Menghilangkan Iklan di Layar HP Android yang Muncul Tiba-Tiba

Pernah mengalami iklan yang tiba tiba muncul di smartphone anda? Bagi anda pengguna smartphone android yang pernah mengalami atau sedang mengalami hal tersebut berarti anda sedang terkena malware. Ada beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk menghilangkan iklan di layar android yang muncul tiba-tiba.

virus-muncul-iklan-di-layar

Iklan ini disisipkan di smartphone anda dengan tujuan memperoleh pundi pundi uang dari hasil iklan. Namun ada juga yang melakukan pencurian data bahkan pencurian pulsa karena mengklik iklan tersebut. Yang pasti iklan tersebut sangatlah mengganggu terutama jika anda sedang sangat membutuhkan smartphone anda. Berikut ini adalah langkah untuk menghilangkan iklan di layar smartphone anda.

1. Kenali Sumbernya

Biasanya iklan iklan tersebut muncul ketika anda membuka layar kunci anda. Anda akan langsung disuguhi iklan yang jika anda terburu buru maka bisa saja tak sengaja terpencet. Sumber dari iklan iklan ini bisa berasal dari aplikasi yang anda install namun tidak melalui Playstore. Seperti permainan game yang sudah dimodifikasi atau hasil download aplikasi dari situs internet lain. Aplikasi tersebut sering disisipi malware iklan untuk memperoleh keuntungan yang sudah disebutkan diatas. Umunya jenis malware yang terkenal dengan hal ini yaitu Monkey Test dan Time Service (Baca : Ciri-ciri HP Android Kena Virus “MonkeyTest” dan “TimeService”)

Langkah pertama, coba hapus aplikasi yang anda curigai yakni bukan diinstal dari Playstore. Jika sudah maka hapus dan lihat hasilnya, jika benar maka anda sudah berhasil menghilangkan iklan di layar smartphone yang muncul tiba tiba.

2. Aplikasi Yang Berjalan

Jika langkah pertama tidak bisa anda lakukan karena anda sudah terlalu banyak menginstal aplikasi, maka anda bisa melihat aplikasi mencurigakan yang berjalan di running apps. Caranya, ketika anda membuka lockscreen dan iklan tersebut muncul, jangan buru buru menutup iklan tersebut. Tarik kebawah notifikasi drawer anda kemudian pilih menu setting. Di setting, buka pilihan aplikasi kemudian geser atau pilih agar menunjukkan aplikasi yang berjalan.

running-apps-di-android

Anda bisa melihat aplikasi yang berjalan padahal tidak anda gunakan seperti BBM, Whatsapp, LINE dan lain-lain. Namun beberapa aplikasi tersebut memang dibutuhkan untuk berjalan sedangkan si aplikasi pengiklan ini adalah aplikasi yang seharusnya tidak anda gunakan. Hapus aplikasi tersebut untuk menghilangkan iklan di layar smartphone anda. Jika masih ada iklan yang muncul, lakukan langkah yang sama untuk mencari aplikasi yang dicurigai.

3. Format

Langkah terakhir adalah format smartphone anda untuk menghilangkan iklan di layar smartphone anda. Meskipun pada beberapa kasus malware yang ganas, format tidak menyelesaikan masalah. Jika ada terlalu banyak data yang ada di smartphone anda, cobalah urutkan aplikasi berdasarkan urutan penginstalan. Kemudian hapus satu persatu aplikasi tersebut sembari melihat apakah iklan tersebut muncul kembali atau tidak. Jika cara tersebut tidak berhasil silahkan coba trik ini: “Cara Permanen Hapus Virus Iklan Muncul di Layar HP Android

Nah di atas adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di layar smartphone anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kolom Komentar dan Bertanya