan tombol CADANGKAN. Agar lebih aman silahkan anda pilih yang mode Harian.
  • Akun = Selanjutnya pilih akun Google anda yang digunakan di HP, biasanya akan langsung terhubung di Whatsapp.
  • Cadangan Melalui = Pilih tipe data jaringan mode Wi-Fi atau Seluler agar kedua jaringan tersebut bisa melakukan pencadangan.
  • Jika anda ingin membackup Video yang ada di chatting silahkan anda centang tanda ceklis di sebelahnya. Namun hal ini tidak terlalu penting karenan nantinya proses backup akan lama dan memakan kuota internet lebih banyak.
  • Jika settingan sudah selesai silahkan anda pilih tombol CADANKAN/BACKUP.
  • Tunggu proses upload data selesai ke Google Drive.
BACA JUGA:  Cara Setting Jaringan ke 4G Only Android Tanpa Root

Dengan begini maka riwayat chatting whatsapp anda akan terbackup, obrolan tersebut akan kembali lagi ketika anna menghapus dan menginstall kembali aplikasi Whatsapp di HP.

Cara Restore (Mengembalikan) Chat Whatsapp

Di aplikasi ini sendiri berbeda dengan LINE yang dapat restore chat LINE tanpa harus logout. Seperti dikatakan tadi, restore backup chat WA dilakukan ketika aplikasi tersebut dihapus dan diinstall kembali lalu anda login menggunakan Nomor Handphone yang sama ketika membackup.

Pada saat login nantinya akan ada tampilan dan pertanyaan apakah anda ingin merestore chat yang sudah pernah di Backup. Tinggal pilih PULIHKAN.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp

Demikian cara backup dan restore chat Whatsapp di Handphone, selamat mencoba. Jika tulisan ini dirasa bermanfaat silahkan LIKE dan SHARE.

Kolom Komentar dan Bertanya