Cara Memaksimalkan Kemampuan RAM Android Menggunakan Aplikasi GRATIS

Jika Smartphone Android anda terasa berat dan terkadang hang maka salah satu penyebabnya yaitu pemakaian RAM yang berlebih akibat banyak aplikasi yang berjalan. Berikut ini aplikasi yang mampu mengoptimalkan RAM Android.

RAM adalah salah satu komponen penting dalam sebuah smartphone. Fungsinya adalah sebagai ruang untuk aplikasi yang sedang digunakan dan juga berkenaan dengan kegiatan multitasking atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Karena aplikasi masa kini yang juga semakin banyak jumlahnya juga semakin memakan banyak memakan kapasitas RAM,  maka tak heran jika perusahaan smartphone semakin meningkatkan besaran RAM untuk produk produknya terutama pada produk flagshipnya. Lalu apa akibat jika RAM terlalu kecil ataupun RAM habis digunakan? Hal pertama yang akan terjadi adalah smartphone anda akan terasa lebih lambat atau istilah umumnya lemot. Lemot ini jika terus menjadi parah maka akan berakhir pada hang atau freeze dimana anda tidak bisa melakukan apa apa pada smartphone anda.

Jika smartphone tidak bisa mengatasi sistem yang freeze maka secara otomatis smartphone akan restart jika tidak anda yang harus merestartnya dengan menekan tombol power hingga smartphone mati atau mencabut baterainya. Lalu bagaimana untuk menghindari masalah tersebut? Jalan salah satunya yaitu menggunakan Aplikasi tambahan.

Aplikasi Pengoptimal RAM Android

Banyak aplikasi yang tersedia, namun saya sudah coba aplikasi berikut ini di Android saya dan hasilnya cukup memuaskan dalam memaksimalkan RAM. Silahkan download aplikasinya berikut ini:

 

Selanjutnya manfatkan fitur yang tersedia:

1. Booster RAM

meningkatkan-ram-android

 

Dengan menekan tombol Boost di tengah lalu memilih Boost.

2. Hibernasi Aplikasi

hibernasi-aplikasi-android

Dengan memilih menu MANAJER APLIKASI -> HIBERNASI lalu pilih aplikasi mana yang ingin anda matikan. Umumnya aplikasi yang memakan RAMa dalah aplikasi yang daya penggunaan baterai besar (Baca: Aplikasi Penyedot Baterai).

mematikan-aplikasi-berjalan

Misalnya aplikasi yang kita stop adalah Whatsapp atau BBM, maka anda tidak akan menerima peberitahuan apapun yang masuk ke dalam chat anda.

3. Stop Auto Run Aplikasi Android

Ketika HP ANdroid di hidupkan kembali maka aplikasi seperti messenger BBM dan Whatsapp akan secara otomatis langsung berjalan. Nah jika hal tersebut tidak terpakai maka bisa anda matikan aplikasi tersebut sehingga tidak akan aktif ketika HP anda dihidupkan.

mematikan-autostart-aplikasi-android

Caranya pilih menu MANAJER APLIKASI -> AUTO START, kemduian pilih aplikasi yang akan di stop. lalu pilih NONAKTIF.

nonaktif-auto-start-aplikasi-android

 

Bagaimana? Sedikit lebih ringan bukan? Meskipun ada cara ini, namun setiap perangkat memiliki keterbatasan sehingga tidak dipaksakan untuk bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Oleh karena itu, cara memaksimalkan RAM android yang paling utama adalah cukup install dan gunakan aplikasi yang anda perlukan saja.

Kolom Komentar dan Bertanya