Cara Setting Jaringan ke 4G Only Android Tanpa Root

Kecepatan internet 4G memang sangat luar biasa. Apalagi untuk mereka yang gemar untuk streaming video atau download bermacam macam file. Oleh karena itu 4G menjadi sinyal yang dicari cari oleh pengguna smartphone.

Namun sinyal 4G di Indonesia masih berkembang dan terkadang tidak penuh sinyalnya. Hal itu mengakibatkan sinyal berpindah dari 4G ke HSDPA atau 3G untuk mencari sinyal yang baik. Pada beberapa smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan setting 4G only, namun pada beberapa smartphone LTE keluaran pertama lainnya tidak tersedia fitur ini. Lalu bagaimana cara agar smartphone kamu mengunci sinyal 4G agar tidak berpindah pindah? Berikut ini adalah cara set ke 4G only Android tanpa root.

Sebelum kamu memulai cara set ke 4G only di smartphone kamu, mari kita cek kelebihan serta kekurangan penggunaan setting 4G only. Untuk kelebihan yang pertama adalah kecepatan internet smartphone mu akan menjadi lebih stabil dan lebih cepat tentunya. Kelebihan yang kedua adalah baterai lebih awet jika sinyal penuh. Untuk kekurangannya adalah, jika smartphone anda adalah smartphone yang tidak memiliki fitur sim kedua maka selama kamu menset ke 4G only maka bisa dipastikan tidak aka nada telepon masuk maupun sms masuk. Hal ini disebabkan 4G hanya ditujukan untuk akses internet, sedang untuk telepon hanya bisa menggunakan VoLTE atau Voice over LTE. Kekurangan lainnya adalah jika tidak ada cakupan sinyal 4G maka smartphonemu akan kehilangan sinyal.

BACA JUGA:  BERHASIL!!! Menyembunyikan Foto dan Video di Android dengan Aplikasi

Nah jika anda sudah yakin dengan kelebihan serta kekurangan dari 4G only, berikut ini adalah cara set ke 4G only Android tanpa root. Cara ini digunakan untuk smartphone versi 6.0.1 atau Marshmallow dan tidak semua smartphone memiliki cara yang sama.

  • Download aplikasi 4G only di Playstore

  • Setelah itu tunggu hingga instalannya selesai, kemudian buka aplikasinya
  • Cara set ke 4G only nya adalah dengan merubah menu dibagian atas menu turn off radio
  • Ubah menjadi 4G Only

  • Jika berhasil, maka untuk beberapa detik sinyal kamu akan menghilang dan kembali lagi menunjukkan sinyal 4G
  • Selamat anda berhasil melakukan langkah cara set ke 4G only tanpa root, efeknya akan hilang jika smartphone anda direstart dan harus melakukan langkah yang sama lagi.

Itulah cara mengatur sinyal 4G di Smartphone Android tanpa root, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Kolom Komentar dan Bertanya