Star Music Tag Editor, Mengedit Informasi Lagu di Android

Apakah kamu memiliki kumpulan lagu yang hanya memiliki nama Track 01 dan seterusnya? Tentunya hal itu sangat menyulitkan untuk kamu ketika ingin memilih lagu mana yang ingin dimainkan. Oleh karena itu ada sebuah rekomendasi sebuah tips untuk mengedit informasi lagu di Android seperti judul lagu, nama artis, album, genre bahkan menambahkan foto album didalamnya dan juga lain lainnya. Menarik? Nah ini adalah langkah langkah untuk mengedit informasi lagu di Android.

  • Download aplikasi Star Music Tag Editor di Playstore. Install aplikasinya.

  • Buka aplikasinya, disitu kamu akan menemukan semua koleksi musikmu yang terbagi atas beberapa kolom mulai dari song, folder, calendar, album, dst.
  • Untuk mengedit informasi lagu di Android, cari terlebih dahulu lagu yang anda ingin edit. Untuk mempermudahnya bisa mencari sesuai kolom kolomnya.
  • Tekan lagu tersebut, lalu akan anda temukan beberapa kolom disitu. Untuk bagian artwork tinggalkan terlebih dahulu
  • Ada beberapa kolom yang harus anda isi terlebih dahulu yakni song title atau judul lagu, artist atau nama penyanyinya, dan yang terakhir adalah album. Ketiga kolom itu akan membantu anda mencari foto album yang sesuai dengan lagu yang anda miliki.

  • Untuk kolom lainnya seperti tahun, genre, disc number, atau lirik bisa anda isi.
  • Setelah semua kolom terisi, atau informasi yang ingin anda masukkan saja, simpan terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah mengedit informasi lagu di Android dengan menambahkan artwork atau foto album,

  • Untuk menambahkan foto album atau artwork ada dua sumber yakni foto yang sudah tersimpan didalam smartphone kamu atau artwork yang kamu bisa download melalui internet.
  • Terdapat 4 pilihan menu yakni Auto search untuk mencari artwork secara otomatis sesuai dengan nama lagu, artis, serta nama albumnya. Itulah mengapa anda harus mengisi tiga kolom tersebut. Pilih auto search kemudian pilih pencarian berdasarkan song title, album atau artist. Setelah itu akan muncul artwork yang bisa anda pilih. Tekan gambarnya, kemudian simpan.

  • Selain menggunakan pencarian di internet, foto album juga bisa didapatkan dengan mengambil dari memori smartphne kamu. Caranya pilih pick picture, setelah itu kamu akan membuka file manager.
  • Pilih salah satu dari koleksi foto anda. Sayangnya kamu belum bisa melakukan edit foto pilihan anda saat ini. Oleh karena itu akan lebih baik jika kamu mengeditnya sesuai selera anda serta menyimpannya dalam bentuk persegi. Kemudian tekan save.

Bagaimana? Mudah bukan cara mengedit informasi lagu di Android. Jika anda memiliki lagu didalam nama album yang sama, maka secara otomatis lagu yang berada di dalamnya akan memiliki artwork atau foto album yang sama. Selamat mencoba.

Kolom Komentar dan Bertanya