Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Android Menggunakan Aplikasi

Pengguna smartphone pasti sering mengalami naik turun kecepatan internet. Meskipun demikian pada beberapa brand tertentu kecepatan internet tidak dapat terlihat. Padahal fitur ini sangat dibutuhkan untuk mengetahu lambat cepat akses internet kita dan seberapa cepat maksimalnya selama melakukan proses download misalnya. Nah berikut ini adalah cara menampilkan kecepatan internet di android, baik dengan cara root maupun bukan root.

1. Tanpa Root

download-internet-speed-meter-lite-android

Cara menampilkan kecepatan internet di android di smartphone non root adalah dengan menginstal aplikasi yang menyediakan tampilan kecepatan internet. Hanya saja beberapa aplikasi yang tersedia adalah aplikasi berbayar seperti Internet Speed Meter Lite yang terbatas pemakaiannya.

internet-speed-meter-lite-android

Keuntungan dari aplikasi tersebut tidak hanya menampilkan kecepatan akses internet melainkan juga menampilkan data penggunaan internet setiap harinya. Selain Internet Speed Meter Lite dan Pro ada juga NetLive. Sedikit berbeda dengan Internet Speed Meter Lite, NetLive juga mampu menampilkan aplikasi mana yang sedang aktif menggunakan internet anda. Untuk mencobanya silahkan Download Internet Speed Meter Lite di Google Play.

BACA JUGA:  Mengembalikan (Reset) Password LINE yang Lupa untuk LOGIN

2. Root

xposed-module

Dengan root anda bisa menggunakan beberapa cara termasuk masuk kedalam sistem app. Namun untuk cara menampilkan kecepatan internet di android kali ini tidak hanya menggunakan root melainkan juga xposed. Setelah Xposed terinstal, lalu download modul Xposed bernama Network Speed Indicator.

cek-kecepatan-internet-di-android-root

Setelah terinstal semuanya persilahkan smartphone anda untuk menyelesaikan proses instalasinya dengan reboot. Setelah kembali menyala, akan ada tampilan kecepatan internet yang tidak tertata.  Setelah itu buka pengaturan untuk mengatur kolom dari keceptan internet, tampilan di status ba besar huruf, satuan serta angka sehingga menampilkan kecepatan internet yang sesuai .

Cara menampilkan kecepatan internet di android yang telah di root cenderung lebih fleksibel daripada yang lain lainnya. Selain itu, letaknya juga bisa diatur baik bersamaan dengan bagian notifikasi maupun di tengah maupun di bagian jam.

BACA JUGA:  Cara Mematikan Tanda Online di Aplikasi Facebook Android

Jadi bagaimana? Apakah anda menginginkan untuk menampilkan kecepatan internet anda diandroid? Ada baiknya anda membeli aplikasi agar tidak menghapus garansi yang ada di smartphone anda karena root.

Kolom Komentar dan Bertanya