Cara Jitu Menghemat Baterai HP ASUS Zenfone 3 Max

Jika anda penggunan smartphone Android ASUS Zenfone 3 Max maka bisa melakukan pengaturan optimum dalam menghemat baterai dan RAM smartphone tersebut.

ASUS Zenfone 3 Max tergolong canggih karena sudah menggunakan Android versi Marshmallow (v6.0), selain itu HP ini terkenal dengan daya baterai tahan lama karena memiliki kapasitas baterai  4130 mAh. Jika penggunanya adalah orang awam maka baterai kapasitas tersebut terbilang masih boros.

Boros atau cepatnya baterai disebabkan karena banyaknya aplikasi yang diinstall dan berjalan (Baca: Daftar Aplikasi Penyebab Baterai Boros). Bagi yang mengetahuinya di ASUS Zenfone 3 Max terdapat aplikasi dan fitur tambahan untuk mengatur konsumsi baterai, berikut ini trik dan penjelasan cara menghemat baterai di Smartphone Zenfone 3 Max.

Cara Agar Baterai HP Asus Zenfone 3 Max Awet

Ada 2 trik yang perlu anda lakukan, yaitu:

1. Menggunakan Aplikasi ASUS Mobile Manager

Pada tulisan sebelumnya sudah membahas cara menghemat data internet menggunakan Asus Mobile Manager. Perlu diingat aplikasi messenger adalah aplikasi real time 24 jam yang selalu terhubung dengan jaringan internet, selain itu ada aplikasi game juga walaupun tidak dimainkan namun tetap terhubung ke jaringan internet. Oleh sebab itu jaringan internet perlu kita putus untuk aplikasi dan game yang tidak diperlukan. Caranya yaitu:

Update dahulu aplikasi ASUS Mobile Manager ke versi terbaru melalui Google Play Store, Jika sudah buka aplikasinya.

Pilih Menu “Pengaturan Data” -> Batasi Penggunaan Data Aplikasi.

Sebagai contoh kita coba akan matikan akses jaringan Whatsapp. Hapus kedua tanda ceklis.

Dengan begini maka apabila teman anda kirim pesan Whatsapp akan terpending karena akses internet ke Whatsapp di hentikan.

 

2. Pengaktifan Otomatis Aplikasi

Trik lanjutan yaitu dengan cara menonaktifkan pengaktifan otomatis jika HP Android di matikan atau restart aplikasi yang tidak diperlukan tidak akan berjalan. Tentunya hal ini akan mengurangi penggunaan RAM dan baterai menjadi tahan lama, caranya yaitu:

Pilih menu Settings -> Manajemen Daya -> Lalu pilih Manajer Pengaktifan Otomatis.

Lalu akan muncul daftar aplikasi yang berjalan ketika HP Hidup, untuk matikan silahkan sentuh tombol “Bolehkan”.

Saran saya matikan aplikasi messenger dan game yang tidak digunakan. Jadi aplikasi dan game tersebut akan aktif jika anda membukanya dahulu.

Itulah trik bagaimana cara menghemat daya baterai di ASUS Zenfone 3 Max, maksimalkan kemampuan smartphonemu. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya